Sabtu, 21 Mei 2016

Usaha Sampingan Di Bulan Ramadhan Dengan Modal Kecil

Usaha Sampingan Di Bulan Ramadhan Dengan Modal Kecil - Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang penuh dengan keberkahan, dimana di bulan tersebut para umat Islam menjalankan ibadah puasa untuk menambah ketaqwaan kepada Allah SWT. Tak hanya membawa keberkahan pada akhiratnya saja, bulan Ramadhan juga membawa keberkahan untuk manusia di dunia terutama kesehatan dan rezeki.

Ketika bulan Ramadhan tiba, sudah menjadi hal umum jika masyarakat sibuk meningkatkan minat untuk berbelanja. Kebutuhan belanja yang meningkat tersebut biasanya dari segi sandang dan pangan. Hal inilah yang bisa menjadi berkah tersendiri untuk para penjual dadakan yang membuka lapaknya di bulan Ramadhan.

Tak hanya orang yang sudah berkecimpung di dunia bisnis saja yang bisa memanfaatkan bulan Ramadhan ini sebagai momen untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Siapapun bisa mencoba peruntungannya dengan mengelola beberapa usaha. Nah, jika anda ingin mencoba usaha kecil-kecilan namun bisa menutup modal dan menguntungkan, berikut beberapa usaha sampingan di bulan Ramadhan dengan modal kecil yang bisa anda coba. Mengapa usaha yang dijalankan dinilai sebagai usaha sampingan? Karena peluang usaha di bawah ini bisa dikerjakan pada saat anda senggang dan paruh waktu sehingga usaha tersebut tidak akan mengganggu kekhusyukan ibadah anda selama berpuasa.


Usaha Sampingan Di Bulan Ramadhan Dengan Modal Kecil


Ilustrasi Usaha Sampingan Di Bulan Ramadhan Dengan Modal Kecil sumber gamabr : infokuberita.com




1.Berjualan Aneka Takjil


Usaha sampingan di bulan Ramadhan dengan modal kecil yang pertama yaitu anda bisa mencoba jajanan yang biasa dicari untuk menu buka puasa.  Jajanan atau menu takjil memang sudah menjadi menu yang wajib dihidangkan ketika berbuka puasa. Biasanya menu takjil ini berupa makanan dan minuman yang mempunyai rasa manis, seperti es campur, kolak, makanan ringan , kurma dan masih banyak lagi.

Melihat beberapa minat masyarakat yang gemar mengkonsumsi takjil, anda bisa mencoba menjajakan takjil yang beraneka ragam tersebut. Buatlah menu takjil yang mempunyai kualitas terbaik agar para pembeli semakin tertarik untuk memborong jajanan anda. Buat juga jajanan yang mempunyai nilai kreatifitas tinggi sehingga pembeli tidak akan bosan dengan menu yang itu-itu saja. 
Tak hanya pemilihan olahan jajanan saja yang harus diperhatikan. Terlepas dari hal tersebut, anda juga harus memperhatikan tempat untuk anda berjualan. Anda bisa membuat lapak yang strategis dan yang ramai oleh orang yang berlalu lalang  sehingga banyak orang yang melihat dagangan anda. Dijamin, jajanan takjil anda akan selalu laris manis diserbu oleh para pembeli. 


2.Usaha Paket Menu Sahur


Ketika menjalankan ibadah puasa, sudah menjadi keharusan jika para umat Muslim melakukan sahur pada jam-jam sekitar pukul 3 pagi. Sahur sendiri bertujuan agar tubuh kuat ketika menjalankan ibadah puasa selama sehari penuh. Namun, sebagian orang akan berpikir bahwa mempersiapkan hidangan sahur dinilai merepotkan karena mungkin saja belum terbiasa melakukannya. Terlebih jika anda sempat kesiangan untuk bangun sahur dan belum sempat mempersiapkan masakan untuk menu sahur tersebut.

Kondisi yang demikian juga bisa dimanfaatkan untuk usaha sampingan di bulan Ramadhan dengan modal kecil. Anda bisa membuat usaha untuk menyediakan menu untuk makan sahur  yang anda jalankan tersebut, akan lebih maksimal jika berlokasi di area kos-kosan mahasiswa, lingkungan para karyawan kantor, atau perumahan tertentu yang akses jalannya sulit untuk menuju warung makanan. 

