Jumat, 15 April 2016

Tips Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

Tips Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah - Setelah lulus dari perguruan tinggi memang sangat membanggakan, namun setelah itu ada banyak PR yang harus kita kerjakan seperti salah satunya adalah mendapatkan pekerjaan. Setelah lulus dari kuliah memang agak sulit untuk mendapatkan pekerjaan, apa lagi sekarang ini jumlah kelulusan setiap tahuannya mencapai ribuaan bahkan jutaan. Kita harus bisa bersaing dalam mendapatkan pekerjaan dan rata-rata perusahaan merekrut orang yang memiliki pengalaman kerja, akan tetapi setelah lulus apakah kita sudah memiliki pengalaman kerja? Mungkin hanya beberapa persen saja mereka yang kuliah sambil kerja, namun persentase yang diutamakan oleh beberapa perusahaan adalah mereka yang mampu dalam mengatasi kinerja perusahaan. Persaingan pencari kerja terbilang ketat, apa lagi kita harus memiliki nilai baik serta beberapa keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Kebanyakan dari mahasiswa mungkin berfikir setelah tamat kuliah langsung mendapakan pekerjaan? Ya, sekarang ini memang banyak pekerjaan, namun kebanyakan dari mahasiswa gengsi dan tidak mau karena tidak pantas dengan pendidikan yang mereka timba selama ini. Dalam mencari kerja uatamakanlah pengalaman apa pun pekerjaan itu lakoni saja dan jangan pernah malu, meskipun Anda sudah sarjana dan sekiranya kalau ada pekerjaan lain yang lebih baik barulah berpindah. Bagi Anda yang baru saja mendapatkan gelar sarjana, namun bingu mau kerja apa, mungkin berikut ini ada beberapa tips nya!


Tips Ampuh Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah






1. Pekerjaan Sukarela 

Cara mencari pekerjaan setelah lulus kuliah itu bukan perkara yang mudah, namun sekarang ini persaingan begitu ketat serta skill adalah kunci utama dalam mendapatkan pekerjaan yang pantas untuk Anda. Namun, waktu ketika Anda sedang menganggur dan waktunya untuk mencari pengalaman serta mengasah skill adalah dengan menjadi pekerja sukarela. Carilah komunitas yang sesuai dengan minat Anda, cari apakah Anda yang bisa dibantu? Selama Anda menganggur maka selama itu pikiran akan buntu, namun dengan menjalin relasi dan bekerja sukarela di suatu komunitas itu tidak hanya akan memberikan pengalaman baik bagi Anda, namun akan mengasah keterampilan Anda.


2. Menjadi Freelance

Sudah banyak kisah sukses anak kuliahan yang cuma fokus dengan kegiatan freelance nya bisa menghasilkan puluhan,bahkan ratusan juta perbulan. Jika Anda bingung mencari pekerjaan, mungkin menjadi freelance atau pekerja lepas adalah opsi tebaik yang bisa Anda coba. Menjadi freelance tidak hanya melatih skill dan keterampilan Anda saja, namun disana Anda akan mendpatkan banyak relasi dan jaringan yang pada akhirnya Anda akan menjadi sukses. Beberapa contoh kegiatan freelance yang banyak dilakukan oleh para mahasiswa adalah writing job, desain, foto editing dsb. 


3.Magang

Cukup banyak perusahaan yang menerima karyawan yang baru lulus, tapi jumlahnya kalah banyak dengan jumlah lulusan perguruan tinggi setiap tahun. Tidak adanya pengalaman menyebabkan fresh graduate ‘kalah’ dalam persaingan bursa kerja.

Sebenarnya hal ini bisa diakali dengan banyak melakukan internships alias magang. Satu tahun saja cukup untuk memperkaya CV Anda dengan pengalaman sekaligus sebagai ajang Anda belajar.


4. Rajin lihat lowongan kerja

Yang terakhir adalah Anda haru selalu memantau lowongan kerja baik itu di media seperti koran, majalah, brosur dan Internet. 

Intinya jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan, maka saran kami adalah jangan terlalu pemilih apalagi bagi Anda yang belum punya pengalaman. Meski Anda diterima di posisi yang tak sesuai dengan pendidikan Anda, sebaiknya Anda pikir-pikir dulu. Siapa tahu, ini adalah kesempatan bagi Anda untuk mengembangkan potensi Anda yang lain.

Artikel Terkait