Selasa, 25 Oktober 2016

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memulai Bisnis Kedai Kopi

Apa sajakah Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memulai Bisnis Kedai Kopi? Apakah Anda ingin memulai usaha warung kopi? Setiap harinya ada saja yang membuka cafe atau warung kopi ini. karena Kita tau bahwa Indonesia adalah salah satu Negara pengkonsumsi kopi terbesar di dunia, oleh karena itu maka tak, heran jika pertumbuhan kedai kopi terus meningkat. Dimana-mana, khusunya di kota-kota besar konsep warung kopi didesain seelegan rupa sehingga membuat banyak orang tertaik untuk mampir dan nongkrong disana, terutama bagi para anak muda.

Dulu kita cuma mengenal kopi hitam atau kopi saring saja. Dengan derasnya perkembangan zaman pada pemilik cafe atau warung kopi sekarang ini menghadirkan banyak jenis menu kopi seperti contoh yang paling populer adalah cappuccino atau espresso. Baiklah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit informasi mengenai Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memulai Bisnis Kedai Kopi?


9. Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memulai Bisnis Kedai Kopi



1.Planning Atau Konsep


Sebelum memulai usaha warung kopi ini hal utama yang harus Anda pikirkan adalah konsep serta planning.Apa saja konsep yang akan Anda buat? Misalkan saja desain, target market dsb. Oleh karena itu sangat penting rasanya untuk menyusun konsep sedetail mungkin sehingga ketika perencanaan bisa dipraktekan dengan matang.


2. Dari Mana Modal Yang Didapat?



Konsep udah ada dan ide pun sudah bejubun kemudian apa yang paling penting? Ya, modal. Sering kali kita terjebak oleh masalah klasik, yaitu modal. Bagi Anda yang belum memiliki cukup modal, namun sudah memiliki banyak ide, mungkin ada kalanya Anda menemukan orang-orang yang satu pemikiran dengan Anda dan membangun usaha ini bersama-sama. 


3. Lokasi Yang Strtegis



Apa pun usaha nya, hal yang harus jeli kita perhatikan adalah lokasi. Pilihlah lokasi yang strategis dan jangan lupa lakukan survey terlebih dahulu jika Anda sudah menemukan lokasi yang tepat Selain itu tidak lupa juga Anda harus bertanya kepada orang disekitar apakah disni ramai? Bagaimana kondisi saat malam atau saat siang hari? Mungkin Anda bisa menanyakan nya kepada mamang-mamang yang berjualan di area sekitar. Pura-pura saja beli makanan dan iseng-iseng bertanya mengenai lokasi dimana akan Anda mulai usaha disana.


4.Desain Interior Dan Exterior 



Sebenarnya desain ini sudah termasuk dalam kategori ''konsep'', namun penting juga untuk kami ingatkan. Cobalah untuk mencari ide atau inspirasi mengenai warung kopi modern di Internet dengan itu Anda bisa merancang konsep desain untuk cafe atau warung kopi Anda. Berikut ini kami beri beberapa ide gambar desain cafe atau warung kopi bernuansa modern.


Jangan Lewat kan Untuk Membaca Artike ini Penting!!!  






Contoh Desain Interior Dan Exterior Warung Kopi Modern


Desain Interior Warung Kopi Modern Gaya Klasik


Desain Interior Warung Kopi Modern



Desain Interior Warung Kopi Modern Elegan


Desain Interior Warung Kopi Modern Simple


Desain Interior Warung Kopi Kayu


Warung kopi modern ketika malam hari

Exterior Warung Kopi Modern

Untuk Lebih Lanjut Bisa Cari Ide disini : Contoh Gambar Desain Interior dan Exterior Coffee Shop


5.Lighting Atau Pencahayaan



Sedikit kami jelaskan bahwa kebanyakan orang sekarang lebih suka ngopi di malam hari dan sebagian dari mereka lebih suka berfoto ria seta lebih memilih konsep cafe atau warung kopi yang elegan dengan nuansa tradisional atau kalsik. Secara pribadi saya juga sering ngopi dan sangat senang menjelajah warung kopi yang ada di kota saya. Carilah lampu atau lighating yang elegan atau kalisk itu yang bagus dan banyak diterapkan di cafe sekarang ini.


6. Daftar Menu



Selain menciptakan konsep yang bagus Anda juga harus menghadirkan banyak menu baik minuman, maupun makanan. Karena sepengetahuan saya niat orang yang datang di warung kopi sekarang ini berbeda-beda ada yang hanya sekedar ngopi, nongkrong, join bareng teman atau bahkan ada juga yang cuma pengen berfoto, padahal mereka gak doyan ngopi? Cobalah untuk mengseleksi menu yang banyak dan tidak membosankan sehingga siapa saja bisa hadir dan mampir ke warung kopi Anda. terlebih untuk kaula muda atau mahasisawa. Namun, lagi-lagi itu sesuai konsep dan target market Anda sebelumnya.


7. Pelayanan Yang OK!


Punya cafe yang bagus, banyak menu, namun pelayanan kurang bagus gimana ya??? Secara pribadi saya jika mampir di suatu tempat katakan lah rumah makan, maka hal yang paling utama saya perhatikan adalah service atau pelayanan. Sebagian dari pelanggan atau konsumen tidak memperhatikan harga, akan tetapi mereka akan melihat pelayanan terlebih dahulu. Jika pelaynaan sudah ok, maka harga itu bonus saja.


8. Harga


Harga ini sangat penting untuk dicantumkan di menu pesanan atau daftar menu. Bahkan ada sebagian cafe yang saya lihat mereka mencantumkan harga di papan menu yang didesain pakai kapur atau konsep tradisional. Hal ini sangat penting karena mengingat tidak semua pelanggan punya banyak uang? Jika harga dicantumkan tentu mereka bisa mengira-ngir berapa uang yang akan dikeluarkan.


9. Marketing Dan Promosi



Yang terakhir adalah marketing dan prmosi. Mau usaha lancar? Mau rame pelanggan? Mau banyak untung? Tapi gak mau promosi? Bagaimana bisa? Ya, Marketing ini memang sangat penting untuk mengundang para konsumen sekaligus untuk mengingatkan pelanggan Anda. Anda bisa memasarkan usaha Anda melalui offline misalkan dengan memasang banner, sepanduk, koran, majalah atau melalui radio. Selain itu Anda juga wajib untuk mempromosikan usaha Anda melalui online, kenapa kok wajib? Karena mayoritas orang sekarang itu aktif di online ketimbang offline. Anda bisa membuat website tentang produk atau usaha Anda dan mempromosikan nya juga melalui media sosial seperti instagram, wa, bbm, facebook dan bisa juga melalui iklan Google atau iklan Facebook. Sedikit tambahan yang hampir kelewatan coba buatlah brand yang unik dan mudah diingat untuk mencari ide brand atau nama caafe Anda bisa membaca postingan link diatas. Jika Anda tertarik Anda bisa menghubungi pihak bisnis borneo untuk mempromosikan produk Anda heeee..

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk memulai usaha warung kopi dengan konsep modern? Itulah tadi beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memulai Bisnis Kedai Kopi semoga dengan membaca artikel ini bisa memudahkan Anda dalam memulai usaha cafe atau warung kopi kedepanya.

Artikel Terkait