Minggu, 14 Februari 2016

Apa Saja Pekerjaan yang Bagus untuk Mahasiswa?

Apa Saja Pekerjaan yang Bagus untuk Mahasiswa? Kuliah sambil kerja apakah mungkin? Sekarang ini apa pun bisa kita lakukan termasuk bagi Anda seorang mahasiswa yang sedang mencari uang tambahan dengan bekerja. Sebagai mahasiswa tentu kita membutuhkan banyak biaya untuk keperluah hidup dan membayar SPP kuliah, dengan demikian pekerjaan cukup penting untuk kita dapatkan guna membantu pengeluarkan yang diberikan oleh orang tua kita. Secara pribadi saya juga pernah merasakan perkuliahaan. Biaya hidup dan kuliah di Indonesia sangatlah mahal dan tidak sepadan dengan gaji yang kita atau orang tua kita dapatkan setiap bulannya. Belum lagi keperluan keluarga, adik, kakak, abang dan lain sebagainya, tentu membuat kita berfikir keras untuk bekerja. Di bangku perkuliahan Anda dituntut untuk mendapatkan IPK tinggi serta kerajinan sebagai prioritas utama. Padatnya waktu dan sempitnya kamar kost harus memberikan Anda motivasi agar bisa mendapatkan pekerjaan ringan dan mudah dilakukan oleh seorang mahasiswa.

Saya yakin pengalaman kerja seorang mahasiswa tidak begitu luas, karena setelah tamat SMA kita langsung duduk di bangku perkuliahan.Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang ini ada banyak cara untuk menghasilkan uang, tentunya dengan cara halal. Untuk mendapatkan pekerjaan keterampilan tentulah sangat dibutuhkan, bahkan ketika Anda selesai kuliah dan terjun kemasyarakat keterampilan hidup adalah hal utama yang harus Anda pahami dan pelajari. Berkaitan dengan peluang usaha untuk mahasiswa, maka pada kesempatan kali ini saya sangat tertarik sekali untuk memaparkan bebeapa pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa berikut adalah contohnya!

Ilustrasi Mahasiswa/Mahasiswi sedang melakukan usaha sumber gambar: http://wawasanproklamator.com


Pekerjaan untuk mahasiswa yang sedang kuliah


1. Jual Pulsa 

Ketika saya kuliah dulu lumayan banyak teman-teman yang berjualan pulsa, meskipun sebagian orang menganggap bahwa menjual pulsa ini terlihat sepele ternyata keuntungannya lumayan besar loh. Bayangkan jika keuntungan 1000-2000 dalam sekali kirim pulsa atau satu konsumen dan jika satu hari bisa 20-30 sudah berapa? Lumayan bukan? Apa lagi sekarang ini pulsa menjadi kebutuhan dan kebanyakan orang malas keluar paling kalau ada teman yang jual pulsa dia langsung ke teman tersebut. Selain itu Anda juga bisa menjual kuota atau paket Internet. Internet memang menjadi kebutuhan mutlak orang sekarang ini, apa lagi anak muda yang selalu update mengenai sosmed dan browsing tentu banyak menghabiskan kuota, nah untuk sampingan menjual pulsa Anda juga bisa menjual paket internet.



2. Membuka Jasa Pengetikan


Jika Anda seorang mahasiwa yang aktif dan sering melihat papan pengumuan, pasti Anda pernah melihat famplet atau brosur yang bertulisan ''Jasa Pengetikan Skripsi''. Nah, bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam mengetik cepat, mungkin Anda bisa membuka jasa pengetikan. Tidak hanya jasa pengetikan skripsi saja, namun semua jenis artikel dan makalan bisa Anda ketik dengan cepat. Mulailah untuk belajar mengetik dengan 10 jari,dengan demikian skill mengetik Anda lebih cepat dan terlatih.


3.Jadilah penulis paruh waktu yang bisa menulis artikel

Biasanya di kampus ada yang namanya group menulis, nah bagi And yang memiliki keterampilan dalam menulis, mungkin bisa menjadi penulis paruh waktu yang bisa dikerjakan di kost atau di rumah. Menyusun kata-kata dalam tulisan tidak mudah loh! Oleh karenanya kalau Anda bisa menulis dengan baik bisa memanfaatkan waktu luang Anda untuk menulis dan menjual artikel tersebut. Bagaimana cara menjual atau mendapatkan job menulis ini? Nah, untuk menjual artikel Anda mungkin bisa bergabung di group facebook seperti Ads.id, Google adsense indonesia, Blogger Indonesia dsb. Yang intinya mereka memiliki blog atau website.


4. Menjadi Pemandu Wisata

Saya yakin kebanyakan dari Anda kuliah di daerah parawisata seperti jogja, bandung dsb. Nah, cobalah untuk bergabung dengan teman yang memiliki banyak jaringan yang kuat dan pengalaman. Cobalah untuk bekerja paruh waktu sebagai pemandu wisata dan ajukan lamaran Anda ke agen traveling atau prawisata setempat.


