Sabtu, 30 Juli 2016

Cara Melatih Anak Agar Bisa Lebih Mandiri

Bagaimana Cara Melatih Anak Agar Bisa Lebih Mandiri? Mungkin itulah yang selalu menjadi pertanyaan para orang tua.Mendidik anak untuk lebih mandiri adalah kewajiban setiap orang tua dan sebagaimana kita ketahui bahwa sekarang ini banyak anak yang hidup dengan kemewahan serta mereka tidak mengetahui bahwa dibalik kemewahan tersebut ada orang yang jauh lebih menderita.Nah, dengan menanamkan sikap kemandirian kepada anak tidak hanya membentuk karakter mereka, namun juga memberikan mereka kesadaran bahwa ada orang yang lebih kurang beruntung lagi di sekitar kita.Anak-anak akan lebih mandiri apabila sudah kita tanaman seja dini.Ada beberapa cara yang mungkin bisa Anda coba untuk membentuk karakter kemandirian kepada sang buah hati Anda, berikut adalah ulasannya!


Cara Melatih Anak Agar Bisa Lebih Mandiri



1. Ajarkan Sang Anak Untuk Makan sendiri

Banyak orang tua yang selalu memanjakan anak mereka dengan selalu menyuapinya ketika makan. Memang hal tersebut baik sebagai tanda perhatian dan saya orang tua terhadap anak, namun cobalah sesekali agar sang anak menghabiskan makanannya sendiri, tanpa disupai meskipun itu berantakan. Dalah situasi seperti ini Anda mungkin hanya memberikan contoh dan arahan tentang bagaimana cara makan yang baik serta memegang sendok dengan benar, kemudian cobalah untuk memberikan pujian setiap kali ia berhasil melahap makanannya.

2. Biasakan Sang Anak Untuk Tidur Sendiri

Anak-anak sangat perlu untuk dilatih agar bisa dan berani tidur sendiri tanpa ditemani orang tua atau kakak.Biasanya anak-anak takut untuk tidur sendri karena trauma dengan film horor atau cerita hantu.Cobalah untuk mengajarkan mereka agar tidak manja dan berani untuk tidur di kamar meskipun itu sendiri.Ceritakan hal positif dan jangan menakuti mereka karena ada beberapa kasus anak-anak yang takut untuk tidur sendiri itu dikarenakan mereka trauma dengan cerita horor.

3.Ajarkan Sang Anak Tentang Seberapa Pentingnya Menabung

Dewasa ini banyak anak yang menghambur-hamburkan uang orang tua nya? Ya, karena anak tersebut mungkin kurang menghargai berapa pentingnya uang dan seberapa susahnya untuk mendapatkan uang tersebut.Cobalah sejak dini ajarkan sang anak untuk menabung dan menghemat pengeluaran.

4. Ajarkan Mereka Untuk Selalu Bersyukur

Kebanaykan anak-anak sekarang lupa dengan apa yang telah mereka nikmati? Ajarkan mereka tentang rasa syukur atas nikmat selama ini.Cobalah untuk mengajarkan mereka ibadah dan belajar tentang rasa syukur itu dari siapa dan kenapa diberikan kepada kita? Dengan begitu anak-anak akan selalu berfikir untuk lebih mandiri dan memiliki tanggung jawab yang lebih besar.

Artikel Terkait