Selasa, 13 Desember 2016

Tips Rumah Dijual Dengan Gunakan Jasa Agen

Tips Rumah Dijual Dengan Gunakan Jasa Agen - Ada beberapa pilhan pemasaran ketika anda hendak menjual rumah. Pilahan tersebut diantaranya: apakah akan menjual sendiri rumah itu atau tips rumah dijual di depok dengan menggunakan jasa agen properti. Pilhan-pilihan tersebut sama baiknya tergantung istuasi dan kodisi, artinya semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika tetangga sekitaran anda banyak yang butuh rumah dan berniat membeli rumah maka alangkah baiknya jika rumah anda ditawarkan langsung sendiri.

Namun jika sebaliknya dan anda belum berpengalaman dalam jual beli rumah maka jual rumah pakai agen menjadi pilihan yang perlu anda pertimbangkan. Sebagai bahan pertimbangan anda berikut ini saya paparkan kelebihan dan kekurangan jual rumah pakai agen.

Kelebihan jual rumah pakai agen properti



Tips Rumah Dijual Dengan Gunakan Jasa Agen


1.Efektif dan efisien

Rata-rata agen properti sudah mempunyai jaringan yang luas dan sudah memiliki daftar calon pembeli. Rumah yang akan anda jual pastinya akan dipromosikan keseluruh jaringannya. Hal ini tentunya sangat efektif dan efisien karena dalam mencari pembeli yang potensial tidak akan memakan waktu yang lama.

Selain itu agen properti juga akan menyelesaikan masalah administrasi dan melakukan penaksiran harga (appraisal) tanah dan rumah secara objektif. Segala biaya tersebut biasanya akan ditanggung terlebih dahulu oleh agen.


2.Memahami harga pasar

Keuntungan ketika jual rumah pakai agen yaitu pemilik mendapatkan harga jual yang tidak terlalu tinggi sehingga rumah akan cepat terjual, dan juga harga yang tidak terlalu rendah sehingga pemilik tidak akan menderita kerugian.


3.Legalitas terjamin

Agen jual-beli rumah lebih memiliki pengalaman dan kemampuan dalam hal dokumentasi. Sehingga mereka bisa menjamin prosedur legal penjualan properti dan membantu pengurusan balik nama, sertifikat, dan lain-lain.


Kekurangan jual rumah pakai agen properti



1.Adanya komisi atau fee 

Jika anda jual rumah pakai agen maka otomatis ada biaya tambahan (komisi) yang harus anda kelurkan untuk agen sekitar 2-3 persen dari nilai jual rumah.


2.Terikat dengan agen dalam sebuah kesepakatan

Karena ada perjanjian dengan agen, maka anda tidak dapat menjual rumah anda kepada orang lain secara bebas. Hal tersebut dapat menjadi hambatan juga jika pemilik rumah ingin cepat menjualnya. Namun tentu saja kesepakatan bisa dikompromikan antara anda dan agen.


3.Kemampuan agen berbeda-beda

Karena Profesionalitas atau kemampuan agen berbeda-beda maka anda pun kadang kesulitan untuk mendapatkan agen yang berkualitas. Boleh jadi anda mendapatkan agen yang tidak berkualitas, sehingga penjualan rumah menjadi kurang cepat.

Demikianlah keuntungan dan kekurangan jual rumah pakai agen. Pilihan yang paling tepat tentunya ada ditangan anda.

Artikel Terkait