Senin, 03 Oktober 2016

Cara Mengatur Uang Agar Tidak Boros

Cara Mengatur Uang Agar Tidak Boros - Gaya hidup dan lingkungan sendrung membuat orang hidup boros, terutama di kota-kota besar dimana kehidupan mewah selalu tergambar. Kehidupan boros itu cendrung tidak sehat kenapa? Karena nafsu lebih besar ketimbang kebutuhan dan kalau nafsu sudah meraja rela tentu itu tidak baik bagi kehidupan serta kesehatan kita.Kehidupan anak kota cendrung lebih kosumtif dan membelnjakan uang dengan banyak hal yang tidak penting.Coba dipikir-pikir berapa banyak uang yang sudah kita belanjakan untuk hal yang tidak penting?

 Berapa banyak uang yang selalu kita habiskan untuk membeli produk dengan harga mahal, sedangkan di sisi lain masih ada produk yang jauh lebih murah dengan fungsi yang sama? Itulah sifat manusia selalu mengutamakan keinginan ketimbang kebutuhan.Baiklah bagi Anda yang ingin belajar bagaimana cara hdiup hemat dan tidak boros, maka artikel Cara Mengatur Uang Agar Tidak Boros berikut ini mungkin bisa memberikan Anda solusi!


Cara Mengatur Uang Agar Tidak Boros

Cara Mengatur Uang Agar Tidak Boros



1. Hindari pengeluaran yang tidak penting


Sebagian besar dari kita menghabiskan uang untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak penting. Selian itu kita juga selalu belaga sok mewah dan belanja di tempat yang mewah dengan harga yang mahal, padahal barang tesebut belum waktunya kita butuhkan. Nah, untuk menghindari hal tersebut Anda bisa mencobanya sebagai berikut!

 Menempel Daftar Belanjaan

Menempelkan daftar belnjaan adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari pengeluaranan yang tidak penting. Menurut penelitian dari Universitas Pensylvania menunjukkan bahwa orang yang dapat menghindari pengeluaran impuls dapat berhemat hingga 23 persen dari pendapatan mereka. Sebaiknya membuat daftar belanja agar pengeluaran sesuai dengan kebutuhan.

Jangan belanja dengan kartu kredit

Ini juga sering kali dilakukan oleh sebagian orang saat berbelanja, dengan tujuan ingin lebih cepat dalam melakukan transaksi. Padahal, menggunakan kartu kredit seperti virus yang membuat kita ketagihan untuk terus menggunakannya, apalagi jika ada promo menarik di dalamnya.


2. Memiliki Banyak Stok Makanan


Belanja saat sedang ada promo diskon untuk beberapa kebutuhan pokok, bisa jadi alternatif berhemat. Saat ada promo menarik, dan keuangan sedang baik, kita bisa membeli kebutuhan pokok kita dalam jumlah double.

Siapa tahu, di bulan berikutnya, makanan yang kita beli ini masih bisa dikonsumsi. Belilah makanan  yang tahan lama, dengan begitu kita bisa lebih hemat untuk beberapa bulan ke depan.

3. Berbelanja dengan Harga yang Cocok

3. Berbelanja dengan Harga yang Cocok

Berhemat saat berbelanja juga bisa dilakukan dengan cara berbelanja di toko kebutuhan yang menjual produknya dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga kebutuhan pokok yang ada di supermarket atau di mall.

4. Sisihkan Sebagian Uang untuk Tabungan


Aturan menabung pastinya selalu ada di setiap kita akan berhemat. Jika setiap harinya pengeluaran rutin kita adalah untuk membeli makan siang di luar kantor, coba hitung berapa rupiah yang dikeluarkan setiap harinya untuk membeli makan siang, kemudian kalikan selama 1 bulan.

Jika hasilnya cukup besar, buatlah alternatif apakah pengeluaran ini bisa lebih diperkecil lagi. Jika bisa, sisanya simpan dan satukan dengan tabungan bulanan anda.

5. Berkendara dengan Memilih Kendaraan Bekas yang masih Baru


Saat ini ada begitu banyak jenis kendaraan yang bisa dipilih konsumen untuk digunakan sebagai kendaraan pribadi yang akan mendukung aktifitasnya sehari-hari. Jika ingin berhemat, sebaiknya kita memilih untuk membeli kendaraan yang sudah lama atau bekas, tapi masih baru dalam hal mesin dan komponen lainnya.

Dengan begitu, kita tentu bisa lebih menghemat banyak uang dibandingkan membeli mobil baru, yang beberapa tahun ke depan juga harganya akan mengalami penurunan.

Artikel Terkait