Rabu, 09 Maret 2016

Aneka Kue Dan Makanan Tradisional Indonesia Yang Banyak Disukai

Kue Dan Makanan Tradisional Indonesia - Indonesia sangat terkenal dengan kuliner nya. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis dan macam kue atau makanan tradisional. Sekarang ini kebanyakan anak muda jika ditanya mengenai jajanan tradisional, mungkin tidak banyak yang mengetahuinya. Oleh sebab itu sangat penting rasanya agar kita selalu menjaga dan melestarikan aneka makanan khas nusantara ini. Setiap daerah memiliki ciri khas masakan tersendiri dan yang paling saya kagumi dari Indonesia adalah masakan yang dibuat menggunakan banyak campuran bumbu atau rempah dan saya pikir tidak banyak, terdapat di negara-negara lain.

Sangat rugi rasanya jika hidup di Indonesia tidak memiliki hobi makan karena Indonesia memang terkenal dengan surga kuliner, selain itu Indonesia juga memiliki kultur serta tempat wisata yang sangat indah, bahkan sudah dikenal oleh seluruh dunia salah satunya adalah bali. Bicara mengenai kuliner, mungkin tidak ada habis-habisnya karena dari sabang hingga kemerauke memiliki ciri khas kuliner tersendiri. Pada kesempatan kali ini saya hanya ingin berbagi beberapa contoh makanan tradisional yang terkenal yang mungkin hampir dilupakan oleh orang saat ini, mau tau apa sajakah itu? Silakan simak berikut ini!






Putu Ayu adalah jenis kue yang bewarna hijau dan terbuat dari Tepung terigu, kelapa parut, garam, telur, gula pasir dan santan. Kue ini sangat populer apa lagi pada saat bulan ramadhan. Meskipun termasuk ke dalam salah satu jenis jenis jajanan pasaran, mungkin tidak semua orang mengetahuinya, khusunya akan muda!






Bagi Anda yang tinggal atau pernah tinggal di kampung saya pikir pasti tau kue yang satu ini, lemet singkong. lemet singkong adalah salah satu jenis jajanan atau kue tradisional yang berbahan baku utama singkong. Lemet sendiri adalah nama makanan atau kue tradisional yang terbuat dari singkong yang diparut halus kemudian dicampur dengan gula merah. Kue tradisional ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang kenyal. Biasanya ditambah sedikit garam dapur halus supaya untuk menambah rasa gurih. Lemet ini berbentuk bulat panjang seperti lontong yang dibungkus dengan daun pisang, tetapi kedua ujungnya tidak disemat dengan sapu lidi atau tusuk gigi dan kedua ujungnya hanya dilipiat saja.






Dadar Gulung adalah jenis jajanan atau kue tradisional yang masih banyak dijual sekarang ini. Rasanya yang enak kerap menggoda lidah semua orang. Dadar Gulung menurut laman wikipedia  merupakan penganan khas Indonesia dan Malaysia yang dapat digolongkan sebagai pancake yang diisi dengan parutan kelapa yang dicampur dengan gula jawa cair. Isi ini disebut unti.


4.Kue Nagasari 



Nagasari adalah sejenis kue yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang. Kue ini biasanya dibalut dengan daun pisang lalu dikukus. Selain bahan yang tersebut di atas, nagasari juga sering dikukus dengan balutan daun pandan sehingga menimbulkan aroma yang khas Jepara.


5.klepon




Menurut laman wikipedia bahwa Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon nampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

Artikel Terkait