Strategi yang dibuat untuk menarik minat konsumen sangat mudah. Anda cukup memberikan selebaran yang berisikan mengenai jasa paket menu makan sahur yang bisa dipesan secara delivery order. Berikan selebaran tersebut kepada orangnya langsung, sehingga anda bisa mempromosikan jasa anda secara lisan agar calon konsumen lebih percaya. Terakhir anda bisa memberitahukan nomor yang bisa dihubungi untuk mempermudah pemesanan. Cukup efektif bukan?


3.Bisnis Perlengkapan Ibadah


Sudah menjadi hal yang pasti ketika bulan Ramadhan, para umat Muslim meningkatkan amal ibadahnya. Ketika beribadah, tentu anda memerlukan beberapa peralatan alat ibadah untuk mendukung pengamalan ibadah yang akan dikerjakan tersebut. Dengan anda berjualan alat-alat ibadah tentu hal tersebut juga merupakan salah satu usaha sampingan di bulan Ramadhan dengan modal kecil. Tak harus barang-barang yang mahal, anda bisa membuat produk yang lebih unik sehingga perlengkapan ibadah yang anda jual bisa beda dengan yang lainnya. Hal tersebut tentu menjadikan daya tarik tersendiri untuk para konsumen.

Jenis-jenis perlengkapan ibadah yang bisa anda jual yaitu berupa sarung, mukena, sajadah, kopyah, Al quran, tasbih dan alat ibadah lainnya. Sebaiknya, jika anda akan memulai bisnis yang satu ini anda harus mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelum bulan Ramadhan. Untuk membantu promosi, anda bisa menjual perlengkapan ibadah tersebut secara online sehingga tidak akan membuat modal yang harus anda persiapkan menjadi membengkak.


4.Jasa Mudik Lebaran dan Reservasi Tiket Transportasi


Mudik, sudah menjadi tradisi para masyarakat Indonesia untuk pulang pada kampung halaman sehingga bisa berkumpul bersama keluarga tercinta.  Arus mobilisasi massa yang berulang setiap tahunnya tersebut akan lebih terasa jika memasuki minggu-minggu terakhir bulan Ramadhan. Hal tersebut pastinya akan menjadikan berkah tersendiri bagi penyedia transportasi. Permintaan jasa transportasi tersebut tentu akan meningkat drastis menjelang bulan Ramadhan, sehingga harga tiket yang tersedia akan naik hingga mencapai seratus persen.
Melihat fenomena tersebut, anda bisa menyediakan jasa maupun penyedia reservasi tiket transportasi sebagai usaha sampingan di bulan Ramadhan dengan modal kecil yang selanjutnya. Tiket yang bisa anda sediakan bisa tiket bus, kereta api maupun pesawat terbang. Banyak di antara pemudik yang sering tidak kebagian tiket jika memesannya secara mendadak karena tidak mempunyai banyak waktu. Biasanya, orang-orang yang kurang beruntung tersebut dari kalangan para mahasiswa dan karyawan. Nah, dari sinilah anda bisa bekerja sama dengan pemilik bus pariwisata untuk menyediakan bus untuk mudik para mahasiswa tersebut. 


5.Bisnis Kue Lebaran


Usaha sampingan di bulan Ramadhan dengan modal kecil yang terakhir yaitu anda bisa membuat aneka sajian kue lebaran yang sudah melegenda dari tahun ke tahun. Tidak semua orang bisa membuat kue yang enak dan cantik. Di samping tidak berbakat, mungkin banyak orang yang tidak sempat karena tidak mempunyai banyak waktu. Agar lebih praktis, banyak diantara mereka untuk memilih membeli kue lebaran yang dinilai tidak merepotkan.


Jika anda mempunyai keahlian di bidang pembuatan kue, hal tersebut sudah menjadi modal untuk membuat kue yang menarik dan tentu saja enak. Untuk pemasarannya, anda tidak perlu mempromosikannya secara besar-besaran. Anda cukup promosi pada orang-orang terdekat dahulu untuk diberikan tester kue buatan anda tersebut. Jika kue yang anda buat tersebut banyak yang menyukai, secara otomatis produk anda banyak dikenal. Dengan hal tersebut pastinya kue lebaran anda banyak dicari oleh para konsumen.

Artikel Terkait