Senin, 07 Maret 2016

Kue Tradisional Dari Tepung Beras Enak dan Gurih

Kue Tradisional Dari Tepung Beras Enak dan Gurih - Ada banyak vareasi dan bahan kue yang bisa kita buat, namun salah satu bahan yang dari sejak dulu hingga sekarang masih banyak digunakan adalah tepung beras. Tepung beras adalah bahan baku yang sering orang butuhkan untuk membuat kue, salah satunya adalah jenis kue tradisional. Alasan orang lebih suka menggunakan tepung beras adalah karena struktur nya lembut. Kue serabi adalah salah satu jenis kue tradisional yang terbuat dari bahan beras. Kue serabi memliki dua macam jenis yaitu kue serabi dengan memiliki cita rasa manis dan kue serabi yang memiliki citarasa asin dan gurih. Kue serabi manis biasanya dipadukan dengan kinca sedangkan kue serabi yang asin biasanya ditaburi dengan oncom goreng pada bagian atasnya pada saat proses memasak.

Bicara mengenai jajanan tradisional dari tepung beras ni, kira-kira apa saja ya? Berikut ini ada beberapa contoh jajanan atau kue tradisional yang terbuat dari tepung beras. Bagi Anda yang ingin mencoba nya di rumah mungkin bisa mengintip sedikit resep nya. Berikut ini penjelasan dari kami!

Jenis Kue Tradisional Dari Tepung Beras Enak dan Gurih




Siapa yang tidak kenal dengan jajanan yang satu ini. Rasanya yang empuk dan enak membuat lidah siapa saja tergoda. Kue lapis yang terbuat dari tepung beras ini sangat populer sekali. Menulis artikel ini mengingatkan saya pada masa kecil dulu, dimana pada pagi hari sebelum berangkat sekolah biasanya saya sering jajan kue lapis ini. Vareasi warna nya biasanya hijau, putih dan merah atau pink. Mau tau apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue lapis tepung beras ini? Silakan lihat berikut ini!



Bahan-bahan Kue Lapis Tepung Beras

300 gramtepung beras (aku pakai tepung beras rose brand)
300 gramgula pasir (sesuai selera)
100 gramtepung sagu
4 lembardaun pandan
1 1/2 litersantan kental (aq pakai 2 buah kelapa)
1/2 sdtgaram
secukupnyapewarna makanan




Bolu kukus di beberapa daerah memiliki sebutan yang berbeda-beda ada yang menyebutnya kue mangkok atau kue gunung meletus. Kue tradisional yang melegendaris ini memang terlihat imut, cantik dan rasanya pun enak. Bagi Anda yang masih bingung ingin membuat jajanan untuk usaha, mungkin kue bolu kukus tepung beras ini bisa menjadi alternatif tebaik yang bisa Anda coba. Mau tau apa saja resep nya? 

Bahan-bahan Untuk Membuat Bolu Kukus dari Tepung Beras

200 gramtepung beras
200 gramgula pasir(terlalu manis,dikurangi aja)
250 mlsusu/ santan
2 sdtBP
1 sdtvanilla 



Cara Membuat Bolu Kukus Tepung Beras Enak dan Mudah

Campur jadi satu bahan kering 
Tuang susu,aduk pelan2, sampai rata
+
Panaskan kukusan 
Cetak adonan,masukkan ke panci pengukus yg sdh mendidih
+
Kukus selama 10-15 menit 
Angkat,sajikan
+





Siapa yang tidak kenal es cendol? Saya kira dari anak kecil hingga orang tua pasti tau dengan jajan yang satu ini. Meskipun terbilang dalam kategori minuman, ternyata es cendol ini terbuat dari tepung beras lo. Es yang bewarna hijau ini adalah salah satu minuman tradisional yang masih lestari hingga sekarang, bahkan es cendol ini sudah mendunia loh dan sudah dijual di bebeapa negara. Baiklah bagi Anda yang ingin membuat es cendol dari tepung beras berikut adalah bahan dan caranya!


Bahan-bahan Untuk Membuat Es Cendol dari Tepung Beras

100 grtepung beras
1 bungkusagar2 putih
secukupnyapasta pandan
1 litersantan
1 sdtgaram
daun pandan
es serut
secukupnyaair es
200 grgula merah
75 grgula pasir
500 mlair +

Cara Membuat Es Cendol Dari Tepung Beras

Pertama, buatlah sirup gula merah dahulu.campur gula merah,gula pasir,air dan daun pandan agar harum dan wangi.
+
Kemudian semua bahan ditas tadi masak sampai mengental.angkat dan dinginkan.
+
Rebus 600 ml santan,1/2 sdt garam dan daun pandan.masak sambil di aduk.angkat dan dinginkan
+
Campur sisa santan dengan agar2 bubuk,1/2 sdt garam,tepung beras dan pasta pandan.masak sampai mendidih.
+
Siapkan kom berisi air es.masukan adonan tepung beras dalam cetakan cendol.tekan cetakan cendol agar adonan jatuh ke dalam air es.tiriskan.
+
Tuang sirup gula merah dalam gelas,cendol dan santan.tambahkan juga es serut.sajikan





Kue Kembang Goyang Tepung Beras adalah salah satu jajanan tradisional yang sangat melegendaris. Kue ini berbahan baku utama tepung beras dan gula jawa/ Gula mrah. Rasanya yang gurih kerap membuat lidah siapa saja menjadi tergoda. Kue ini membutuhkan cetakan khusus.

Bahan-bahan Untuk Membuat Kue Kembang Goyang Tepung Beras

200 gramTepung Beras
1 sendok tehGaram
3 sendok makanGula Pasir
1 butirTelur Ayam
65 mlSantan Kental
200 mlAir

Cara Membuat Kue Kembang Goyang Tepung Beras

Pertama-tama campurkan semua bahan dan diaduk hingga rata

Panaskan minyak goreng dan masukkan cetakan kembang goyang ke dalam minyak

Setelah cetakan panas, segera celupkan ke dalam adonan kira 3/4 tinggi cetakan, kemudian masukkan ke dalam minyak panas sambil digoyang-goyang agar lepas dari cetakan

Goreng dengan api kecil agar tidak gosong

Setelah kecoklatan, angkat dan tiriskan 
Masukkan ke dalam toples agar tetap kriuk dan tahan lama/ Jangan lupa lapisi toples dengan koran atau tisu...

Sebenarnya masih banyak sekali jajanan atau kue tradisional yang berbahan utama tepung beras, namun pada artikel kali ini kami hanya bisa menyampaikan beberapa saja, semoga pada artikel berikutnya bisa kami bahas lebih mendalam lagi. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi bisnis borneo untuk mendapatkan update informasi seputar bisnis dan kuliner. Terima kasih Anda sudah membaca artikel tentang Kue Tradisional Dari Tepung Beras Enak dan Gurih

Artikel Terkait