Jumat, 11 Maret 2016

Cara Memasarkan Produk Lewat Facebook Yang Baik Dan Benar

Cara Memasarkan Produk Baru di Facebook adalah hal yang wajib Anda lakukan karena Facebook merupakan jejaring sosial terbesar di dunia, selain itu Facebook juga tercatat sebagai salah satu sosial media dengan pengguna terbanyak di dunia. Dengan pengguna yang mencapai 1,55 miliar dan terus bertambah Facebook tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk berbagi, gobrol dan komunikasi saja, namun Facebook sekarang ini malah menjadi tempat untuk memasarkan produk atau jasa. Peningkatan pengguna aktif membuat Facebook bisa mendapatkan banyak keuntungan dari iklan.Menurut laman BBC bahwa pada tahun 2015 lalu tepatnya pada periode Juli-September penerimaan bersih Facebook naik 11% menjadi US$891 juta, sementara pada periode yang sama tahun lalu Facebook mencatat penerimaan US$806 juta. Namun, disisi lain masih banyak para pembisnis yang belum mengerti tentang cara promote produk di facebook, oleh sebab itu sangat penting rasanya untuk mempelajari Facebook Marketing ini guna produk yang kita jual bisa mendapatkan traffik yang bagus.

Kebanyakan mereka yang berjualan atau mempromosikan produk mereka melalui online kurang tepat artinya mereka lebih banyak melakukan spaming dan berteman pada orang yang kurang tepat dalam minat produk mereka. Hal ini tentu akan merugikan dan menguras banyak waktu. Misalkan saja aktivitas yang kurang tepat yang masih banyak dilakukan adalah mempromosikan produk di Group yang tidak tepat, tag teman yang tidak sekali berminat dengan produk yang dijual, berteman dengan orang yang sama sekali tidak ada hubungan nya dengan produk yang mereka jual dan masih banyak lagi. Baiklah untuk itu pada artikel kali ini saya akan mencoba untuk berbagi sedikit tips dan rahasia mempromosikan produk atau jasa melalui Facebook agar cepat laku dan dikenal oleh banyak konsumen, mau tau apa saja itu? Silakan simak sampai akhir tips berjualan di Facebook.


Cara Memasarkan Produk Lewat Facebook Yang Baik Dan Benar


1. Membuat Profil Tentang Produk Anda dan Menambah Teman Sesuai Dengan Minat



Yang paling dasar sebelum Anda mempromosikan produk Anda adalah membuat akun sesuai dengan produk Anda. Ingat jangan membuat akun dengan gambar palsu yang bisa menimbulkan kecurigaan konsumen. Selanjutnya lengkapi biodata dengan yang asli. Isi alamat dengan Asli, nomor hp dsb. Setelah semua nya selesai, maka selanjutnya adalah mencari teman sesuai dengan minat produk Anda, abaikan saja jika ada orang yang tidak ada hubungan nya dengan produk Anda karena tujuan utama kita adalah targeting atau tepat sasaran. Bagaimaa cara mencari teman yang memiliki minat dengan produk saja? Untuk mendapatkan teman yang bisa tertarik dengan produk Anda adalah dengan cara masuk ke forum cari teman yang bertanya, bukan menjual. Kemudian lihat dengan teliti apakah dia benar-benar konsumen bukan produsen? Jika benar langsung di Add dan lihat juga perteman mereka cari orang yang kira-kira bisa menjadi sasaran Anda dan Add, buka lagi pertemanan orang yang Anda add tadi dan add teman lainya dan seterus nya. 

Metode manual ini memang terlihat sedikit lama dan melelahkan, namun jika Anda memiliki teman yang memiliki minat ke produk Anda kenapa tidak? Seperti contoh Anda menjual tas cewek, tentu targeting Anda adalah emak-emak atau cewek-cewek yang suka eksis? Oleh karena itu Anda juga harus mencari teman sesuai menyukai produk Anda. Tanda-tanda jika mereka suka dengan produk Anda adalah mereka selalu aktif dalam menanggapi promosi Anda seperti like, komen dan share.



2. Buat Fans Page Tentang produk Anda



Nah, ini yang paling penting karena jika akun Facebook sangat terbatas, namun kalau fans page ini memiliki likers yang banyak bahkan jutaan. Setelah Anda mengetahui siapa saja yang berminat dengan produk Anda, maka invite mereka dan kalau bisa minta mereka untuk invite temannya juga. Jika Anda ingin mendapatkan banyak pemirsa atau orang yang meminati produk Anda, mungkin ada kalanya Anda beriklan karena dengan beriklan akan ada banyak orang yang mengetahui produk Anda.



3.Buat Group Tentang Produk Anda



Jika Semuanya sudah berkembang dan Anda telah mendapatkan banyak teman, maka untuk mendapatkan update sebaiknya Anda membuat group juga hal ini tentu sangat efektif karena group ini bisa menjadi pertimbangan untuk sharing tentang produk baru, tidak hanya antara admin dengan konsumen, namun sesama konsumen juga bisa berbagai info terbaru mengenai produk yang admin jual. Intinya adalah promosi itu harus dilakukan secara lembut, tanpa membuat konsumen terganggu.

Jangan lupa untuk selalu dekat dengan konsumen selipkan sedikit status rumor dan jangan share promo mulu, hal ini tentu akan membuat konsumen sedikit terganggu. Upload sebanyak dan sesering mungkin foto mengenai produk Anda untuk mengatasi copyright sebaiknya Anda memberikan brand pada gambar tersebut misalkan @ +Tokopedia dsb.  Itulah tadi cara promosi produk yang baik di Facebook, semoga artikel ini bisa memberikan Anda informasi. Perlu diingat bahwa cara promosi online yang efektif sekarang ini memang sangat dibutuhkan karena kalau tidak begitu kita akan banyak kehilangan waktu dan tenaga....

Artikel Terkait