Sabtu, 21 Mei 2016

Jualan Makanan dan Kue Di Bulan Puasa Yang Laris

Jualan Makanan dan Kue Di Bulan Puasa Yang Laris - Menyambut bulan suci Ramadhan pastinya akan disambut dengan penuh suka cita oleh para umat Muslim di seluruh dunia. Dimana pada bulan suci tersebut merupakan bulan yang dimanfaatkan untuk meningkatkan iman dan taqwa pada Allah SWT. Tak hanya meningkatkan amal ibadah saja, di bulan puasa akan banyak keberkahan yang bisa didapatkan salah satunya yaitu rezeki.

Sudah menjadi hal yang umum jika pada bulan Ramadhan kebutuhan berbelanja semakin meningkat terutama pada kebutuhan sandang dan pangan. Hal tersebut tentu dapat dimanfaatkan oleh semua orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak hanya para pengusaha yang sudah sukses saja yang bisa melakukan usaha tau bisni, namun semua orang pun bisa untuk mencoba usaha. Bulan puasa biasanya identik dengan aneka takjil dan menu sahur, tak heran jika banyak orang yang memanfaatkan peluang ini sebagai usaha sampingan saat menjelang puasa. Usaha sampingan pada saat bulan puasa dinilai memang sangat efektif dan memberikan banyak keuntungan. Nah, bagi anda yang ingin mencoba usaha sampingan di bulan puasa, Mungkin beberapa ide atau inspirasi usaha berikut ini bisa membantu anda.

Jualan Makanan dan Kue Di Bulan Puasa Yang Laris

Ilustrasi Jualan Makanan dan Kue Di Bulan Puasa Yang Laris sumber tempo.co


Aneka Camilan dan Gorengan


Jualan makanan dan kue di bulan puasa pertama yang bisa anda coba yaitu anda bisa berjualan aneka camilan dan gorengan yang murah meriah. Makanan-makanan tersebut banyak dicari sebagai menu untuk berbuka puasa. Kebanyakan orang akan memilih memakan camilan pada waktu berbuka puasa hingga menjelang waktu tarawih tiba. Karena jika langsung menyantap hidangan nasi, sebagian orang akan merasa kurang nyaman.
Oleh karenanya, anda bisa menjual beberapa gorengan seperti tempe goreng, tahu goreng, ubi goreng, pisang goreng, bakwan, molen maupun martabak. Untuk camilannya, anda bisa membuat aneka keripik dan aneka makanan kemasan. Agar lebih menarik perhatian para pelanggan, pastikan makanan yang anda produksi mempunyai kualitas yang baik agar pembeli selalu ingin membelinya lagi.


1.Minuman atau Es


Salah satu menu buka puasa yang paling dicari yaitu minuman yang menyegarkan. Minuman dingin sangat cocok dijadikan minuman pembuka karena dapat digunakan untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Dengan demikian, anda bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai salah satu jualan makanan dan kue di bulan puasa yang bakal laku keras. Tidak terlalu sulit menentukan minuman yang bisa anda jual tersebut karena minuman yang menyegarkan  memang banyak macamnya. Anda bisa membuat minuman seperti es buah, kolak, es pisang hijau, bubur kacang hijau dan masih banyak lagi. Ada baiknya, sebelum anda menjual minuman-minuman tersebut anda harus memberikan tester dulu kepada orang-orang terdekat. Hal ini dimaksudkan agar nantinya produk yang anda jual memiliki kualitas yang menjanjikan sehingga bisa bersaing dengan penjual yang lain. Anda bisa menjual minuman-minuman tersebut pada tempat yang sekiranya banyak orang untuk berlalu lalang.


2.Buah-Buahan


Agar tubuh terjaga kesehatan dan kebugarannya selama menjalankan puasa, tentu dibutuhkan beberapa asupan nutrisi penting yang harus tercukupi. Untuk mendapatkan nutrisi penting tersebut anda bisa mengkonsumsi buah-buahan yang mempunyai banyak kandungan vitamin yang tinggi. 
Untuk itu pastikan buah-buahan selalu tersedia di dalam kulkas untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dengan tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, maka tubuh tetap dalam keadaan fit. Nah, hal tersebut bisa anda manfaatkan untuk menjalankan bisnis sampingan dengan berjualan buah-buahan segar. Tak hanya buah-buahan saja, anda dapat melengkapinya dengan berbagai bahan olahan untuk membuat jajanan takjil seperti buah blewah, timun suri, kolang kaling, dan waluh untuk bahan pembuatan kolak.


