Jumat, 16 Desember 2016

7 Tips Memulai Usaha Sendiri Dari Awal Hingga Sukses

Tips Memulai Usaha Sendiri Dari Awal - Memulai usaha secara mandiri, bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan banyak pengorbanan dan mental yang kuat. Setiap orang tentu ingin memiliki usaha sendiri sehingga diharapkan bisa menuai keuntungan yang besar. Berbeda hal nya jika bekerja dengan orang lain, kita digaji seadanya dan ironisnya terkadang gaji tersebut tidak cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Jika kita lebih jeli ada banyak sekali peluang usaha yang bisa kita jalankan di area sekitar kita, namun lemahnya pengetahuan terkadang membuat kita kehabisan akal dan mudah berputusasa. Diperlukan mental baja untuk mendapatkan kesukesan dalam usaha ini. Kebanyakan dari kita mungkin membayangkan ketika memulai usaha itu mudah? Padahal kenyataannya tidak semudah yang kita banyaknan.

Dalam usaha diperlukan strategi serta kesabaran yang ekstra, sehingga usaha yang kita jalankan bisa sukses dan berjaya. Pada kesempatan yang mulia ini kami ingin berbagi beberapa tips yang mungkin bisa menjadi pedoman Anda ketika hendak memulai usaha sendiri.


7 Tips Memulai Usaha Sendiri Dari Awal Hingga Sukses

7 Tips Memulai Usaha Sendiri Dari Awal Hingga Sukses

1. Mulailah Dari Hobi


 Jika Anda ingin memulai usaha secara mandiri, maka kami sangat menyarankan untuk memulainya dari hobi atau passion. Cobalah untuk mencari usaha yang memang dekat dengan kesenangan atau kemampuan pribadi.  Kemampuan itu adalah modal Anda yang pertama.  Anda bisa merenungkan, apa saja yang Anda kuasai dan mampu Anda kerjakan dengan baik. Kemampuan ini akan berkembang terus, dan Anda yang tahu seluk-beluknya.Setiap usaha punya kerumitan dan masalahnya sendiri. 


 2. Mengukur peluang dari usaha baru yang akan Anda buat


 Semua usaha baru dimulai karena ada kebutuhan. Setelah Anda mengidentifikasi adanya kebutuhan, barulah ada pasar yang potensial. Seperti yang sudah kami tafsirkan di awal tulisan tadi bahwa sekarang ini ada banyak peluang usaha, namun kita harus jeli melihat peluang usaha tersebut. Carilah usaha yang cocok dengan area tempat tinggal Anda. Apa yang menjadi kebutuhan orang disana? Itulah usaha yang potensial.



3. Mencari modal atau partner


 Jika tidak punya modal sendiri, maka Anda perlu mencari kerjasama dengan orang lain.  Disarankan Anda berhati-hati dalam masalah administrasi keuangannya, karena banyak kasus penipuan.  Banyak partner yang curang atau nakal.  Jika Anda hanya punya kemampuan, misalnya, ada kemungkinan partner Anda akan “menendang” Anda keluar begitu dia dan anakbuahnya menguasai keahlian yang diperlukan tersebut. Anda perlu menempatkan orang yang Anda percaya untuk mengawasi keuangan, kalau bisa Anda tangani sendiri soal uang ini.  Selalu berhati-hati agar tidak ditipu orang.


4. Terlibat Langsung Dengan Usah Baru


Jika Anda baru merintis usaha saran kami agar Anda bisa terjun langsung sehingga kedepannya diharapkan Anda bisa profesional dan paham dengan segala masalah yang ada di laparang.Setelah usaha Anda cukup anak buah, Anda bisa mulai mendelegasikan wewenang pada bawahan.  Usaha kecil pada awalnya harus ditangani sendiri. Karena sistem administrasi dan organisasinya belum mapan, mudah terjadi penyimpangan jika Anda serahkan pada orang lain. Jika Anda tidak bisa menjalankan dan mengawasi langsung, Anda akan mudah “dikerjain” atau ditipu karyawan atau  rekan Anda.


5. Pertimbangkan Lokasi dan Tata Letak dengan baik


Untuk usaha kecil dalam bidang penjualan, promosi terbaik adalah lokasinya.  Tata letak pabrik dan toko yang baik akan mempermudah kemampuan produksi.


6. Cari tau tentang perizinan 


Jika Anda ingin aman dan tentram, maka cobalah untuk mencari tau tentang prosedur perizinan lokasi. Jika hanya penyewaan ruko, mungkin Anda bisa berdiskusi dengan yang punya dan meminta panduan segala perizinan dan pajak. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena jika usaha Anda sudah berjalan dengan lancar, namun tidak adanya izin dan tiba-tiba adanya pembongkran bagaimana? Tentu Anda bisa rugi besar.


7. Bangun Brand


Jangan lupa untuk membuat brand karena brand ini sangat penting untuk usaha Anda kedepannya. Semakin luas brand Anda dikenal maka semakin baik pula repotasi usaha Anda.

Tidak banyak yang bisa kami sampaikan semoga dengan membaca 7 Tips Memulai Usaha Sendiri Dari Awal Hingga Sukses diatas bisa memberikan Anda banyak informasi dan inspirasi kedepannya...

Artikel Terkait