Sabtu, 21 Mei 2016

Usaha Bulan Puasa Dan Lebaran Yang Menjanjikan

Usaha Bulan Puasa Dan Lebaran Yang Menjanjikan - Ketika mendekati bulan puasa, tentu anda ingin sekali membuka usaha. Tujuannya tentu saja ingin mendapatkan penghasilan, yang nantinya bekal digunakan untuk keperluan selama berpuasa dan juga lebaran. Sebenarnya ada banyak sekali usaha bulan puasa dan lebaran yang menjanjikan. Di mana kebanyakan usaha yang bisa anda jalankan itu, adalah usaha yang tidak perlu mengeluarkan modal besar. Tetapi bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Sebenarnya jika kita jeli dan bisa memanfaatkan moment, saya pikir apa pun bisa kita jual dan yang paling umum dari tahun ke tahun yang sering kita lakukan adalah  berjualan takjil atau menu berbuka puasa, lalu bagaiman dengan tahun ini? Apakah usaha yang anda jalankan masih itu-itu saja?

Ya, fokus dan konsisten itu sangat penting, apa lagi bagi anda yang sudah menjalankan suah dari tahun ke tahun. Namun, sekiranya usaha tersebut kurang begitu baik dan sedikit peminatnya, mungkin ada kalanya Anda untuk mencari ide bisnis lain. Dan inilah beberapa usaha bulan puasa dan lebaran yang menjanjikan, antara lain:


Usaha Bulan Puasa Dan Lebaran Yang Menjanjikan

Ilustrasi Usaha Bulan Puasa Dan Lebaran Yang Menjanjikan sumber gambar: hungrygowhere.my



1.Usaha Berjualan Takjil


Usaha bulan puasa dan lebaran yang menjanjikan pertama adalah, dengan berjualan makanan untuk takjil. Usaha ini memang hanya bisa anda lakukan ketika bulan puasa, tapi apa salahnya untuk anda jalankan. Karena keuntungan yang anda peroleh bisa berkali-kali lipat. Apalagi seperti diketahui, makanan untuk takjil paling dicari ketika mendekati waktu berbuka. Anda bisa memilih menjual aneka macam gorengan dan minuman yang menyegarkan. Bukalah lapak untuk menjual dagangan anda di depan rumah, atau anda bisa juga mengikuti bazaar makanan yang biasa dibuka di pinggir jalan. Bazaar ini biasanya ramai dikunjungi orang, sehingga anda tidak perlu takut makanan dan minuman yang anda jual tidak laku terjual.


2.Berjualan Pakaian dan Perlengkapan Ibadah


Usaha bulan puasa dan lebaran yang menjanjikan berikutnya yaitu, berjualan pakaian. Usaha ini mengalami peningkatan setiap tahunnya. Karena banyak orang yang membutuhkan pakaian baru, untuk menyambut lebaran. Selain pakaian biasa, anda juga bisa menjual pakaian Muslim baik itu untuk pria maupun wanita. Selain pakaian untuk wanita, pakaian untuk anak-anak peminatnya juga tidak sedikit. Jangan lupa juga untuk menyediakan perlengkapan untuk ibadah. Seperti halnya pakaian, perlengkapan ibadah yang baru juga sering dicari seperti mukena dan juga sarung.


3.Berjualan Sembako


Jika anda ingin usaha yang tetap bisa anda jalankan sampai setelah lebaran, maka pilihlah usaha sembako. Karena sampai kapanpun kebutuhan akan sembako tidak akan pernah surut, dan selalu sering dicari. Apalagi bila anda bisa menjual sembako murah. Untuk masalah keuntungan jangan terlalu mematok keuntungan yang tinggi, tetapi walaupun keuntungannya sedikit tetapi bila anda bisa menjual dalam jumlah yang banyak. Tentu itu akan sangat membantu perekonomian anda nantinya. Anda bisa berjualan di depan rumah, atau bisa juga berjualan di pasar.


4.Usaha Daging Potong


Usaha di bulan puasa dan lebaran yang menjanjikan berikut ini, juga patut untuk anda coba yaitu dengan berjualan daging potong. Anda bisa berjualan daging ayam, bebek, maupun itik. Dan apabila anda mempunyai modal yang besar, maka anda bisa menjual daging sapi. Karena seperti yang anda ketahui, saat puasa terlebih menjelang lebaran permintaan akan daging potong selalu meningkat. Manfaatkanlah momen ini dengan melakukan usaha ini. Carilah produsen yang bisa anda percaya, untuk menyuplai daging dengan kualitas baik dan harga tidak terlalu mahal. Karena daging kualitas baik tentu dicari, daripada daging dengan kualitas yang jelek. Untuk harga anda bisa mengikuti harga pasar.


