Minggu, 17 Juli 2016

Orang di Balik Pokemon Go John Hanke

Orang di Balik Pokemon Go John Hanke - Kesuksesan Pokemon Go, tentu tidak terlepas dari sang pembuat, yaitu John Hanke.John Hanke pembuat game Pokemon Go ini dan ia juga adalah sebagai CEO dari Niantic Labs yang memiliki keinginan besar dalam membuat trobosan baru di dunia gamming.Sejak pertama kalinya rilis game ini mendapat banyak pujian dari media dan pengembang, selian itu menurut laman newsroom.haas.berkeley.edu, bahwa karya John Hanke ini mengalahkan pengguna aktif twitter.Kesukesannya tentu tidak didapat dalam waktu singkat, pasalnya John Hanke telah mengembangkan game ini selama kurang lebih 20 tahun.

Sebelumnya Hanke juga pernah membuat terobosan di pertengahan 1990-an, ia mendirikan sebuah perusahaan yang mengembangkan salah satu game online yang memungkinkan ratusan orang untuk bermain bersama dalam lingkungan virtual. Kemudian Hanke juga pernah menjadi memimpin pengembangan Google Earth, Maps, dan StreetView. Dia kemudian meluncurkan Niantic Labs dalam Google untuk fokus pada pertandingan generasi berikutnya dan keluar sebagai perusahaan yang terpisah tahun lalu.


Orang di Balik Pokemon Go John Hanke



Orang di Balik Pokemon Go John Hanke 


Siapakah sebenarnya John Hanke itu? John Hanke adalah seorang veteran Google yang juga CEO dan pendiri Niantic.Sejarah pembuatan game ini dirintis pada tahun 1996 saat itu ia masih menjadi  seorang pelajar dan ia memulai membuat permainan Multiplayer Online Game (MMO) yang disebut Meridian 59.
Seiring bergeraknya waktu pada tahun 2000, dia meluncurkan Keyhole, yakni penggabungan antara peta dan fotografi udara, serta menciptakan GPS yang terhubung dengan peta 3D dunia.

Tak, disangka setelah empat tahun kemudian perusahaan Google pun tertarik dengan Keyhole sehingga membelinya dan mengganti namanya menjadi Google Earth. Semenjak itu, Hanke pun fokus untuk membuat game berbasis GPS.Ternyata, butuh waktu hingga 20 tahun, sehingga tercipta game Pokemon Go yang rilis belum lama ini.

Akhirnya, John bersama Google, Nintendo, Pokemon Company dan beberapa investor lain membentuk tim untuk mengembangkan Pokemon Go, yang rilis pekan kemarin.
Seperti dikutip dari Business Insider, Pokemon Go memiliki tiga tujuan utama. Pertama agar orang bergerak dan ke luar agar mendapatkan Pokemon.

Artikel Terkait