Sabtu, 21 Mei 2016

Cara Memulai Bisnis Busana Muslim Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Busana Muslim Untuk Pemula - Bisnis busana merupakan bisnis yang tidak akan surut karena mencakup kebutuhan pokok bagi manusia yaitu sandang. Peluang untuk bisa sukses dan berkembang tersebut masih dapat dimaksimalkan secara optimal. Namun untuk meningkatkan bisnis tersebut masih terdapat kendala yaitu banyaknya persaingan   dan modal yang harus di keluarkan.

Salah satu cara untuk menarik perhatian konsumen dan dapat memenangkan persaingan adalah dengan membuat merk atau brand sendiri. Namun, membuat brand sendiri tentu membutuhkan modal besar dan proses yang cukup panjang. Dengan demikian cara tersebut tidak cocok jika anda ingin memulai bisnis busana Muslim yang notabene masih pemula. Banyak pemula yang mempunyai modal minim justru gulung tikar karena kehabisan modal di tengah jalan.Adanya permasalahan tersebut anda harus lebih teliti dan berhati-hati untuk memulai bisnis.Agar bisnis yang anda jalankan dapat bersaing di dunia fashion, berikut terdapat cara memulai bisnis.


Busana Muslim untuk pemula yang harus anda pelajari



1.Mulai Dengan Menjadi Dropshipper Atau Reseller

Bagi anda yang masih pemula dan ingin terjun di dunia bisnis fashion, cara cara memulai bisnis busana Muslim untuk pemula yang pertama yaitu anda bisa memulai dengan menjadi dropshipper atau reseller terlebih dahulu, terlebih jika anda mempunyai keterbatasan dalam modal. Anda diharuskan untuk bisa mahir dan terus belajar dalam hal pemasaran pakaian tersebut. Untuk itu, anda harus fokus sehingga keahlian memasarkan produk sudah dikuasai.


Carilah supplier yang terpercaya yang bisa diajak kerja sama dengan baik. Mencari supplier memang gampang-gampang susah. Ada tipe supplier yang mempunyai produk bagus tapi sulit untuk diajak kerja sama. Begitu juga sebaliknya, ada supplier yang bisa diajak kerja sama namun kualitas yang diberikan tidak sesuai. Nah, anda tidak perlu terburu-buru dalam memutuskan hal tersebut. Minimal anda bisa memilah-milah produk mana yang patut di jual belikan. Yang terpenting, bisnis anda bisa jalan oleh beberapa supplier agar nantinya anda bisa memastikan, supplier mana yang layak untuk dilanjutkan.


2.Berjualan Dengan Ilmu

Jika supply produk dirasa sudah cukup baik, sekarang anda bisa fokus menjual produk sebanyak-banyaknya. Karena modal yang anda punya masih minim, anda bisa berjualan secara online dengan system dropship. Memang terdapat beberapa keuntungan jika berjualan dengan system dropship. Yang pertama, anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk masalah stock produk. Yang kedua, anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat usaha bisnis anda.

Saat ini penjualan dengan system dropship memang menjadikan peluang yang menjanjikan bagi siapa saja yang ingin mencoba cara memulai bisnis busana Muslim untuk pemula. Selain untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja, system dropship juga dapat meminimalisir modal yang akan dikeluarkan. Yang terpenting, anda internet yang bisa mempromosikan jualan anda sehingga bisa bertambah luas.


3.Mulai Menstock Pakaian Sendiri

Setelah beberapa waktu berjalan, tentunya anda mendapatkan beberapa laba yang diperoleh. Nah, dari hasil keuntungan tersebut anda bisa mengumpulkan dari berapa persen laba untuk modal perkembangan usaha yang selanjutnya. Pada tahap yang atau ini anda sudah mempunyai modal cukup untuk bisa menstock produk sendiri. Anda bisa meningkatkan pemasaran online anda agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.Karena anda sudah bisa menstock produk, terdapat ilmu yang harus anda kuasai yaitu dalam hal managemen persediaan barang. Anda harus bisa mencatat barang masuk dan keluar . Catatan tersebut harus tercatat rapi agar anda bisa melihat perkembangan penjualan anda.


4.Menentukan Lokasi

Ketika laba yang anda dapatkan sudah cukup untuk membayar uang sewa anda bisa menentukan lokasi untuk toko jualan. Carilah sewa tempat yang strategis agar mudah dijangkau oleh masyarakat. Anda bisa menentukan lokasi yang berada di pusat-pusat perbelanjaan yang sekiranya banyak orang untuk berlalu-lalang. Tidak perlu khawatir jika uang sewa yang ditawarkan tinggi, jika lokasi anda memang strategis orang-orang akan mudah menemukan toko anda sehingga lebih dikenal  oleh orang banyak. Sehingga hal tersebut dapat menambah nilai plus tersendiri untuk memajukan usaha anda.
Tak hanya lokasinya saja yang harus diperhatikan, cara memulai bisnis busana Muslim untuk pemula juga harus memperhatikan pesaing dalam lingkup bisnis yang dijalankan. Anda bisa menganalisa poin-poin rival bisnis yang mereka berikan sebagai bahan pertimbangan. Misalnya, apakah mereka memberikan penawaran khusus atau anda produk-produk yang menjadi best seller di toko mereka. Dengan begitu, anda bisa meningkatkan kualitas produk yang akan diperjualbelikan. 


5.Memulai Produksi Sendiri

Sebelum anda memulai produksi sendiri banyak hal yang harus anda pelajari mulai dari menentukan bahan, proses pembuatan produk dari tahap awal sampai akhir dan manajemen karyawan produksi. Saat anda mulai mempelajari hal tersebut akan menguras tenaga dan pikiran. Karena pada tahap ini terdapat kemungkinan resiko, tetapi keuntungan yang anda dapatkan akan berkembang pesat jika anda mampu melalui tahap yang satu ini.

Cara memulai bisnis busana Muslim untuk pemula yang satu ini anda akan bisa meraup keuntungan yang lebih besar dari sebelumnya. Namun hal yang harus anda ketahui anda juga harus menguasai marketing barang anda. Beberapa orang mungkin sudah merasa puas jika sudah mampu menstok dan mempunyai toko fisik. Namun, alangkah baiknya jika anda mempunyai kenaikan level sehingga akan dapat membesarkan bisnis anda. Dengan anda mencoba memproduksi sendiri, anda mempunyai control penuh dalam mengendalikan bisnis tersebut.


6.Membangun Sistem Kemitraan

Tahap ini merupakan tahap terakhir untuk memulai bisnis busana Muslim hingga anda bisa memanagenya. Anda bisa membuat system kemitraan yang dibentuk seperti distributor, reseller maupun agen. Jika pembelian dalam jumlah besar maka anda bisa memberikan paket distributor, paket sedang untuk pembelian sedang dan reseller untuk pembelian dalam jumlah kecil.

Pada tahap akhir ini anda tinggal menjalankan bisnis anda agar bisa bertahan dan meningkat sehingga berani bersaing dengan produk unggulan lainnya. Utuk itu, anda harus melayani mitra bisnis anda tersebut sebaik mungkin.


Itulah ha-hal yang harus diperhatikan sebagai cara memulai bisnis busana Muslim untuk pemula agar bisa berkembang dan mendapat keuntungan. Yang terpenting, anda harus bekerja keras dan berusaha semaksimal mungkin untuk bisnis anda tersebut.

Artikel Terkait