Selasa, 28 Juni 2016

Cara Mendidik Anak Agar Tidak Boros Dan Hemat

Cara Mendidik Anak Agar Tidak Boros Dan Hemat - Mendidik anak untuk hidup sederhana dan tidak boros adalah kewajiban setiap oang tua.Anak adalah anugrah yang terindah dalam hidup ini dimana kita sebagai orang tua wajib mendidik, mengajari dan menyayangi mereka.Mendidik anak untuk hidup sederhana bukanlah perkara yang mudah, pasalnya sekarang ini kita bisa melihat anak-anak yang hidup serba mewah dan ironisnya lagi orang tua mereka bekerja setengah mati.Tentu hal seperti itu tidak kita inginkan bukan? Sebagai orang tua sudah sepantasnya dari kecil inilah moment yang paling tepat untuk mendidik mereka agar hidup apa adanya dan bersikap baik kepada kerabat, orang tua dan orang lain.

Jika dari kecil saja sudah kita didik mereka untuk hidup apa adanya tentu kemungkinan besar kelak ketika mereka dewasa akan sadar, bahwa hidup boros itu tidak baik.Sekarang ini kita sering menjumpai anak-anak yang berprilaku boros dan kurang bersyukur, nah dengan begitu bearti bisa menjadi pelajaran untuk kita semua agar lebih tegas lagi untuk mendidik anak. Baiklah pada kesempatan yang mulia ini kami akan berbagi sedikit tips yang mungkin bisa menginspirasi Anda dalam mendidik anak agar lebih baik lagi.






Cara Mendidik Anak Agar Tidak Boros 




1.Ajarkan anak-anak untuk saling membantu dalam mengerjakan pekerjaan rumah

Mulailah untuk mengajarkan anak-anak saling peduli dan membantu dalam hal pekerjaan rumah, karena ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Dengan adanya sistem saling membantu ini tentu akan membuat pekerjaan rumah cepat selesai, selain itu dengan tidak sadar bahwa sang anak sudah mendapatkan pengalaman kerja, meskipun itu di rumah.Di era super sibuk ini kebanyakan dari kita sering mengandalkan pembantu, segala pekerjaan semuanya dihandel oleh pembantu termasuk mengurus anak dan memperisapkan segalanya.Sejatinya jika kita orang tua yang cerdas tentu kita akan berfikir, mana yang kira-kira baik dikerjakan oleh pembantu dan mana yang harus kita handle sendiri? Jika segalanya dikerjakan oleh pembantu tentu anak kita tidak bisa mandiri piring pun dicucikan oleh pembantu? Cobalah untuk mendidik anak kalau setelah makan piring harus langsung dicuci agar mereka bisa mandiri.Ajak anak-anak untuk mengerjakan pekerjaan yang menyenangkan misalkan bersih-bersih rumah, membuat taman dsb.


2.Ajarkan mereka tentang pentingnya bekerja keras

Anak-anak jika melihat orang tuanya senang mereka mulai pamer dan sombong, padahal dulunya orang tuanya juga bekerja keras demi mendapatkan saham dan harta? Menanamkan nilai perjuangan dan semangat dalam hidup adalah hal yang sangat penting untuk membangun karakter sang anak agar memiliki mental pekerja keras dan tidak bermalas-malasan.Kerja keras, semangat dan tanggung jawab merupakan pilar yang sangat penting untuk ditanamkan kepada anak mulai sejak diri.Ceritakan kepada mereka bagaimana susahnya bekerja dan mencari makan, ajarkan mereka pula tentang cara menghormati orang dan keluarga, ajarkan kepada mereka pula tentang motivasi dan semangat.Anak-anak akan menyimak dan secara tidak sadar akan masuk ke alam bawah sadar mereka dan dicerna dikehiudpan kedepannya.


3.Ajarkan Kepada mereka tentang perbedaan keinginan dan kebutuhan

Keinginan dan kebutuhan adalah hal yang amat sangat berbeda.Kebanyakan dari kita lebih memilih keinginan ketimbang kebutuhan? Bahkan ironisnya lagi kita rela berutang demi mendapatkan keinginan bukan kebutuhan.Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menanamkan sikap keinginan dan kebutuhan ini adalah dengan memberikan mereka uang/Point pada saat mereka menyelesaikan pekerjaan rumah.Uang atau point tesebut dapat mereka gunakan untuk membeli apa pun yang mereka butuhkan. Kebutuhan disini maksudnya adalah seperti membeli alat tulis, perlengkapan sekolah.Cobalah jangan terlalu memanjakan sang anak dan memberikan mereka banyak fasilitas dan uang sehingga menyebabkan mereka royal dan membeli barang mewah yang belum tentu itu berguna.Ajarkan mereka untuk memproritaskan apa yang mereka butuhkan dan coba untuk mendelay semua keinginan setelah mereka memenuhi semua kebutuhan.


4.Ajarkan Mereka Untuk Memiliki kepribadian mandiri

Mendidik anak untuk lebih mandiri itu akan sangat berdampak baik ke masa depan mereka, karena kita sebagai orang tua tidak tau berapa usia kita akan berhenti? Nah, dengan selalu menanamkan sikap mandiri ini tentu tidak membuat kita khawatir lagi karena kedepannya mereka bisa menyelesaikan persoalan secara mandiri serta mengatur hidup lebih mandiri.


5.Tanamkan kepada mereka sifat bersyukur dan selalu beribadah

Bersyukur adalah kata yang terindah dalam hidup ini karena kebanyakan dari kita belum sadar akan pentingnya kata syukur tersebut, padahal setiap hari tuhan telah memberikan kita nafas gratis dan organ tubuh yang sempurna.Cobalah untuk mengajarkan anak-anak untuk lebih bersyukur caraya dengan sering melakukan ibadah dan sedikah.Atau Anda juga bisa mengajak mereka untuk pergi ke asrama yayasan yatim piatu guna untuk mengulurkan tangan. Hal ini tentu akan sangat melekat di dalam diri mereka.



Itulah tadi sedikit inspirasi mengenai Cara Mendidik Anak Agar Tidak Boros yang mungkin bisa kami sampaikan. Jangan pernah berhenti untuk mendidik anak menjadi orang baik karena merekalah tunas dan bibit yang akan tumbuh menjadi dewasa.

Artikel Terkait