5.Usaha Pembudidayaan Ikan


Selain daging, permintaan akan ikan juga mengalami peningkatan. Dan biasanya juga lebih mahal daripada hari biasa. Bila anda ingin menjalankan usaha ini, sebaiknya anda menyiapkannya jauh-jauh hari. Karena pembudidayaan ikan membutuhkan waktu beberapa bulan sebelum bisa dipanen. Usahakan agar ikan yang akan anda budidayakan bisa dipanen saat puasa, terutama menjelang lebaran. Karena keuntungan yang bisa anda dapat lebih besar. Bila anda ingin ikan yang bisa cepat dipanen, maka anda bisa memilih ikan lele. Sebab anda hanya membutuhkan waktu 3 bulan, sampai lele siap untuk anda panen.


6.Usaha Rental Mobil


Usaha ini juga cukup menjanjikan untuk anda jalankan, saat puasa dan juga lebaran. Karena waktu tersebut banyak dipilih orang untuk mudik ke kampung halaman, tau hanya sekedar berkunjung ke sanak saudara. Manfaatkan ini untuk membuka jasa rental mobil. Biasanya tariff yang dikenakan untuk rental adalah setiap hari. Jadi jika anda memasang tariff beberapa ratus ribu untuk setiap harinya, maka tentu anda dapat menghitung sendiri penghasilan yang akan anda peroleh. Terlebih biasanya orang menyewa mobil saat lebaran dan mudik, bisa menyampai 3 hari.


7.Usaha Pembuatan Parsel


Lebaran memang tidak bisa lepas dari yang namanya parsel. Banyak orang akan memilih parsel untuk diberikan kepada saudara, teman, bahkan rekan bisnis. Dan jasa pembuatan parsel tentu akan sangat dicari. Anda bisa memulai menawarkan jasa pembuatan parsel, kepada orang-orang yang sedang membutuhkan jasa anda tersebut. Agar usaha yang akan anda jalankan ini menarik banyak orang, sebaiknya anda tidak memasang tariff yang terlalu mahal. Karena tentu mereka ingin membeli parsel dengan harga yang cukup terjangkau. Dan untuk harga parsel sendiri juga menyesuaikan dari isi parsel yang dibuat.


8.Usaha Makanan Untuk Lebaran


Bila anda mempunyai keahlian untuk membuat kue, maka saat lebaran menjadi waktu yang tepat untuk anda memasarkan kue buatan anda tersebut. Sebab tentu banyak orang yang membutuhkan kue untuk meja tamu mereka. Tapi selain kue, anda juga bisa menjual makanan lebaran yang lain misalnya coklat, jelly, permen, dan lain-lain. Tetapi bila anda tidak ingin repot membuatnya sendiri, maka anda bisa menerima pesanan saja. Dan untuk barang yang dipesan, anda bisa mengambil dari pihak lain. Yang harganya tentu saja sudah anda naikkan terlebih dahulu.


9.Usaha Keamanan dan Penunggu Rumah


Usaha jasa keamanan dan penunggu rumah, juga banyak dicari orang yang akan menjalankan mudik. Karena mereka tentu tidak ingin terjadi apa-apa pada rumah yang mereka tinggal. Anda bisa menjadi penunggu rumah sementara, dan tentu saja upah jasa yang akan anda peroleh biasanya juga tidak sedikit.


10.Usaha Jasa Pengganti Asisten Rumah Tangga Sementara


Bila anda ingin usaha yang tidak biasa, maka jasa pengganti asisten rumah tangga bisa anda lakukan. Biasanya orang yang ditinggal asistennya untuk mudik, akan membayar berapapun untuk jasa penggantinya. Dan anda bisa menggunakan peluang ini, untuk mendapatkan tambahan selama puasa dan lebaran.


Itulah beberapa usaha bulan puasa dan lebaran yang menjanjikan. Semoga informasi tersebut dapat menjadi referensi anda, yang sedang mencari usaha saat puasa dan juga lebaran. Dan semoga bermanfaat untuk anda.

Artikel Terkait