Kamis, 22 Desember 2016

Pentingnya Membuat Rencana Bisnis

Pentingnya Membuat Rencana Bisnis- Seberapa penting rencana bisnis membawa keberhasilan bisnis atau bahkan dapat berpengaruh besar dalam bisnis yang kita jalankan kedepannya. berikut akan kita lihat bagaimana rencana bisnis yang anda susun dapat membuat anda gagal atau sebaliknya bisa menjadi penolong anda saat kehilangan fokus saat menjalankan bisnis.

Sebagian dari kita mungkin masih ada yang mengabaikan perencanaan bisnis ini. Perencanaan bisnis atau business plan sangat berpengeruh besar terhadap kesukesan bisnis Anda di pasa depan. Dengan membuat perencanaan bearti Anda sudah siap dalam berperang?


Thingking money first is big mistake 

Apakah rencana bisnis atau Business Plan itu ? yaitu dokumen tertulis yang merinci seluk beluk usaha/bisnis yang direncanakan. Dokumen tersebut mencakup informasi tentang status saat ini, kebutuhan mendatang dan hasil-hasil yang diharapkan dari usaha/bisnis baru tersebut. Setiap aspek bisnis akan dikemukakan seperti jenis usaha, pemasaran, litbang, operasi/produksi, manajemen, risiko keuangan dan penjadwalan.

Pembahasan semua aspek tersebut akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang apa usaha anda, kemana bisnis tersebut akan dibawa dan bagaimana mencapainya.

Hal-hal penting dalam business plan adalah :


  • Tujuan yang realistik atau dapat dicapai; spesifik, dapat diukurdengan batasan waktu. Komitmen, harus didukung oleh lingkungan yang ada misalnya keluarga, rekan usaha, tenaga kerja dan anggota tim.
  • Fleksibel, hambatan harus diantisipasi dan strategi cadangan (alternatif) harus disusun. Segmen pasar yang dituju jelas.
  • Ditujukan untuk siapakah rencana bisnis itu ? pembaca bisnis plan biasanya adala calon investor, pihak bank, calon partner, konsumen, notaris/lawyer, konsultan atau pemasok. Dan ingat mereka akan sering membuat keputusan dari 5 menit pertama membaca business plan anda.
  • Kiat-kiat penulisan business plan akan dibahas berikut ini :


  1. Singkat dan padat
  2. Terorganisir rapi dengan penampilan menarik
  3. Rencana ke depan yang menunjukan pertumbuhan
  4. Hindari melebih-lebihkan proyeksi ke depan
  5. Kemukakan risiko-resiko bisnis yang penting
  6. Tim kewirausahaan yang terpercaya dan efektif
  7. Fokus pada suatu bisnis sebelum melangkah ke bisnis berikutnya
  8. Target pasar yang jelas.

Artikel Terkait