Senin, 04 Januari 2016

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kertas HVS

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kertas HVS - Apakah Anda mendapatkan tugas dari sekolah? Biasanya yang paling sering guru kesenian tugaskan adalah disuruh membuat kerajinan tangan dan salah satunya dari kertas hvs atau kertas karton, baiklah pada artikel kali ini saya tidak hanya berbagi bagaimana cara membuat kerjainan tangan dari hvs saja, namun fokus saya disini adalah memberikan contoh atau ide, nah dengan ide tersebut mungkin bisa lebih leluasa untuk teman-teman kembangkan. 
Sebelum kita menyelam lebih dalam belajar cara membuat kerajinan tangan dari kertas hvs ini, mungkin ada kalanya kita mengetahui apa itu kertas hvs terlebih dahulu? HVS adalah singkatan dari Houtvrij Schrijfpapier (bahasa Belanda). Yang artinya adalah kertas tulis bebas serat kayu. Kertas jenis HVS  dibuat dari pulp (bubur kertas) yang tidak mengandung lignin (perekat antar serat di dalam pohon), sehingga tidak mudah berubah warna, menjadi kekuningan jika diletakkan di bawah sinar matahari atau sinar lampu.Pada umunya kertas jenis HVS ini banyak digunakan sebagai sketsa atau pola. Selain itu kertas ini juga banyak dijadikan sebagai kerjainan tangan yang tentu akan kita bahas pada artikel ini!

Kertas HVS adalah jenis kertas tulis berkualitas tinggi yang muncul dengan berbagai ukuran. Baik ukuran dimensi (pxl) maupun ukuran berat. Di Indonesia kertas HVS biasanya di produksi dengan 3 tingkat ukuran berat yaitu 60 gr, 70 gr dan 80 gr. Sementara ukuran dimensi kertas HVS biasanKertas HVS ukuran Kuarto adalah sebutan untuk kertas HVS berukuran A4, yaitu 21 x 29,7 cm.. Sedangkan kertas HVS ukuran Folio adalah kertas HVS berukuran 21.5 x 32,5 cm.

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kertas HVS Bunga



Mulailah dengan selembar kertas ... Pertama potong kertas HVS menjadi beberapa bagian seperti berikut ini. Jika Anda ingin mendapatkah bunga yang lebih besar, maka potong kertas yang lebih besar dan jika Anda ingin membuat bunga berukuran kecil, maka sesuaikan dengan yang Anda inginkan.



Lipat kertas setengah diagonal.



Sekarang lipat kedua kanan dan sudut kiri ke atas.



Lipat tepi atas kertas ke bawah sehingga semua sejajar dengan bagian belakang kertas.



Ulangi di sisi lain.



Taruh jari Anda di salah satu kantong luar, dan membuat lipatan labu seperti yang ditunjukkan pada langkah-langkah berikutnya.



Lanjutkan seperti gambar berikut ini!


Rapikan seperti gamabr berikut ini!



Ulangi di sisi lain.



Lipat ke bawah baik tips.


Membuat lipatan diagonal sepanjang sisi lipatan (pada dasarnya Anda lipat tutup setengah).


gambungkan dan lem dua flaps bersama-sama untuk membuat kelopak bunga!


Ulangi langkah 1-14 untuk membuat total 5 kelopak. Rekatkan semua bersama-sama


Itul tadi sedikit informasi cara membuat kerajinan dari kertas hvs atau karton, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. source. Jangan lupa jika Anda suka bagikan ke teman-teman Anda agar mereka juga bisa membuat kerajinan tangan serupa dengan Anda

Contoh  Kerajinan Tangan Dari Kertas HVS







Artikel Terkait