3.Makanan Takjil Bulan Puasa


Kebanyakan orang sering tidak sempat untuk membuat hidangan untuk berbuka puasa, entah karena aktivitas yang padat atau karena malas untuk membuatnya. Padahal, makanan takjil banyak dicari untuk melengkapi menu buka puasa. Anda bisa mencoba membuat aneka jajanan yang beraneka ragam seperti agar-agar, caramel, kue bolu, dan sebagainya. Jajanan-jajanan tersebut dibuat dengan bahan yang sederhana, sehingga anda dapat mengemasnya dengan lebih kreatif lagi. Untuk itu anda bisa mencoba peruntungan melalui jualan makanan dan kue di bulan puasa yang pastinya akan laris manis.


Anda bisa membuat aneka jajanan yang lain dari biasanya untuk menarik minat para pembeli. Buatlah produk yang lebih kreatif dan menggunakan produk-produk yang berkualitas agar jajanan yang anda produksi bisa menjanjikan. Dengan begitu, jajanan yang anda jual akan selalu habis di borong oleh para pembeli.Untuk tempat berjualan, sebaiknya pilihlah tempat yang strategis sehingga para pembeli dapat melihat lapak atau warung anda. 


4.Kue Kering 


Beberapa orang mungkin tidak mempunyai banyak waktu untuk membuat kue yang enak untuk disajikan pada hari lebaran. Entah karena tidak tidak sempat atau memang kurang memahami cara membuatnya. Jika anda sudah mempunyai keahlian dalam membuat kue yang enak maka anda bisa mencoba bisnis yang satu ini sebagai jualan makanan dan kue di bulan puasa yang satu ini. Keahlian tersebut bisa anda gunakan sebagai modal untuk membuat kue-kue yang lebih kreatif. Kue lebaran memang makanan yang paling dicari ketika di hari kemenangan untuk hidangan para tamu ketika berkunjung dan bersilahturahmi. 

Sebelum kue-kue yang sudah anda buat tersebut diperjualbelikan anda harus mempromosikan produk anda pada orang-orang terdekat dahulu. Buatlah tester untuk para ibu-ibu pengajian sehingga bisa menilai kue buatan anda tersebut. Setelah mendapat beberapa masukan, pastinya kue anda akan akan lebih dikenal. Dari situlah anda bisa mengembangkan kue buatan anda agar lebih terlihat inovatif.


5.Paket Menu Buka Puasa dan Paket sahur


Setelah menyantap beberapa hidangan pembuka puasa pastinya perut akan diisi oleh nasi untuk memulihkan stamina kembali.  Namun karena banyaknya aktivitas, tentu membuat hidangan tersebut masih terasa merepotkan. Anda bisa mencoba jasa catering yang dikemas dalam bentuk nasi box maupun prasmanan.Ketika Ramadhan, banyak instansi yang biasanya mengadakan acara buka puasa dan sahur bersama. Dengan memanfaatkan hal tersebut anda bisa jualan makanan dan kue di bulan puasa yang dengan system delivery order. Promosinya, anda bisa membuat selebaran yang diberikan secara door to door. Nah, pasti orang-orang akan tertarik dan tidak akan direpotkan dengan hal-hal mengenai persiapan hidangan. Agar lebih luas jangkauan bisnis tersebut, anda bisa mempromosikannya pada media social. 


Nah itulah tadi beberapa contoh jualan makanan dan kue di bulan puasa yang bisa anda  coba Semoga dengan membaca artikel kali ini bisa menginspirasi anda kedepannya dan jangan lupa untuk membaca artikel lain nya ya! yang tentunya bisa menginspirasi anda agar lebih sukses dan maju dalam menjalankan usaha dan bisnis. Terima kasih banyak karena sudah mampir

Artikel Terkait