Senin, 25 Januari 2016

Ternak Kambing Jawa Tanpa Ngarit

Ternak Kambing Jawa Tanpa Ngarit - Aktivitas beternak kambing memang sangat menyenangkan apa lagi ternak kambing ini memang kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat. Kambing adalah hewan ternak yang umum kita jumpai di Indonesia selain dimanfaatkan dagingnya untuk konsumsi makanan, kambing juga sering dimanfaatkan dalam acara besar seperti pernikahan, qurban, akikah dan acara selamatan. Selain mudah didapat kambing ini juga mudah dikembangbiakan, namun tentunya ada fase yang harus kita ketahui sebagai peternak. Sumber makanan yang melimpah tentu membuat kambing semakin gemuk dan cepat dipanen, namun kemaren ada orang yang bertanya bagaimana caranya beternak atau memelihara kambing tanpa ngarit? Apakah mungkin?

Sebelum kita menyelam lebih dalam ke topik pembahasan, mungkin ada baiknya kita untuk memperdalam pengetahuan mengenai bibit unggulan kambing, cara merawat dan membersihkan kandang, cara mengatasi penyakit kambing dsb. Baiklah ada beberapa cara beternak kambing atau domba tanpa ngarit, yaitu dengan cara Fermentasi dan menggunakan Vitamin. Hal ini sering dilakukan oleh petani kambing modern yang menggemukan kambing dengan cepat.

Ternak Kambing Jawa Tanpa Ngarit

 Dengan Menggunakan  Fermentasi Jerami Pagi


 Fermentasi Jerami Pagi terbilang lebih efektif selain menghemat biaya, tentu juga bisa untuk menghadapti musim kemarau panjang. Obat atau vitamin untuk suplemnet tambahan adalah berupa VITERNA Plus, POC NASA dan HORMONIK mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan ternak sehingga ternak cepat gemuk dan sehat, walaupun awalnya ternak agak sedikit rewel dan tidak mau makan, namun lama-kelamaan akan mau. Pada vitamin tersebut mengandung berbagai macam kandungan seperti Asam-asam amino esensial, yaitu Arginin, Hiistidin, Leusin, Isoleusin dan lain-lain sebagai penyusun protein tubuh, pembentuk sel dan organ tubuh. Vitamin lengkap yang berfungsi untuk berlangsungnya proses fisiologis tubuh yang normal dan meningkatkan ketahanan tubuh kambing/domba dari serangan penyakit. Mineral-mineral lengkap yaitu N, P, K,  Ca, mg , Cl dan lain-lain sebagai penyusun tulang, darah dan berperan dalam sintesis enzim untuk memperlancar proses metabolisme  dalam tubuh. Cara Fermentasi Jerami pakan kambing.

 Menggunakan produk dari NASA, memang luar biasa hasilnya, Tapi setelah saya dikenalkan seorang teman dengan SOC memang ada perbedaan terutama percepatan pertambahan daging kambing dengan bahan yang sama yang saya gunakan,
kalau pakai NASA perminggu naik ± 1,2 kg
kalau pakai SOC perminggu naik ± 2,2 kg
Fermentasi lebih cepat hanya 5 jam siap disajikan

Artikel Terkait