Minggu, 24 Juli 2016

Cara Mengajarkan Anak Untuk Selalu Bersyukur

Tags

Cara Mengajarkan Anak Untuk Selalu Bersyukur - Mendidik serta mengajarkan anak untuk selalu bersyukur sebaiknya dari dini karena sekarang ini kita sering melihat anak-anak hidup manja dengan limpahan materi.Sebagai orang tua kita tentu ingin agar anak kita bisa hidup mandiri, tanpa bergantung pada orang lain.Dengan mengajarkan anak untuk selalu bersyukur hal ini tentu dapat melatih mereka untuk selalu hidup mandiri dan sederhana, meskipun mereka memiliki banyak uang.Jika anak-anak sudah dilatih untuk bersyukur sejak dini tentu hal ini akan meningkatkan kepribadian yang kuat serta selalu bersyukur.Melalui tulisan ini saya akan berbagai beberapa tips yang mungkin bisa memotivasi orang tua untuk mengarahkan serta mendidik anak-anak untuk selalu bersyukur.Berikut adalah ulasannya!

Cara Mengajarkan Anak Untuk Selalu Bersyukur

Cara Mengajarkan Anak Untuk Selalu Bersyukur



1. Jangan Selalu Menuruti Permintaan Sang Anak

Anak-anak akan mudah begitu saja meminta gadget, motor baru, tanpa berfikir begitu susah mendapatkan uang? Jika Anda sebagai orang tua selalu memanjakan anak-anak dengan fasilitas yang mewah, tentu hal itu tidak baik karena anak-anak akan larut dengan kesenangan tanpa mengetahui kesulitan.Meskipun Anda selalu merasa kecukupan setidaknya Anda harus mengajarkan mereka untuk bersyukur, yaitu melalui memanfaatkan fasilitas seperlunya saja buka karena keinginan.Keinginan dan kebutuhan tentu hal yang sangat berbeda. Kebanykan anak sekarang lebih mengutamakan keinginan ketimbang kebutuhan.


2. Ajarkan Sang anak Untuk Selalu Berterima kasih

Terima kasih adalah kata ajaib yang mungkin secara tidak langsung kita ucapkan.Coba bayangkan jika Anda memberi bantuan orang , namun mereka tidak berterima kasih bagaimana perasaan Anda? Tentu ada hal yang kurang bukan? Begitu juga Anda ketika memberikan uang kepada anak dan mereka pergi begitu saja tanpa mengucapkan terima kasih.Selalu ajarkan mereka tentang makna terima kasih karena terima kasih memiliki banyak sekali arti.


3. Ajarkan Mereka Untuk Melakukan Praktek amal

Anda bisa mengajarkan atau menunjukan kepada sang anak tentang  bagaimana di sekeliling kita ada anak-anak yang kurang beruntung. Ajak si kecil untuk mengumpulkan dan menyumbangkan pakaian atau mainan yang tidak terpakai kepada mereka yang membutuhkan.


4.Menjadi Tauladan Kepada Sang anak

Orang tua adalah kunci utama dalam hidup sang anak, oleh sebab itu Anda sebagai orang tua sebaiknya mencontohkan hal yang baik di depan anak. Sifat anak adalah meniru tingkah laku orang tua, maka jangan heran jika ada banyak sifat atau tingkah laku yang dilakukan oleh sang anak.


5. Habiskan Waktu Untuk Mereka

Keluarga yang baik adalah keluarga yang selalu berkumpul.Pastikan Anda dan keluarga  Anda memiliki waktu bersama untuk sekedar bermain minimal pada akhir pekan. Hal ini secara tidak langsung akan mengajarkan sang anak untuk selalu bersama dan bersyukur karena masih memiliki keluarga yang baik dan bisa berkumpul.Bayangkan betapa banyak anak-anak yang tidak memiliki waktu berkualitas bersama keluarga belum lagi orang tua yang cerai, broken home dan orang tua yang sudah lama pergi.

Artikel Terkait