Minggu, 24 April 2016

Cara Fokus dan Konsisten dalam Menjalankan Bisnis

Cara Fokus dan Konsisten dalam Menjalankan Bisnis - Tantangan terbesar dalam memulai bisnis adalah banyaknya bayangan yang akan mengecohkan kita saat dalam perjalanan. Awal-awal dalam memulai bisnis atau usaha memang amat sulit karena brand kita belum begitu banyak dikenal orang dan lebih ironisnya lagi pada wala-awal ini pelanggan selalu sepi? Tidak diragukan lagi banyak orang yang menyerah dan akhirnya gulung tikar karena tidak siap menerima mental tersebut. Lantas bagaimana cara meningkatkan kefokusan dan konsinstenitas dalam menjalanakan bisnis? Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan kenapa usaha kita begitu lambat berkembang? Seperti pelayanan, marketing, iklan dsb. Jika usaha yang kita jalankan belum sampai 1 tahun, maka jangan pernah menyerah karena masa tersebut adalah masa dimana Anda memperkenalkan bisnis Anda agar banyak orang tau.

Dalam menjalankan bisnis ini jatuh bangun itu biasa, namun yang tidak biasa adalah belum mencoba dan kemudian menyerah. Gairan dan semangat sangat diperlukan dalam membangun bisnis, oleh sebab itu membaca buku, menjalin relasi, diskusi dan selalu movitasi diri itu sangat penting bagi seorang pembisnis. Seorang pembisnis pada dasarnya memiliki sifat mulia artinya mereka bisa selalu tabah, kuat, saling menghargai, mau mendengarkan orang lain, mencari banyak relasi dsb. Untuk menguatkan diri dalam menjalankan bisnis ini sebaiknya kita harus banyak becermin dari bisnis orang lain selain itu membaca buku mengenai motivasi juga sangat penting agar kita semangat kembali, baiklah berikut ini ada beberapa tips agar kita bisa fokus dan konsisten dalam menjalankan usaha.


Cara Fokus dan Konsisten dalam Menjalankan Bisnis




1. Ingat Tujuan dan Mimpi kita


Dalam menjalankan bisnis terkadang ada rasa malas, panik, lemas dan bahkan putus asa? Ya, semua itu adalah hakikat manusia, namun perlu diingat bahwa Anda masih memiliki mimpi yang belum diwujudkan. Ingat kembali tujuan dan mimpi Anda yang belum terwujud. Tanyatan kepada diri Anda, apakah saya akan berhenti disini? Orang sukses biasanya diawalai dari mimpi besar dan tujuan hidup yang selalu memotivasi dia agar selalu berusaha. Jika Anda sedang memiliki perasaan yang kacau, cobalah untuk menginat mimpi Anda kembali gunannya agar Anda bisa bersemangat dan fokus kembali dalam menjalankan bisnis.


Baca Juga: Cara Berkomunikasi Yang Baik Dan Benar Di Tempat Kerja



2. Bekerja sesuai dengan keahlian (Passion)

Pekerjaan yang didoraong karena hobi dan kata hati biasanya lebih menyenangkan, ketimbang bekerja dengan memaksakan diri. Dengan passion Anda bisa bekerja dengan ikhlas, tulus. Itulah alasannya kenapa banyak para pengusaha dunia yang sukses? Karena mereka bekerja sesuai dengan passion mereka dengan beitu mereka bisa fokus dan konsisten dalam menjalankan bisnis tersebut, walaupun di awal hasilnya sangat sedikit, namun tidak menutup kemungkinan nantinya bisa membuahkan hasil yang sangat besar. Coba, tanyakan kepada diri Anda, apakah usaha yang saya jalankan ini sesuai dengan passion atau hobi saya? Jika tidak, maka Anda harus mulai mencintai nya simple bukan?



3.Ingat orang di sekitar Anda (Keluarga)

Jika ada pikiran ingin menyerah dan menutup bisnis ini, maka ingatlah orang disekitar Anda, khusunya keluarga. Anda berjanji ingin membahagiakan mereka melalui bisnis yang Anda bangun, namun Anda sendiri menyerah? Selain itu dukungan dari keluarga dan orang yang kita cintai sangat penting agar bisnis yang kita banung bisa berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu Anda harus meminta restu keluarga setiap ingin membangun usaha atau bisnis, agar mereka senantiasa mendukung Anda. Mulailah curhat dan terbuka dengan keluarga setiap kali Anda mendapatan masalah dalam urusan bisnis. Mungkin, keluarga bisa memberikan solusi terbaik, kalaupun tidak bisa menyemangati dan mendukung Anda.


4. Selalu berfikir positif


Seorang pembisnis harus selalu berpikir positif dan jernih. Memang saya akui terkadang ada saja pikiran yang mengacaukan kita dan tak, heran sikap galau pun menghantui kita, namun tidak bagi Anda! Anda adalah seorang pembisnis Anda harus kuat dan bisa menghadapinya dengan tenang. Tumbuhkanlah sikap positif dalam diri Anda agar Anda bisa mendapatkan kualifikasi diri yang lebih baik. 


5. Belajar dari orang sukses

Dalam bisnis ataupun apa itu, kita harus bisa belajar dari kesuksesan orang lain, misalkan saja kita belajar dari pendiri Facebook, yaitu Mark Elliot Zuckerberg. Kita tau bahwa dia sejak kecil sudah  sudah menyukai dunia pemrograman komputer. Pada usia yang ke 12, ia membuat sebuah program messaging sederhana untuk digunakan di kantor ayahnya yang seorang dokter gigi, agar resepsionis tidak perlu berteriak-teriak memanggil nama pasien. Ia juga beberapa kali kerap membuat game sederhana bersama teman sehobinya kala itu. Kita tau bahwa Mark Zuckerberg adalah slah satu anak muda tersukses dan terkaya di dunia. Dengan bermodalkan passion dan kecintaanya di dunia pemerograman lantas mendorong ia menjadi orang sukses. Untuk meningkatkan kualitas semangat kita, maka sangat baik sekali kita selalu mambaca dan mengetahui tentang kisah hidup orang sukses. Saya yakin kebanyakan dari orang sukses di dunia ini awalnya mereka juga susah dan sengsara? Namun, berkat semangat, kefokusan dan konsistenitas mereka bisa membangun bisnis hingga sekarang.





6.Selalu bersemangat

Semangat dalam bekerja dan bisnis memang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan semangat itu terkadang amat sulit, namun ada beberapa cara sederhana yang mungkin bisa membantu Anda dalam meningkatkan semangat. Pertama Anda harus bergabung dengan rekan atau orang yang memiliki passion atau hobi yang sama dengan Anda. Kedua carilah orang yang bisa menghargai Anda dan mendengarkan setiap perkataan Anda, tentunya Anda juga harus mau mendenagrkannya. Ketiga saya yakin kita pasti memiliki ingatan atau masa lalu yang buruk, oleh sebab itu jika Anda ingin semangat maka buang jauh-jauh ingatan itu dan selalu berpikir jenih.



7. Bisa memotivasi diri

Semangat lain halnya dengan memotivasi diri. Biasanya dari kita sangat pintar dalam memotivasi orang lain dan lupa untuk memotivasi diri sendiri. Cara sederhana untuk memotivasi diri agar selalu ersemangat adalah pada point 6 dan tambahan lagi yaitu dengan membaca banyak buku motivasi. Itulah tadi sedikit informasi mengenai Cara Fokus dan Konsisten dalam Menjalankan Bisnis, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua!

Artikel Terkait