Sabtu, 29 April 2017

5 Langkah Berkebun di Apartemen Dengan Mudah

Berkebuh adalah hal yang sangat menyenangkan, apa lagi bagi Anda yang sering stress dengan pekerjaan, mungkin dengan berkebun ini bisa lebih rilek dan tenang. Tinggal di apartemen dengan lahan yang terbatas Seharusnya tidak membuat hobi berkebun Anda terbatas pula. Karena pada dasarnya berkebun tidak musti membutuhkan lahan yang luas.

Anda dapat memanfaatkan lahan sempit untuk dijadikan sebagai arena berkebun. Anda hanya perlu memikirkan strategi khusus untuk memulai berkebun di area sempit tersebut. Memanfaatkan barang bekas mungkin bisa juga menjadi ide cerdas untuk berkebun.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagai beberapa langkah sederhana untuk berkebun di apartemen atau ruangan sempit.


5 Langkah Berkebun di Apartemen Dengan Mudah

Berkebun di Apartemen



  • 1. Menentukan Media Tanam Yang Tepat


Terbatasnya lahan membuat Anda harus berfikir lebih kretif  lagi dalam memanfaatkan lahan sebagai media tanam. Pada dasrnya ada beberapa media tanam yang bisa Anda pilih. Seperti berikut ini!


  • Media Tanam Dengan Menggunakan Pot

Jika lahan apartemen Anda dikira cukup luas, ada kalanya Anda menggunakan pot dengan dimensi minimal berdiameter 17 cm. Pot berdimensi 17 cm ini dinilai cukup besar untuk menanam sayur-sayuran, tanaman berdaun cantik ataupun bunga. Selain itu memanfaatkan barnag bekas juga langkah cerdas yang bisa Anda coba untuk membuat pot. Misalkan saja membuat pot dari botol bekas, kaleng.

Hal ini tentu saja sangat baik. Selain itu juga menghemat budget Anda....


  • Media Tanam Dengan Menggunakan Pipa


Selain pot Anda bisa menggunakan media tanam berupa pipa panjang dengan diameter 7,5cm. Bentuk pipa yang slim dan ringkas memudahkan diletakkan di sudut ruang. Media tanam dengan pipa ini biasanya juga sering digunakan untuk hydroponic


  • 2. Ketahui Kapasitas Sinar Matahari


Sebelum memutuskan untu membeli tanaman sebaiknya, Anda harus mengetahui terlebih dulu seberapa besar jumlah sinar matahari yang masuk ke ruangan?. Hal Ini penting adanya untuk memilih jenis tanaman yang sesuai dengan kondisi ruang sehingga tanaman dapat bertahan lama.


  • 3. Cerdas Memilih Jenis Tanaman Untuk Di Area Apartemen


Pilihlah tanaman yang sesuai dengan kondisi apartemen Anda. Jika apartemen Anda mendapat banyak sinar matahari, ada kalanya Anda memilih jenis tanaman yang tahan terhadap panas.

Sebaliknya jika apartemen jarang terkena sinar matahari Anda bisa memilih tanaman yang tahan hidup di dalam ruang seperti sirih gading, lidah mertua, lidah buaya dan sebagainya.

Dalam hal ini perlu dicatat, bahwa Anda sebaiknya memilih tanaman yang tidak tumbuh membesar agar tidak menghabiskan ruang. Beberapa tanaman yang memiliki bentuk pyramidal (mengerucut) serta kolumnar (vertical) bisa dijadikan pilihan untuk lahan yang sempit di apartemen Anda.

Selanjutnya Anda juga sebaiknya memilih tanaman yang tidak membutuhkan perawatan khusus, Karena jika terlalu sering mendapatkan perawatan, ya tentu saja Anda ribet. Apa lagi saat sibuk? da dinas di luar kota? Ada beberapa jenis tanaman yang tidak membutuhkan perawatan khusus seperti morning glory, mandevilla, curtain creeper yang cukup dilakukan perawatn dengan penyiraman. Dengan begitu di saat Anda sibuk, tanaman tetap dapat tumbuh dengan baik.



  • 4. Cara Memanfaatkan Teras Balkon Sebagai Area Kebun


Anda bisa memanfaatkan area balkon sebagai ladang untuk berkebun. Balkon biasanya digunakan untuk bersantai dan menghirup udara segar? Namun, sekarang Anda dapat mengubah balkon tersebut menjadi taman mungil dan penuh dengan tamanan hias. Area balkon cukup ideal untuk berkebun karena terpapar sinar matahari sehingga tanaman dapat berfotosintesis.

Anda juga dapat menanam tanaman hias rambat di pagar balkon. Selain cantik juga menangkal debu masuk ke dalam ruang.


  • 5. Membuat Tanaman Air


Anda juga dapat membuat tanaman air, yaitu hydroponic, karena berkebun denga menggunakan metode ini dinilai lebih praktis dan tidak membutuhkan banyak peralatan.

Menanam dengan menggunakan metode air ini sangat praktis dan bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi sekarang ini peralatan hydroponic dijual dengan lengkap.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk berkebun di apartemen? Sebenarnya berkebun itu cukup mudah, apa lagi jika Anda sudah hobi maka hal ini dinilai lebih ringat...

Artikel Terkait