Jumat, 10 Februari 2017

5 Strategi Pemasaran Efektif Melalui Online Dan Media Sosial

Strategi Pemasaran melalui Facebook, Twitter, Youtube dan website adalah langkah untuk mencari konsumen yang tepat dan targeting. Di Era digital ini, banyak pengusaha yang memasarkan produk usaha mereka melalui online. Kenapa melalui online? Sebagimana kita ketahui bahwa saat ini mayoritas masyarakat tidak bisa lepas dengan yang namanya Internet.

Untuk itu pemasaran melalui online ini dinilai benar-benar efektif dan targeting. Seperti contoh Facebook disana ada jutaan pengguna aktif dari Indonesia dan mayoritas waktu dihabiskan disana.Coba bayangkan jika Anda menggunakan iklan Facebook Anda bisa menentukan lokasi, usia, pekerjaan dan lain sebagainya yang tentunya disesuaikan dengan target pemasaran Anda saat ini.

Begitu mudah saat ini, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak anggaran hanya untuk pemasaran. Namun, sayangnya untuk UKM di Indonesia sendiri masih banyak yang perhitungan dalam memasarkan produk mereka melalui online ini. Alasannya terlalu banyak keluar uang?

Pikirkan baik-baik! Memang untuk saat ini Anda mengeluarkan banyak modal untuk usaha dan pemasaran, namun kami yakin jika dikalukan dengan fokus dan benar, maka akan menghasilkan buah yang baik juga. Jadi, bagi Anda yang masih ragu dan takun untuk memasarkan produk melalui online, maka kali ini kami akan membuka sedikit pemikiran Anda tentang Strategi Pemasaran Efektif Melalui Online Dan Media Sosial!


5 Strategi Pemasaran Efektif Melalui Online Dan Media Sosial

5 Strategi Pemasaran Efektif Melalui Online Dan Media Sosial


1. Pemasaran Melalui Facebook



Facebook benar-benar membantu jutaan UKM diseluruh dunia. Banyak kisah sukes setelah menggunakan pemasaran melalui Facebook ini. Bagimana dengan Anda? Apakah Anda sudah mencobanya? Baiklah disni saya akan memberikan contoh tentang diri saya sendiri saja. Saya memiliki produk dan sebelumnya saya promosikan melalui teman-teman saja, namun setelah saya promososikan melalui Facebook al, hasil banyak sekali permintaan.

Strategi Pemasaran Melalui Facebook yang harus Anda perhatikan adalah:

Pertama : Buat Fans page yang menarik dan menyertai gambar original dengan resolusi tinggi

Kedua: Lengkapi semua data, baik itu alamat, peta, nomor hp, website (jika Anda)

Ketiga: Berikan diskripsi singkat mengenai usaha Anda ( Hal ini sangat penting agar bisa dikonfirmasi dengan baik oleh pihak Facebook)

Keempat: Undang Teman Anda untuk menyukai Fans page usaha yang Anda buat

Kelima: Mulailah beriklan karena itu sangat baik dan dengan budget Rp.100.000 Anda sudah bisa beriklan.


Kenam: Jika Anda memasarkan melalui iklan, jangan lupa untuk memberikan kontak BBM, WA Anda. Ingant! Jangan beri tahu harganya kecuali mereka menginvite Kontak BBM. WA. Ini startegi !!! Semakin banyak kontak, maka semakin besar juga konsumen kita?

2. Strategi Pemasaran Melalui Twitter


Meskipun saat ini Twitter dibilang hampir mati, namun ada kalanya Anda juga membuat akun Twitter untuk usaha Anda. Hal ini sangat penting bagi mereka yang kurang suka dan aktif menggunakan Facebook.


3. Strategi Pemasaran Melalui Youtube


Menggunakan video sebagai sarana pemsaran dapat Anda lakukan juga karena ada jutaan pemirsa yang setiap harinya menonton di youtube. Hal ini tentu akan membuat peluang konsumen semakin besar.

Disini Anda dapat membuat video tentang usaha Anda dan kemudian menguploadnya di Youtube. Video tersebut berupa iklan usaha Anda. Misalkan Anda sedang berjualan souvenir pernikahan. Anda bisa membuat video slide flash gambar-gambar undangan atau souvenir pernikahan tadi. Beri sound atau music agar menarik. Anda bisa mendapatkan Free sound di youtube atau bisa juga Googling.


4. Strategi Pemasaran Melalui Instagram


Saya yakin bahwa Anda sudak mencoba pemasaran melalui instagram? Nah, bagi Anda yang belum,maka setelah membaca artikel ini langsung bergegas untuk mencobanya. Setiap orang ingin eksis? Setiap orang ingin menyimpan kenangan mereka? Ya, Insagram sebagai salah satu Photo sharing terbesar di dunia saat ini sudah memiliki lebih dari 1 Miliar user di seluruh dunia dan itu artinya semakin banyak peluang konsumen kita?

Sekarang ini Instagram juga sudah mengizinkan Anda untuk beriklan. Bagaimana cara beriklan di Instagram? Anda bisa melakukannya di panel Facebook disana Anda akan terhubung dengan iklan Instagram pula.

Strategi pemasaran melalui instagram dapat Anda lakukan pula dengan menggunakan hastag dan lokasi. Hal ini sangat penting agar konsumen bisa dengan mudah menemukan produk dan lokasi Anda berada!



5. Melalui Website


Apakah usaha Anda sudah memiliki website? Website ini sangat penting, terlebih di Era digital seperti sekarang ini. Fungsi website selain memberikan keyakinan kepada konsumen, website juga berfungsi untuk memberikan informasi mengenai usaha Anda.

Tidak mungkin setiap iklan Anda menjelaskan usaha Anda? Tentu itu akan menghabiksn banyak waktu dan budget? Nah, dengan adanya website ini, tentu lebih memudahkan para konsumen untuk memahami lebih dalam mengenai usaha Anda.


Tidak banyak yang bisa kami sampaikan, semoga dengan membaca 5 Strategi Pemasaran Efektif Melalui Online Dan Media Sosial tadi dapat memberikan Anda inspirasi. Sehingga kedepannya usaha yang Anda kelola bisa lebih baik dan mendapatkan banyak konsumen.

Ingat, bahwa pemasaran yang efektif akan menghasilkan konsumen yang berkualitas pula. Jangan pernah meremehkan pemasaran ini!

Artikel Terkait