Senin, 04 Januari 2016

Cara Mengelola Usaha Rumah Makan Yang Baik

Cara Mengelola Usaha Rumah Makan - Membangun sebuah usaha bukan hal mudah, terlebih bagi Anda yang baru terjun di dunia bisnis. Untuk membangun usaha rumah makan ini dubutuhkan belajar dan praktek, artinya kita sebagai pemilik usaha tidak langsung mempercai karyawan begitu saja perlu ada tindakan langsung di lapangan. Banyak kasus ketika orang sudah memulai usaha tiba-tiba dia langsung saja pergi dan meninggalkan nya begitu saja, tanpa ada pengawasan yang nyata. Bagi Anda yang baru memulai usaha rumah makan, maka yang paling terpenting adalah manajemen karyawan, waktu serta pengelolaan pemasukan dan pengeluaran.

Cara mengelola usaha kuliner yang tepat tentu akan menghasilkan keuntungan yang besar bagi Anda, tapi perlu diingat bahwa kita disini tidak hanya mengambil keuntungan yang banyak dan yang terpenting adalah pelayanan yang kita berikan kepada konsumen. Jika konsumen sudah suka dengan pelayanan yang kita berikan, saya yakin usaha Anda akan maju dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Membangun usaha bukan semudah seperti yang kita bayangkan, terkadang apa yang kita rencanakan bisa meleset, oleh karena itu Anda harus memiliki strategi atau planning B. Baiklah pada kesempatan kali ini saya sangat tertarik sekali untuk berbagi sedikit tips mengelola usaha rumah makan yang baik.

Cara Mengelola Usaha Rumah Makan Yang Baik


Cara Mengelola Usaha Rumah Makan Yang Baik



Pahami Cara Mengelola Keuangan Yang Baik



Usaha apa bila dikatakan sukses jika Anda bisa mengelola pemasukan, pengeluaran dan keuntungan dengan baik. Kebanyakan hal semacam ini jarang sekali diperhatikan oleh penusaha pemula dan jika terus-menerus dibiarkan tentu akan mengakibatkan kebocoran besar dalam keuangan Anda. Untuk memastikan agar Anda selalu dalam koridor pengelolaan uang, Anda harus membuat catatan yang detail serta memperhitungkan modal, pengeluaran, gaji karyawan dan pemasukan atau keuntungan.


Strategi Marketing dan Promoting



Sebagai pengusaha tentu kita juga harus mempromosikan produk kita agar dikenal oleh masyarakat luas, oleh karena itu Anda harus memiliki strategi yang bagus dalam memasarkan usaha rumah makan Anda. Untuk mendapatkan hasil yang bagus tentu Anda harus mempelajari cara efektif untuk memasarkan barnd di daerah yang Anda bangun usaha, karena setiap daerah memiliki krateristik konsumen yang berbeda-beda.

Anda juga bisa memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook atau Instagram sebagai sarana promosi yang tepat sasaran. Mulailah untuk mengupload foto-foto makan atau menu makan yang ada di restoran Anda melalui Instagram, jangan lupa menggunakan hastag # agar orang bisa dengan mudah menemukan foto Anda. Selanjutnya menggunakan facebook adalah ide yang sangat bagus karena hampir 80% orang sekarang ini pasti memiliki yang nama nya akun facebook, terutama anak muda.

Tidak lupa pula untuk mempromosikan secara langsung, mungkin bisa menggunakan spanduk, banner, stiker, brosur dan melalui koran. Tidak lupa pula sering-sering melakukan prmosi karen para konsumen sifatnya ada yang kalau ada diskon baru pergi dan ada pula kalau kebetulan lewat baru mampir.


Ciptakan Kualitaas dan Pelayanan Terbaik 



Tidak hanya sekedar promosi saja, Anda tentu harus memberikan kualitas atau sajian terbaik dalam menu masakan Anda. Selian itu pelayanan yang ramah, cekatan, cepat juga sangat dibutuhkan oleh para konsumen. Sering-sering meakukan rapat tertutup kepada pelayan atau krayaawan Anda, jelaskan bagaimana cara melayani konsumen dengan baik. Beri kereka petujung bagaimana raut wajah ketika berhadapan kepada konsumen apakah murung, masam, senyum manis, sedikt tertawa dan cada dsb.

Mungkin itu saja dulu dari saya, terima kasih saudah membaca artikel tentan cara mengelola rumah makan agar banyak konsumen. Semoga dengan membaca artikel ini bisa memberikan Anda sedikit ide atau masukan, agar kedepannya usaha Anda jauh lebih baik.

Artikel Terkait