Senin, 15 Februari 2016

Hal Yang Harus Anda Ketahui Mengenai Wawancara Kerja

Hal Yang Harus Anda Ketahui Mengenai Wawancara Kerja - Wawancara kerja bukan rahasia lagi bahwa Anda harus bisa melewatinya karena wawancara adalah salah satu faktor diterima atau tidaknya Anda bekerja. Oleh karena itu Anda harus benar-benar mempersiapkan diri sebelum melakukan wawancara kerja tersebut. Kebanyakan dari kita, mungkin menganggap bahwa wawancara kerja ini hal sepele. Setelah menyiapkan berkas lamaran kerja dan menunggu panggilan semuanya akan selesai? Stop, perlu diketahui bahwa selain sebagai komunikasi secara langsung kepada atasan, wawancara kerja ini juga berfungsi agar atasan atau boss bisa menilai Anda lebih dalam lagi.

Untuk mempersiapkan wawancara kerja tidak perlu grogi atau gemetaran, bersikap tenang, santai adalah hal yang paling diutamakan dalam proses wawancara kerja ini. Ada fakta menarik mengenai wawancara kerja yang mungkin belum banyak diketahui oleh Anda sekalian, penasaran apa sajakah fakta menarik tersebut? Silakan simak artikel ini hingga akhir ya!



Hal Yang Harus Anda Ketahui Mengenai Wawancara Kerja



1. Anda bukan satu-satunya kandidat yang diwawancarai

Seperti dirilis dari laman themuse.com, bahwa setidaknya ada beberapa fakta unik dan menarik dalam proses wawancara kerja ini. Hal pertama adalah dalah satu hari atau satu waktu ada beberapa kandidat yang diwawancarai oleh atasan atau pihak yang diutus. Oleh karena itu Anda harus bersikap baik, tenang dan lancang dalam menjawab segala pertanyaan yang dilontarkan kepada Anda. 

 banyak pegawai HRD yang menuturkan bahwa rata-rata mereka bisa bertemu lebih dari 10 kandidat sehari dengan posisi yang berbeda-beda.

Kita bisa membayangkan bahwa betapa penatnya hari pegawai HRD jika mereka harus bertemu dengan banyaknya calon pegawai dan menentukan mana calon yang paling pas dan tepat untuk mengisi jabatan di perusahaan.

Untuk menghindari hal ini, maka pastikan Anda harus benar-benar siap dan datang tepat waktu saat jadwal wawancara tiba. Jangan lupa untuk menciptakan suasana wawancara yang menyenangkan ketika sudah masuk ruangan...

2.Anda dinilai Saat wawancara 

Dalam proses wawancara yang paling terpenting adalah sikap kita kepada atasan atau petugas wawancara. Oleh kare aitu kesan pertama sangatlah penting dalam sebuah proses wawancara. Dua puluh detik pertama merupakan waktu emas Anda untuk meninggalkan kesan yang baik.

Apabila Anda sukses melakukan hal ini, maka secara tidak langsung ini akan memberi pesan tersendiri bahwa Anda merupakan kandidat yang tepat untuk mengisi jabatan di perusahaan tersebut.

3. Anda dinilai berdasarkan tiga faktor

Jika Anda ingin sukses bekerja di perusahaan yang Anda impikan, maka Anda harus memahami 3 faktor yang akan membuat Anda sukses dalam proses wawancara. Perlu diketaui bahwa secara tidak langsung pewawancara akan menilai Anda dari tiga faktor utama. Tiga hal itu adalah apakah Anda merupakan orang yang tepat, apakah perusahaan suka dengan keberadaan Anda, dan apakah Anda mampu beradaptasi di lingkungan kantor.

Artikel Terkait