Senin, 14 Maret 2016

Contoh Usaha Di Bidang Pendidikan Yang Menjanjikan

Contoh Usaha Di Bidang Pendidikan Yang Menjanjikan - Pendidikan adalah bidang yang sangat penting dalam kehidupan, tak heran jika orang tua kita dulu menyuruh kita agar belajar dengan giat  guna mendapatkan pendidikan yang tinggi. Kebutuhan akan pendidikan kian hari kian meningkat, pasalnya tiap tahun penerimaan murid atau siswa baru selalu bertambah. Minat akan tingginya pendidikan ternyata memberikan peluang yang bagus untuk usaha. Peluang usaha di bidang pendidikan adalah salah satu usaha yang sangat menjanjikan karena pendidikan sekarang ini bisa dikatakan kebutuhan utama dalam kehidupan manusia. Tidak hanya itu saat ini masyarakat khusunya anak-anak diwajibkan untuk menempuh pendidikan sekurang nya 9 tahun. Pemerintah tidak henti-hentinya berusaha untuk meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan. Melalui program Wajib belajar pemerintah berharap agar kedepan nya masyarakat bisa menjawab kebutuhan dan tantangan zaman.

Program Wajib belajar ini merupakan salah satu program yang gencar digalakkan oleh Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Program ini mewajibkan setiap warga negara Indonesia untuk bersekolah selama 9 (sembilan) tahun pada jenjang pendidikan dasar, yaitu dari tingkat kelas 1 Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga kelas 9 Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Melihat tingginya animo serta tegasnya pemerintah dalam mewajibkan pendidikan, maka hal ini memberikan peluang besar bagi Anda yang ingin menyalurkan usaha atau bisnis di bidang pendidikan. Apa sajakah peluang usaha di bidang pendidikan ini? Silakan simak berikut ini!


Contoh Usaha Di Bidang Pendidikan Yang Menjanjikan

Ilustraasi anak sedang belajar, sumber gambar dari : tkislamdarunnajah10.wordpress.com




1. Jualan Alat Tulis Dan Kebutuhan Sekolah


Alat tulis dan kebutuhan sekolah lain adalah hal yang paling penting ketika seseorang ingin bersekolah, nah dengan berjualan alat tulis serta kebutuhan sekolah tidak hanya mempermudah mereka, namun Anda sudah berkontribusi ke dalam ranah pendidikan. Hal ini juga akan memberikan mereka kemudahan dalam belajar. Menjelang tahun ajaran baru kita bisa melihat dimana-mana tidak hanya di toko-toko, namun Mall dan toko swalyan pun memberikan diskon besar-besaran untuk barang di bidang pendidikan ini, seperti alat tulis, buku, seragam dan sepatu. Bagi Anda yang tertarik membuka usaha di bidang pendidikan, mungkin membuka toko atau jualan alat tulis adalah pilihan terbaik yang bisa Anda coba.


2. Antar jemput sekolah


Sekarang ini banyak orang tua yang sibuk dan mengkhawatirkan anak nya jika berkendaraan dan menggunakan angkotan umum. Selain berjualan alat tulis dan seragam, mungkin usaha antar jempun anak sekolah ini adalah alternatif lain yang bisa Anda coba di bidang pendidikan. Peluang usaha antar jemput anak adalah salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan, dengan hanya bermodalahkan mobil atau sepeda motor Anda sudah bisa mengantar mereka. Untuk mobil sebenarnya tidak musti baru yang penting masih bagus, mungkin Anda bisa membeli mobil bekas yang masih berfungsi dengan baik.


Dalam menjalankan usaha antar jemput anak sekolah ini, anda juga bisa mempekerjakan orang lain yang berperan sebagai sopir. Sopir ini diharapkan agar selalu bisa stand by di sekolahan untuk mengantar dan menjemput anak-anak. Pastikan agar si sopir selalu tepat waktu agar anak-anak tidak menunggu lama. Selanjutnya yang terpenting adalah kepercayaan antara Anda dan orang tua murid, karena sekarang ini ada banyak kedok yang mengatakan jasa antar jemput anak, namun ternyata penipu atau penculik, oleh sebab itu Anda perlu menjabarkan dan menjelaskan lebih detai mengenai jasa yang Anda tawarkan kepada orang tua murid.




3. Membuka Bimbingan Belajar

Setiap orang tentu ingin agar anak mereka cerdas dan mendapatkan nilai terbaik? Saya pikir tidak ada orang tua yang menginginkan agar anak mereka itu bodoh dan tidak bisa mengerjakan soal yang diberikan guru, nah dengan program bimbel ini diharapkan agar anak mereka bisa menjawab soal yang diberikan di sekolahan. Bimbel atau bimbingan belajar ini adalah salah satu usaha yang bergerak di bidang pendidikan, jika Anda adalah sarjana yang barus selesai di wisuda dan masihbingung untuk mendapatkan pekerjaan, mungkin membuka bimbel adalah akternatif terbaik yang bisa Anda coba. Tidak hanya itu bagi Anda guru yang berpengalaman dalam mengajar, mungkin Anda juga bisa mencoba nya. Sedikit sharing kepada pembaca saya memiliki teman yang baru saja menyelesaikan pendidikan S1. Saya akui beliau memang pintar karena dapat menyelesaikan pendidikan dengan cepat, selain itu beliau juga pandai dalam berbaur dengan masyarakat. Baru 1 bulan selesai kuliah beliau mencoba untuk membuka bimbel dan ternyata minat anak untuk belajar sangat tinggi, selain itu metode serta cara pengajaran nya pun sangat bagus sehingga anak-ana sangat senang. Sekarang baru sekitar 3 bulanan beliau sudah bisa mempekerjakan rekan honorer dan mendapatkan penghasilan setidak nya 3-5 juta perbulan.

Dari kasus tersebut, bahwa pendidikan memang sangat penting dan setiap orang tua menuntut agar anak mereka cerdas. Perlu diingat jika Anda membuka usaha bimbel ini hal terpenting adalah Anda harus pandai dalam menciptakan metode pengajaran yang disukai oleh anak-anak. Belajar tidak musti tegang, namun sedikt candaan dan permainan mungkin akan membuat anak-anak senang dengan program Anda.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai Contoh Usaha Di Bidang Pendidikan Yang Menjanjikan , semoga dengan membaca artikel kali ini Anda bisa mendapatkan inspirasi kedepan nya untuk membuka atau bahkan mengembangkan usaha di bidang pendidikan........

Artikel Terkait