Jumat, 15 April 2016

Peluang Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa Modal Kecil

Peluang Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa - Ingin memulai usaha namun bingung usaha apa? Bagi Anda yang ingin memulai usaha dengan modal kecil, maka salah satu usaha yang mungkin bisa Anda jalankan adalah usaha keripik singkong dengan banyak rasa. Usaha ini terbilang mudah dan bisa dikerjakan di rumah, selain itu bahan baku yang dibutuhkan pun cukup mudah dicari. Singkong sebagai bahan utama dalam usaha ini terbilang murah dan Anda bisa datang langsung ke kebunnya dan meminta petani untuk memberikan harga yang tidak terlalu tinggi. Bicara mengenai peluang usaha keripik singkong ini, saya pikir menjadi pertimbangan yang cukup baik, pasalnya kripik singkong ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Kripik singkong merupakan jenis cemilan kering yang diminati oleh banyak masyarakat, pada umumnya adalah anak-anak hingga orang dewasa. Rasanya yang renya serta gurih membuat cemilan ini tak pernah sepi dari hadapan kita. Cemilan ini sangat cocok untuk menemani waktu luang khusunya pada saat bosan dan nonton di rumah. Dalam usaha ini hal yang paling penting adalah menciptakan inovasi, oleh sebab itu pada artikel kali ini kami menawarkan Anda untuk mencoba keripik singkong dengan aneka rasa sehingga konsumen bisa memilih lebih banyak lagi paduan rasa.




Peluang Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa Modal Kecil

Ilustrasi usaha keripik singkong sumber gambar: archive.kaskus.co.id


Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai keripik singkong, maka hal utama yang sebaiknya Anda perhatikan adalah kualitas singkong ini. Ada beberapa jenis singkong yang ditanam pada umumnya, namun sebaiknya untuk menjaga kualitas sebaiknya Anda bertanya terlebih dahulu kepada petaninya mengenai jenis singkong yang baik untuk keripik. Saya pikir petani atau sang penjual cukup pahal masalah tersebut, selain itu Anda juga harus melihat minat di sekeliling Anda apakah disana bagus atau tidak jika di dirikan usaha keripik ini. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha kripik singkong ini. Silakan perhatikan hal berikut ini!

1. Modal Usaha

Modal adalah hal penting dalam usaha dan modal ini kerap kali menjadi kendala ketika kita ingin memulai usaha atau bisnis. Untuk memulai usaha ini untungnya tidak menggunakan banyak modal dan selain modal uang ada beberapa modal penting lainya yang harus Anda perhatikan seperti modal pengetahuan, modal relasi, modal informasi dsb. Memang modal uang itu sangat penting, namun jika kita tidak punya skill atau kemampuan lebih, maka usaha yang kita jalankan bisa saja berhenti di tengah jalan. 

2. Strategi Tempat 

Pada umumnya usaha keripik singkong ini kita jual dari toko ke toko atau warung ke warung, namun Anda juga harus memperhtikan tempat atau lokasi pembuatan keripik ini. Jika baru mulai dan belum memiliki banyak modal, mungkin saran kami Anda bisa memanfaatkan lahan yang Anda seperti gudang bekas atau rumah sebagai tempat pengelolaan usaha Anda.

3. Resep dan Bumbu 

Disini kita bicara mengenai keripik singkong aneka rasa, maka Anda harus pandai dalam meracik bumbu nya. Sekarang ini ada banyak jenis bumbu keripik yang dijual dipasaran, mungkin untuk langkah awal ini Anda bisa membelinya terlebih dahulu.

4.Karyawan atau Tenaga Kerja

Jika Anda ingin memulai usaha ini lebih cepat mungkin Anda bisa mencari beberapa karyawan yang memudahkan pekerjaan Anda. Carilah karyawan yang jujur dan handal dalam bekerja. Selain itu beri lah upan yang layak, jangan sepeerti beberapa kasus perusahaan memberikan gaji yang tidak layak kepada karyawan nya.

5. Pilihlah packing atau Kemasan yang Baik

Kemasan sebenarnya masuk dalam kategori promosi dan marketing hal ini sangat penting untuk diterapkan dalam bisnis Anda. Pada umumnya jajanan atau makanan dengan kemasan menarik tentu lebih disukai oleh konsumen. Konsumen tentu ketika membeli pasti memperhatikan kemasan bukan rasa, oleh sebab itu pilihlah kemasan yang menarik dan bisa menimbulkan kepenasaran.



6. Strategi Marketing dan Promoting

Jika usaha Anda ingin maju dan laris, maka hal yang paling penting adalah promosi dan pemasaran. Sekarang ini zaman semakin canggih dimana orang mencari segalanya melalui Internet. Mungkin Anda bisa memasarkan produk Anda melalui Online dengan cara beriklan di Facebook, Google dan membuat website untuk produk Anda. Selain itu hal penting lainya dalam hal promosi adalah dengan memasang banner atau spanduk di tempat umum fungsinya agar orang bisa mengenal usaha Anda.

Tidak banyak yang bisa kami sampaikan terima kasih sudah mampir dan membaca artikel kali tentang Peluang Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa Modal Kecil, semoga setelah membaca artikel kali ini bisa memberikan Anda ide maupun inspirasi kedepannya!

Artikel Terkait