Sabtu, 16 Juli 2016

Cerita Tentang Pembuat Game Pokemon Go

Pembuat Game Pokemon Go -  Mungkin banyak diantara kita yang bertanya siapa penemu game pokemon go? Pada dasarnya setiap game pasti ada penemu dan pembuatnya, namun semua itu juga dibutuhkan kerja keras dan team yang solid.Sejak dirilisnya game pokemon go di beberapa negara top, kehadiran game ini seakan memberikan perubahan yang drastis dalam perjalanan karir game pokemon.Sejak dirilis pada 6 juli lalu game ini seakan mengubah dunia game, pasalnya banyak orang yang terbius dan beralih ke game yang fenomenal ini.Menurut informasi yang kami dapat bahwa game ini hanya dalam kurun waktu beberapa hari telah dimainkan mencapai 10 juta orang, hal ini melampaui rekor aplikasi raksasa seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp.

Kesuksesan ini tentu tidak didapat dengan mudah.Tahukan Anda bahwa pengembangan game ini memakan waktu hingga 20 tahun.John Hanke adalah sang pembuat game pokemon go dan menurutnya bahwa bahawa kesuksesannya tidak didapat dalam kurun waktu semalam dan ia telah menghabiskan waktu kurang lebih 20 tahun untuk mendapatkan game yang benar-benar berkualitas dan fenomenal ini.John Hanke memulai membangun pokemon go pada tahun 1996 ketika itu Ia masih menjadi mahasiswa.John Hanke pertama kali membuat game yang ia beri nama Meridian 59. Game ini menggunakan konsep yang berbasis MMO (massively multiplayer online game) yang memungkinkan game untuk dimainkan oleh beberapa orang, namun sayangnya game tersebut dijual karena Ia bertekat dan bercita-cita untuk membuat game yang bisa berintergrasi dengan memanfaatkan map (lokasi wilayah secara nyata).



Cerita Tentang Pembuat Game Pokemon Go




Kemudian pada tahun 2000, Hake meluncurkan aplikasi Keyhole yang bisa menyambungkan GPS dengan peta permukaan di dunia. Sayangnya aplikasi tersebut kemudian dibeli oleh Google.Keyhole yang merupakan cikal bakal dari aplikasi berbasis GPS Google Earth yang kita kenal dan biasa kita gunakan.Hanke sadar bahwa program tersebut akan mengangkat perkembangan game ke era berikutnya dan setelah sukses menelurkan program tersebut, akhirnya Ia pun memilih fokus untuk mengembangkan game berbasis GPS.Pada tahun 2010 Ia mendirikan  Niantic Labs, yaitu sebuah perusahaan rintisan yang berdiri dibawah dana sokongan Google.Niantic Labs masih fokus dengan misi utamanya, yaitu menciptakan game yang bisa dimainkan secara real atau nyata dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan teknologi GPS.Penghubungan antara game dan GPS pada akhirnya menciptakan banyak game dan kini yang sedang kita mainkan adalah pokemon go!.

Saya selalu berpikir bahwa saya bisa membuat game canggih dengan menggunakan data GPS yang kita miliki. Penggunaan ponsel yang semakin berkembang menjadi peluang besar untuk mengembangkan game petualangan yang bisa terkoneksi dengan dunia nyata,” tutur Hanke.

Pada tahun 2012 lalu  Niantic Labs menciptakan game Ingress, yaitu game yang mengintergrasikan antara game dan GPS atau map.Game Ingress ternyata mendapatkan apresiasi yang sangat baik di kalangan para pencinta game dan hal ini membuat Hanke semakin semangat untuk mengembangkan game lain dengan konsep yang sama.Pada tahun 2014 Hanke memutuskan untuk membuat pokemon go idea ini didapat pada saat Google dan Pokemon Company bekerja sama untuk merayakan April Fools Day. Dalam pertemuan itu  Google dan Pokemon Company bekerja sama untuk menghibur pada pengguna Google Map dengan kehadiran Pokemon di dalamnya.


Hanke memanfaatkan data yang sebelumnya yang ia dapat dari permainan Ingress. Ia kemudian menambahkan fitur lain yang dapat memanjakan pengguna game Pokemon Go seperti Pokestops dan Gym.

“Lokasi Pokestops ditentukan oleh pengguna. Tempat tersebut muncul berdasarkan dari data tempat-tempat apa saja yang sering dikunjungi oleh pengguna,” jelas Hanke.


Tak, disangka bahwa Hanke berhasil mengumpulkan dana hingga  US$ 25 juta dari Google, Nintendo dan Pokemon Company. Uang tersebut Ia gunakan untuk merekrut anggota tim lebih banyak agar game tersebut dapat diluncurkan pada tahun ini.Pada akhirnya tahun 2016 ini adalah tahun emas bagi John Hanke dan team nya untuk meluncurkan pokemon go!. Game ini resmi dirilis pada 6 juli 2016 di beberapa negara seperti USA, Australia dan Selandia Baru. Meskipun game ini belum resmi rilis di Asia, khusunya di Indonesia Anda bisa gratis mengunduhnya di Internet melalui file Apk.



Walaupun Pokemon Go! dianggap sukses, namun dari pihak pokemon go juga harus dihalangi oleh privasi, keamanan serta resiko yang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan para pemian pokemon go ini. Sebagaimana kita ketahui bahwa game ini dimainkan secara langsung dan itu artinya kita harus bergerak atau berjalan dan fokus dengan smartphone.Sebagai himbawan bagi Anda pemain pokemon go sebaiknya harus berhati-hati.

Artikel Terkait