5.Desain Grafis

Sekarang ini lowongan kerja Animator daan Desaigner sangatlah banyak, karena menjadi desaigner tidaklah mudah butuh skill, inovasi dan keterampilan didalamnya. Misalkan saja Photo Shop. Tidak semua mahasiswa yang bisa menjalanakan program ini atau bahkan membuat desain sendiri. Foto editing sekarang ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat, maupun teman sekampus. Nah, bagi Anda yang hobi atau suka dengan desain, mungkin Anda bisa membuka jasa editing maupun jasa pembuatan tempate, spanduk, stiker, pin dsb. Promosikan jasa Anda melalui papan pengumuman atau group facebook guna memperluas informasi mengenai jasa yang Anda buat.


6.Menjual Makanan Ringan

Ketika duduk di bangku perkuliahan dulu saya sering melihat mbak-mbak yang berjualanan makanan ringan, saya sangat sering bertanya kepada beliau mengenai makanan yang beliau jual. Bahkan saya pernah bertanya '' Gak, malu mbak keliling kelas jualan?" Katanya: " Untuk apa malu, orang kita cari rezeki halal kok!''. Bagi Anda yang memiliki hobi memasak atau makan, menjual kue atau makanan ringan adalah solusi terbaik untuk mendapatkan uang tambahan. Berjualan donat, kripik dsb adalah menu yang bagus untuk Anda coba. Bahkan saya pernah bertanya, mengenai maknan yang orang jual keliling di kelas-kelas ternyata dia beli jua loh! Katakan saja gorengan dia beli seharga Rp.500 kemudian dia jual Rp.1000 luamayan juga. Intinya sekarang ini orang suka makan dan lebih suka instan dari pada keluar jauh dan masak sendiri.


7. Jasa Install Ulang Laptop 

Laptop adalah kebutuhan utama bagi para mahasiswa sekarang ini dan tidak sedikit diantara mereka yang sering mengalamai error pada laptop mereka. Kebanyakan dari mahasiswa/ mahasiswi hanya tau menggunakan laptop saja, tanpa mengetahui kerusakan nya. Nah, Install ulang laptop adalah hal yang sering dibicarakan oleh para mahasiswa. Bagi Anda yang memiliki hobi di bidang IT mungkin Anda bisa membuka jasa Install ulang dan service laptop.


8.Oprator Warnet dan Foto Copy

Pengalaman saya waktu duduk di bangku perkuliahan dulu ada teman saya yang bekerja sebagai operator penjaga warnet. Ketika saya hendak mengeprint, saya kaget ternyata dia bekerja paruh waktu di warnet. Menjadi operator warnet selesai pulangkuliah adalah pekerjaan yang ringan, apa lagi bagi Anda yang suka online tentu hal ini tidak sama sekali menjadi bebak kerja Anda. Yang Anda lakukan ketika menjadi operator hanyalah mengisikan billing, print out makalah atau tugas anak sekolah. Selain itu keuntungan menjadi operator warnet adalah Anda bisa menyediakan jasa ketik, karen ini kasus nyata yang pernah teman saya alami dan saya pernah sharing. Sambil jaga warnet biasanya anak sekolah meminta untuk diketikan tugas sekolah nya. 


9. Blogging

Aktifitas blogging bagi sebagian mahasiswa adalah pekerjaan sampingan yang tidak aneh lagi, pasalnya sudah banyak anak kuliahan yang sukses dengan hanya bermodalkan keterampilan menulis dan mengelola blog atau website, bahkan yang pernah saya tau ada anak kuliahan yang sudah membeli mobil dan rumah karena fokus dengan dunia blogging ini. Adsense sebagai pusat penghasilan terbesar tentu anak selalu memberikan kontribusi atau peluang bagi mereka yang memiliki website untuk menghasilkan uang. Untuk pengalaman menjadi seorang blogger, mungkin Anda bisabergabung di Group Blogger Indonesia dan Google Adsense Indonesia, Add salah satu member di sana dan tanyakan mengenai dunia blogging atu Anda juga bisa banyak membaca di Google mengenai cara menghasilkan uang melalui blog dsb.


10. Menjadi penjaga Masjid atau Musola

Pengalaman saya pribadi lagi banyak teman saya yang dari daerah tinggal di masjid dan musola sebagai marbot . Selain free tempat tinggal dan bahkan bisanya juga digaji saya pikir ini adalah pekerjaan mulia karena kita bisa beribadah tepat waktu dan bisa menghidupkan sunnah. Bagi Anda orang daerah yang memiliki teman yang kuliah serta tinggal di masjid, mungkin Anda bisa bertanya kepada beliau mengenai lowongan tersebut, syaratnya mudah hanya bisa azan dan mengaji saja.

Beberapa contoh usaha atau pekerjaan untuk mahasiswa di atas mungkin bisa memotivasi Anda agar menemukan usaha atau pekerjaan yang cocok untuk Anda geluti. Terima kasih sudah mampir di bisnis borneo.

Artikel Terkait