Jumat, 29 Januari 2016

Peluang Usaha Jualan Beras Sangat Menguntungkan

Peluang usaha jual beli beras memang sangat menggiurkan, pasalnya beras adalah bahan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Untuk memulai usaha beras sebenarnya tidak begitu sulit dan yang paling tutama adalah niat yang kuat, kesabaran dalam usaha dan paling penting adalah kejujuran. Sekarang ini mencari para pedagan jujur itu amat sulit karena kebanyakan dari mereka hanya ingin mendapatkan untung yang besar, tanpa memperhatikan kualitas yang mereka jual. Secara pribadi kejujuran itu amat penting dalam berbisnis. Peluas usaha jual beli beras ini memang sangat menjanjikan karena beras selalu dibutuhkan oleh msayarakat luar. Berikut ini ada beberapa tips cerdas cara memulai usaha jual beras....

Ilustrasi Agen beras sumber: kaltim.tribunnews.com

 Peluang Usaha Jualan Beras Sangat Menguntungkan



1. Pemasok atau Agen Distributor Beras


Pemasok atau yang biasa kita kenal agen adalah hal utama yang harus kita perhatikan dalam berdagang entah itu Gas Elpiji, bahan bangunan, bahan sembako dan yang sedang kita bahas sekarang ini beras. Selain itu Anda juga bisa membeli langsung beras melalui petani dan biasanya kalau membeli melalui petani harganya jauh lebih murah dan kita bisa untung lumayan besar, sedangkan melalui agen distributor, Anda harus memiliki kesepakatan entah itu masalah haga jual maupun harga beli. Melalui agen Anda bisa memilih kualitas beras seperti apa yang Anda inginkan.

2. Lokasi Tempat Usaha

Lokasi tempat usaha sangat penting untuk diperhatikan karena dengan lokal tempat yang strategis tentu akan meningkatkan kualitas jumlah jual Anda. Coba bayangkan jika Anda berjualan di area sempit, sepi dan akses jalan yang susah? Kira-kira siapa yang akan membeli, kalau ada pun itu jarang sekali, oleh karena itu alokasi tempat sangat berperan penting dalam segala usaha termasuk usaha beras ini.

3. Kenali dan Pelajari Jenis Beras yang akan Anda jual

Mengetahui jenis serta kualitas beras tentulah penting, terlebih bagi Anda pemula. Kebanyakan orang salah kaprah dalam menentukan nama atau jenis beras yang mereka beli atau jual. Oleh sebab itu sangat wajib rasanya agar Anda mengenal terlebih dahulu mana beras yang baik dan mana nama beras yang populer di kalangan masyarakat.

4. Menyiapkan timbangan atau literan

Sebagai penjual tentu Anda harus menyiapkan literan atau timbangan yang nantinya digunakan untuk menimbang dan menakar beras. Literan beras sangat bervareasi ada yang 0,5 L , 1 L dan 2 L. Hal ini penting karena terkadang ada pembeli yang tidak yakin atau kurang puas dengan literan yang dipakai. Oleh sebab itu Anda harus memastikan dan meyakinkan para pembeli dengan timbangan dan vareasi literan yang Anda miliki. Selain itu yang harus dicatat baik-baik adalah bahwa 1 Kg setara dengan 1,25 L dan untk berat 50Kg setara dengan 6,25 L, namun terkadang tidak selalu utuh karena da beberapa faktor seperti karung sobek, jahitan yang kurang baik sehingga mengakibatkan beras cecer di jalan atau tersangkut paku dan menyebabkan kebocoran.

5. Pahami Harga 

Untuk memastikan bahwa harga beras yang Anda jual tidak terlalu kemahalan atau kemurahan, mungkin Anda bisa melakukan survey pasar kecil-keclilan hal ini sangat penting karena jika Anda menjual terlalu mahal tentu orang akan beralih ke tempat lain dan sebaliknya jika Anda menjual terlalu murah, tentu keuntungan yang Anda dapat sangat tipis. Itulah tadi sedikit informasi yang bisa kami sampaikan mengenai peluang usaha jualan beras, semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam mengembangkan usaha Anda kedepannya!

Artikel Terkait