Jumat, 30 Maret 2018

Macam-Macam Tes Psikologi Untuk Memperlihatkan Karakter Karyawan

Menjadi seorang HRD tidaklah mudah. Anda harus ada di bagian depan perusahaan, untuk mengatur semua hal yang berhubungan dengan karyawan, salah satunya dalam hal perekrutan karyawan baru. Kamu harus tau, apakah karyawan tersebut cocok bekerja dengan budaya perusahaan atau tidak? Oleh itulah tes psikologi kerap kali dilakukan untuk memudahkan para HRD mendapatkan karyawan yang tepat. Manfaat lainnya dari tes psikologi dapat anda baca pada artikel ini.


Tes Psikologi Karyawan

Tes Psikologi Untuk Memperlihatkan Karakter Karyawan
Tes Psikologi Untuk Memperlihatkan Karakter Karyawan



Berikut ini adalah macam-macam tes psikologi untuk memperlihatkan karakter karyawan

1. Melakukan tes grafis

Tes grafis akan mengungkapkan bagaimana keadaan di dalam diri karyawan dengan cara menggambar. Biasanya mereka akan disuruh menggambar dengan tangannya sendiri, kemudian lewat gambar tersebutlah kepribadiannya akan terbaca. Misalnya saja, menggambar pohon, membuat tanda tangan atau menggambar orang. Tes ini paling sering digunakan karena terbilang sangat mudah.

2. Melakukan Disc

Disc merupakan salah satu tes psikologi yang tergolong mudah untuk diaplikasikan di dalam dunia kerja dan akan sangat berguna saat dipraktekan pada calon karyawan. Tes ini adalah serangkaian tes dimana para calon karyawan harus mengisi lembaran tes yang sudah disediakan. Tes ini juga bisa dilakukan secara online dan tergolong mudah karena hasilnya bisa langsung di dapatkan. Disc ini akan memperlihatkan bagaimana kepribadian, cara berkomunikasi serta seberapa tinggi tingkat stressnya.

3. Melakukan tes papikostik

Selanjutnya adalah melakukan tes papikostik, tujuannya adalah untuk mengetahui sifat calon karyawan. Tes ini cukup mudah, tidak sedikit perusahaan yang menerapkan tes ini untuk merekrut para calon karyawan baru. Mereka hanya disuruh mengisi jawaban pada kertas, dan jawabannya harus sesuai dengan apa yang dipikirkan.

4. Melakukan tes SSCT (Sack’s Sentence Completion Test)

Tes ini merupakan salah satu tes kepribadian yang biasanya dipakai dalam bidang psikologi serta kedokteran umum. Para peserta tes akan diminta untuk mengisi sejumlah soal dengan kondisi pikiran serta perasaan mereka saat itu. Tes dapat menguak bagaimana isi pikiran seseorang tersebut, misalnya saja bagaimana keluarganya, teman kerjanya, hubungan sosial dan yang lainnya.

5. Melakukan tes EEPS (Edward’s Personal Preference Scale)

Nah, kalau tes ini akan memperlihatkan bagaimana prestasi seseorang, bagaimana iya bisa berorganisasi dan memimpin sebuah kelompok. Tes ini bisa membuat sebuah penilaian apakah para peserta tes bisa bersosialisasi serta mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan sejumlah masalah atau tidak.

6. Melakukan tes Rorschach

Tes kali ini juga akan dilakukan untuk melihat bagaimana kepribadian seseorang namun dengan menggunakan kartu bergambar yang abstrak. Para peserta tes akan mendapatkan pengujian untuk bisa menjawab gambaran apa yang mereka tangkap di dalam kartu. Ini akan menguak karakter seseorang di dalamnya

Itulah macam-macam tes psikologi untuk memperlihatkan karakter karyawan. Tes psikologi akan dinilai sangat penting dilakukan karena bagaimanapun juga jika ternyata calon karyawan tidak memenuhi standard perusahaan itu akan sangat menyulitkan saat ia bekerja.  Untuk itu, ketelitian dari HRD dalam memilih karyawan yang diinginkan menjadi hal yang paling utama. Selain itu, sistem HRD yang mumpuni juga dapat membantu anda untuk mendapatkan talenta terbaik di perusahaan anda, salah satunya dengan menggunakan Software HRD LinovHR.

Artikel Terkait