Jumat, 22 April 2016

Cara Berkomunikasi Yang Baik Dan Benar Di Tempat Kerja atau Kantor

Cara Berkomunikasi Yang Baik Dan Benar Di Tempat Kerja atau Kantor? - Apakah Anda bingung bagaimana cara untuk berkomunikasi atau menjalin hubungan yang baik dengan sesama karyawan? Kecakapan dalam berkomuniksi dan berinteraksi dapat menimbulkan aura positif di tempat kerja karena prilaku orang akan tecermin dari sikap ia berbicara dan berkomunikasi. Ada orang yang blak-blakan, meski di tempat kerja hal tersebut tentu tidak baik. Dalam berkomunikasi kita harus pandai menempatkan diri misalkan saja di kantor, tentu komunikasi serta intonasi bicara kita berbeda saat bertemu dengan teman di luar. Hal ini yang banyak membut orang gagal karena salah dalam menempatkan diri saat berkomunikasi. Atasan biasanya sudah bisa menilai kita saat bicara, baik itu sikap, kepribadian serta hubungan kepada orang lain. Jadi ilmu komunikasi ini sangat penting untuk kita pelajari dan terapkan.

Saat bekerja usahakan Anda bisa menahan emosi, meskipun itu sulit karena jika Anda melakukan sedikit kesalahan tentu itu akan mencoret nama baik Anda entah itu di kantor maupun di tempat kerja. Ada beberapa tips untuk menjalin komunikasi yang baik saat bekerja, berikut adalah tips nya!

Cara Berkomunikasi Yang Baik Dan Benar Di Tempat Kerja atau Kantor


Ilustrasi Komunikasi saat bekerja sumber gambar via : www.projectmanagers.net



1.Bekerja dengan Passion dan kata hati

Hal yang biasanya membuat banyak para pegawai keluar dan mengundurkan diri adalah karena mereka bekerja tidak sesuai dengan passion. Bekerja tidak hanya bicara mengenai martabat serta mencari nafkah saja, namun bekerja itu harus sesuai dengan passion dan keterampilan kita dengan begitu barulah kita akan dikatakan besinergai dan serasi. Jika Anda bekerja dengan passion saya yakin Anda akan menemukan puncak kejayaan serta semangat kerja yang sinergi. Passion dan pekerjaan adalah point penting yang akan menjadi ciri khas dan dapat membantu Anda dalam meningkatkan energi serta semangat. 


2.Rapat Terbuka

Hal ini lebih mudah untuk berkomunikasi denga team kerja Anda. Melalui pertemuan terbuka Anda bisa mendengarkan cucuran pendapat dari teman Anda mengenai masukan, kritik dan sara yang membanun untuk perusahaan . Dalam forum semacam ini, mereka tidak akan hanya mendengar apa yang Anda katakan, mereka juga akan melihat dan merasakannya. Pendekatan ini masih tetap menjadi salah satu pendekatan terbaik untuk berkomunikasi secara efektif dengan tim.

3.Gunakan Presentasi

Beberapa orang memahami pesan dengan mudah ketika kita menjelaskan dengan gambar dan suara. Menggunakan presentasi seperti Microsoft Power Point untuk berkomunikasi dengan tim Anda akan memberi mereka kesempatan untuk memahami Anda lebih dalam lagi, selain itu persentasi ini memang sangat penting untuk membangun etos kerja team Anda.


4.Dengarkan Anggota Tim Anda

Komunikasi dimaksudkan dibagi mejadi  dua arah, yaitu jangan hanya bicara karena Anda adalah pemimpin tanpa mendengarkan orang lain. Mendorong mereka untuk membuka sehingga Anda dapat dipandu dengan baik ketika berkomunikasi dalam waktu saat bersama kereka mereka. Anda memiliki dua telinga dan satu mulut-jadi Anda harus lebih banyak mendengar daripada berbicara.



5. Buat Suasana reseptif

Untuk berkomunikasi secara efektif dengan tim Anda, Anda harus menciptakan suasana reseptif. Hindari lingkungan yang tegang di semua biaya karena ketika Anda berkomunikasi dengan cara yang terlalu intens, pesan Anda mencoba untuk berbagi mungkin tidak dipahami dengan baik atau dipertahankan


6. Kompeten

Kompeten dalam ruang lingkup kerja sangat dibutuhkan karena itu Anda dituntut untuk lebih berkompeten dan berprestasi. Jika Anda memiliki kecakapan daam satu bidang dan semua orang tau saya yakin dengan begitu akan mendapatkan kepercayaan pada pekerjaan dan dapat diandalkan untuk memprioritaskan tugas-tugas. Anda dapat memisahkan apa yang diperlukan dan menjadi fokus pada apa yang perlu dilakukan. Kehandalan seperti membuat Anda ditarik dari tanggung jawab dan harus bangga pada hal itu.


7. Jadilah Humoris Dan  Menyenangkan

Saat berkomunikasi dan berinteraksi jangan terlalu tegang, cobalah untuk menyelipkan humor atau lelucon ketika berkomunikasi dengan anggota tim Anda, hal tersebut tentu akan membantu Anda menyampaikan pesan dengan cara yang lebih santai. Metode komunikasi ini telah terbukti menjadi cara yang sangat efektif meredam ketegangan. Biasanya Orang yang memiliki kepribadian hangat selalu lebih populer dan efektif di tempat kerja. Mereka dapat berkolaborasi dengan orang lain dan dapat membuat tim kerja yang sukses. Sikap seperti ini menunjukan bahwa mereka bersedia untuk menjadi bagian dari tim dan keluarga di kantor tersebut. Menjadi seseorang yang menyenangkan akan menciptakan suasana positif dan rasa kemudahan di tempat kerja, dan Anda akan menikmati kepuasan kerja.


8.Hindari bergumam / Bicara dengan suara tidak jelas

Anggota tim Anda harus dapat mendengar Anda dengan jelas. Ketika berkomunikasi dengan mereka, mencoba sebisa mungkin untuk berbicara dengan jelas dan bukan kata-kata bergumam. Ketika Anda bergumam kata-kata atau berbicara terlalu cepat, Anda mungkin menganggap bahwa mereka jelas pada subjek. Tapi kebenarannya adalah, mereka mungkin tidak. Hal ini juga menunjukkan kurangnya kepercayaan pada bagian Anda.

Baca Juga: Bosan Di Tempat Kerja? Lakukan Hal ini Agar Menyenangkan


9.Menerima  Masukan

Jangan hanya bicara dan berjalan pergi. Berikan ruang untuk umpan balik sehingga Anda dapat mengukur efektivitas gaya Anda komunikasi. Hal ini juga akan membayar Anda hak untuk mengetahui apakah pesan Anda telah dipahami dengan baik.

Itulah tadi sedikit informasi mengani Cara Berkomunikasi Yang Baik Dan Benar Di Tempat Kerja, semoga artikel ini bisa meningkatkan komunikasi Anda saat bekerja......

Artikel Terkait