Kamis, 17 Maret 2016

Cara Memulai Usaha Makanan Ringan Snack Kering di Rumah

Cara Memulai Usaha Makanan Ringan Snack Kering di Rumah - Apakah Anda ingin membuka usaha makanan ringan di rumah? Namun, bingung cara pengelolaan dan promosi? Memulai usaha tidak musti di ruko atau di warung, namun jika kita jeli dan pandai menambil peluang rumah pun bisa kita jadikan sebagai tempat untuk memulai usaha. Makanan ringan atau snack kering adalah salah satu usaha yang bisa kita jalankan di rumah. Usaha ini terbilang tidak begitu banyak memakan tempat karena proses pengelolaan nya bisa kita kerjakan di dapur dan untuk packing atau pembungkusan bisa kita kerjakan di ruang lain yang tidak terpakai. Makanan ringan terbilang sangat menguntungkan karena bahan bakunya mudah didapat dan murah, selain itu akan-anak sangat gemar dengan makanan ringan ini, apa lagi jika Anda pandai dalam meracik bumbu dengan aneka rasa tentu hal tesebut lebih baik lagi.

Sekarang ini banyak kasus yang beredar di masyarakat, maupun berita mengenai maknan ringan yang dicampur dengan zat kimia atau borak, saya pikir hal ini sama sekali tidak baik untuk kita tiru. Demi mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda orang rela meracuni anak-anak dengan banah berbahaya. Sebaiknya dalam usaha yang Anda jalani nanti haruslah sehat dan tidak membuat makanan ringan yang dicampur dengan zat kimia. Makanan sehat dan bergizi adalah kunci sukses dalam usaha, oleh sebab itu Anda harus belajar lagi mengenai resep atau bumbu yang aman untuk dikonsumsi oleh semua kalangan, termasuk anak-anak. Bagaimana cara memulai usaha makanan ringan sehat dan bergizi di rumah? Berikut adalah penjelasan nya!



Cara Memulai Usaha Makanan Ringan Snack Kering di Rumah

Ilustrasi Makanan ringan sumber OLX




1. Pelajari Proses Pembuatan Bumbu


Dalam usaha makanan atau kuliner hal yang paling penting adalah hobi, jika Anda memiliki hobi memasak, maka usaha kuliner ini akan terasa lebih menyenangkan. Tapi hobi bisa kita latih dengan terus belajar dan praktek. Bumbu atau resep sangat penting dalam usaha jajan makanan ringan. Inilah salah satu kenapa banyak orang yang sukses dalam berdagang, karena mereka memiliki bumbu pribadi atau resep turun menurun yang tidak dimiliki oleh orang lain. Mempelajari untuk membuat bumbu tidak begitu sulit karena yang kita butuhkan adalah belajar, bertanya, berinovasi dan praktek. Saya yakin jika ada kemuan pasti ada jalan, namun sekarang ini Anda tidak perlu khawatir jika Anda hanya sekedar ingin berjualan kripik, mungkin bumbu cabe instan di pasaran bisa menjadi alternatif terbaik yang bisa Anda coba untuk awal ini. Agar usaha yang Anda jalankan lebih maju, tentu harus adanya inovasi mengenai rasa dan kemasan.


2. Bahan Baku Utama Makanan Ringan


Bahan baku adalah hal yang harus selalu Anda perhaikan. Bahan baku makanan ringan atau jenis kripik yang mudah kita dapatkan seperti singkong, pisang, ubi, talas dsb. Inovasi bahan baku sangat penting agar para konsumen tidak mudah bosan dengan makanan ringan yang Anda sajikan. Misalkan saja dari satu bahan baku bisa Anda olah menjadi beberapa rasa, mungkin hal itu akan lebih baik. Dalam usaha makanan ringan ini, sebaiknya Anda mencari bahan baku yang tidak bermusim artinya selalu ada.


3. Kemasan Makanan


 Packaging atau kemasan adalah hal yang selanjutnya yang harus Anda pertikan karena ini sangat berdampak pada nilai beli konsumen. Buatlah kemasan yang menarik, unik dan memiliki unsur promosi juga seperti mencantumkan nomor hp, eamil atau website agar konsumen bisa mengkritik dan memesan dari kontak tersebut. Pastikan Anda memilih kemasan yang terbaik dan buat desain serapi dan seindah mungkin agar anak-anak bisa tertarik ketika melihat nya!



4. Menjaga Kebersihan Tempat Usaha 


Orang akan selalu menilai usaha kita dari segi kebersihan, jadi pastikan Anda selalu menjaga kebersihan di tempat usaha Anda. Apa lagi jika Anda memulai usaha di rumah, tentu tamu akan selalu datang dan melihat tempat Anda mengelola usaha tersebut, jika kotor dan dekil tentu orang juga jiji untuk mencicipi apa lagi membelinya. Kebersihan adalah priritas utama dalam usaha pastikan Anda selalu menjaga kebersihan tersebut setiap waktu.



5. Strategi Promosi Yang Tepat Untuk Makanan Ringan Anda


Strategi promosi dan pemasaran sangatlah penting dalam usaha atau bisnis, hal ini juga yang akan membuat usaha Anda laris atau tidaknya. Ada banyak cara promosi sekarang ini, namun di awal ini Anda harus memprioritaskan anggaran karena untung rugi masih belum jelas, oleh sebab itu Anda bisa melakukan promosi seperti di Online melalui Facebook, Twitter, Instagram atau BBM. Untuk promosi mulailah dari kerabat dekat seperti tetangga, teman atau sanak saudara tidak lupa juga untuk meminta mereka menyebarkan ke teman mereka. Untuk promosi secara langsung Anda bisa membuat banner/ spandung di depan rumah atau di tempat yang banyak dilihat orang atau Anda juga bisa membuat brosur dan stikel mengenai usaha yang Anda jalankan.



6. Membuat grafik Untung Rugi di Buku Catatan


Selain mempromosikan barang Anda juga harus memperhitungan untung dan rugi usaha Anda. Buatlah catatan kecil mengenai secara garis besar keuntungan atau kerugian usaha Anda. Hal ini sangat penting karena kita bisa mengetahui pengeluaran dan pemasukan.

Itulah tadi sekilas informasi mengnai Cara Memulai Usaha Makanan Ringan Snack Kering di Rumah, semoga bisa membantu Anda dalam memulai usaha kedepan nya!

Artikel Terkait