Selasa, 17 Mei 2016

Inspirasi Bisnis Anak muda dengan Omset 300 Juta


Inspirasi Bisnis Anak muda dengan Omset 300 Juta - Siapa sangka dengan modal 30 ribu orang ini bisa sukses dan sekarang menghasilkan 300 juta perbulan? Usaha asal dilakonkan dengan kemuan, ketekunan dan niat yang kuat dapat membuahkan hasil yang memuaskan. Pada umumnya banyak orang yang mengeluh masalah modal? Sebenarnya modal bukanlah penghalang untuk menuju kesuksesan, pasalnya pria asal Madua ini menceritakan pada awalnya dia dan sang istri serta anaknya ke Yogyakarta hanya berbekalkan uang sebesar Rp.30 ribu. Pada saat itu dia harus berfikir keras dan memutar otak agar uang tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang nantinya bisa digunakan untuk menyambung hidup di Yogyakarta. 

Kini, dia memiliki resto Mr Teto (Madura Sate dan Soto) dengan omset hingga ratusan juta rupiah per bulan. "Omzet saya per hari rata-rata Rp10 juta atau sekitar Rp300 juta per bulan. Sekarang sudah punya dua tempat. Ini satu-satunya sate yang bisa delivery," katanya kepada Sindonews, belum lama ini.

Dia adalah Junaidi yang  mengawali karir nya dari nol. Dengan hanya bermodalkan  Rp30 ribu dia belikan daging ayam 1,5 kg yang kemudian dibuat puluhan tusuk sate. Tak terduga, satenya langsung habis terjual. Di hari kedua, sate yang dia jual langsung habis dalam waktu 10 menit, sungguh luar biasa. Kemudian dari situlah karir nya mulai meningkat dan setelah satu bulan membuat gerobak dan berjualan keliling hingga memiliki lima buah gerobak dalam jangka waktu enam bulan. Dia puan berjualan keliling selama lima tahun, namun memasuki tahun keenak, Junaidi memberanikan diru untuk membuat eesto yang dia beri nama Mr Teto. Sering kali dia mendapatkan masalah lantaran banyak orang yang iri dan dengki dengannya, namun hal tersebut sama sekali tidak membuat dia putus asa dan menyerah.

Sumber gambar: http://ekbis.sindonews.com


Kemudian dia akhirnya mengikuti sebuah seminar Oneintwenty Movement dan bergabung dengan gerakan ini. Dalam Workshop Oneintwenty ini banyak mendapatkan pengalaman yang diberikan oleh para pelaku UMKM. Dia pun mengakui bahwa sebelumnya hanya sebagai orang yang hanya menjalankan usaha, tanpa berpikir bagaimana untuk berkembang.

"Masuk ke sini (Oneintwenty Movement) seakan-akan mengetahui peta bisnis, kapan saatnya kita ngerem dan kapan harus ngegas. Saya kut seminar ini dan kita sadar apa kesalahan dalam bisnis saya. Waktu itu saya hanya mengikuti komunitas sate. Sedangkan bisnis besar dan pemikiran belum ada. Kini banyak komunitas yang saya ikuti," tuturnya.

Sebenarnya dia sudah sejak lama ingin membuka resto, namun baru sekarang ini bisa terwujud. Mr Teto adalah ide yang sudah dia pikirkan sejak lama. Itulah rezeki tidak lari kemana-manan dan setelah bergabung  dengan Oneintwenty Movement, bisnisnya mengingkat drastis, yaitu 180 derajat, tidak hanya sate. Dia mengakui, banyak ilmu dan pelajaran yang didapat dari Smartpreneur.


"Jadi, dalam berbisnis itu, kita enggak perlu terburu-buru membuka banyak cabang. Tetapi perbaiki dulu sistemnya, kalau sistemnya sudah bagus, maka mau buka 10 cabang pun akan tetap bagus bisnis itu," ujarnya.

Kini, dia sudah memiliki 23 karyawan. Bahkan, banyak investor yang sudah menawarkan kerja sama untuk membuka Mr Teto di beberapa daerah. Bagaimana apakah Anda masih ragu dalam mengembangkan bisnis atau usaha? Memabangun bisnis itu tidak mudah dan kebanykan dari mereka yang sukses adalah mereka yang memulai karirnya dari nol.

Artikel Terkait