Minggu, 26 Juni 2016

Belajar Mengatur finansial Dan Hidup Lebih Sederhana

Belajar Mengatur finansial Dan Hidup Lebih Sederhana - Mengatur keuangan atau finansial bukan suatu hal yang mudah, pasalnya banyak dari kita yang ketika menerima uang dengan jumlah banyak begitu saja menghabiskannya, tanpa berfikir untuk menabungnya. Disisi lain biaya kehidupan kian meningkat dan jika kita tidak cerdas dalam mengelola uang, maka seberapa pun gaji atau uang yang kita miliki akan sia-sia. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa kita begitu boros salah satunya adalah berkehidupan mewah sedangkan kita sendiri belum benar-benar free finansial.Membeli gadget, pakian baru tentu akan menguras banyak uang dan seharusnya kita bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan.

Kebutuhan dan keinginan tentu hal yang sangat bertolak belakang. Jika kita terus mengikuti keinginan, maka sampai kapan pun tidak ada habis-habisnya itulah nafsu. Cobalah dari sekarang mempertimbangkan ketika membeli barang atau produk.Prioritaskanlah kebutuhan dari pada keinginan dan uang tersebut kita tabung atau investasikan kembali. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagai sedikit tips bagaimana cara mengatur keuangan atau finansial dan hidup lebih sederhana lagi.



Belajar Mengatur finansial Dan Hidup Lebih Sederhana


Beberapa Faktor Uang Cepat Kita Habis


1.Makan Di Luar

Salah satu hal yang menguras banyak keuangan kita adalah sering makan di luar, nah bagi Anda yang baru menikah atau pun mahasiswa kalau bisa jangan sering-sering makan di luar karena itu akan membelanjakan banyak uang. Cobalah untuk lebih hidup mandiri walaupun sesibuk apa pun dan coba masak di rumah dan itu lebih baik.

2. Membeli Pakian Baru

Pakian atau baju memang kebutuhan pokok yang harus kita penuhi, namun kalau setiap gajian selalu membeli pakian baru dengan harga yang mahal mungkin itu tidak baik, coba uangnya kita tabung dan kita investasikan mungkin itu sangat berguna untuk kehidupan kita kedepannya.Membeli baju mewah hanya sekedar gengsi dan pamer menurut saya itu bukan hal yang baik, kalau pun ingin membeli baju baru cobalah cari baju yang elegan, namun budget murah toh, gak ada kok orang yang tanya ''Baju kamu brand apa? Merek apa? Mulai dari sekarang bari Anda yang senang berbelanja baju baru selepas gajian, maka pikirkan lagi matang-matang.

3.Membeli Minuman di Luar

Apakah Anda orang yang tipenya ketika di luar haus membeli minum kaleng atau minuman berbotol? Dibanding harus membeli air minum kemasan setiap kali kita pergi keluar rumah,Mungkin kita dapat menghematnya dengan membawa botol minuman sendiri.Selain lebih mampu menghemat pendapatan, Anda pun berkontribusi dalam pelestarian lingkungan.


4. Selalu Pamer Dengan Gadget Terbaru

Sekarang ini zaman serba canggih dimana gadget atau smartphone bukan hal yang aneh lagi. Salah satu faktor kenapa uang kita cepat habis adalah kita selalu ingin membeli gadget terbaru karena hanya ingin pamer? Seperti yang saya bilang tadi, bahwa bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Dan gadget ini kita harus menggunakannya sekedaranya saja atau sesuai kebutuhan saja.Membeli gadget terbaru memang akan meningkatkan gengsi, namun kenapa uangnya tidak kita tabungkan saja dan menggunakannya pada hal yang lebih penting lagi.


Belajar Mengatur finansial Dan Hidup Lebih Sederhana


1.Mengatur Anggaran Kebutuhan

Mengatur anggaran untuk pengeluaran bulanan adalah salah satu cara untuk mengatur keuangan agar kita tidak boros. Cobalah catat apa saja kebutuhan pokok yang harus Anda belanjakan. Kemudian bandingkan dengan penghasilan atau gaji Anda setiap bilannya, lalu sisanya mungkin bisa ditabung dan di investasikan.

2.Bedakan Antara Kebutuhan Dan Keinginan

Terkadang hawa nafsu ini benar-benar tidak bisa ditahan, pasalnya apa pun yang kita lihat selalu ingin kita beli? Belom lagi keperluan pokok yang kian hari kian meningkat, so kita harus cerdas donk dalam memilah minih kebutuhan mana yang pokok dan mana keinginan.

3.Cobalah Untuk Memulai Bisnis Kecil-kecilan 

Nah, bagi Anda yang merasa gaji sekarang ini tidak cukup, maka Anda bisa mencoba bisnis lain. Putarkan uang dari gaji Anda dan cobalah untuk memulai bisnis lain yang menurut Anda itu mudah dan sesuai dengan bakat atau passion Anda. Memulai bisnis secara mandiri bukan hanya bermanfaat untuk cangka pendek saja, namun sangat bermanfaat untuk kedepannya. Jika bisnis yang Anda kelola bisa sukes, mungkin Anda bisa free finansial dan menghasilkan banyak uang.



4. Jangan Berutang


Utang adalah hal yang sangat buruk, oleh sebab itu sebisa mungkin Anda harus bisa menghindarinya dan kalaupun sudah terlanjur, maka secepat mungkin untuk melunasinya tanpa harus mengulur-ngulur waktu.

Itulah tadi sedikit tips untuk Belajar Mengatur finansial , semoga artikel ini bisa menginspirasi Anda agar bisa hidup lebih hemat dan mandiri lagi.....


Artikel Terkait