Kamis, 28 Januari 2016

Aneka Resep Kue Dan Masakan Enak Dan Sehat

Aneka Resep Kue Dan Masakan Enak Dan Sehat - Aktivitas memasak sangatlah menyenangkan apa lagi jika keluarga atau anak Anda doyan makan. Ide membuat makanan pada dasarnya banyak sekali, namun tergantung pada diri kita mau atau tidak? Kebanyakan dari kita hanya ingin instan saja dan akhirnya membeli makanan atau kue ke luar, tanpa mengetahui kualitas nya. Jajanan di luar bukan saja menguras anggaran rumah tangga saja, namun kita tidak tau apakah bahan yang diguankan itu layak atau tidak? Sekarang ini telah banyak beredar berita mengenai makanan atau jajanan yang menggunakan bahan kimia salah satunya adalah borak. Warna dan bentuk kue yang kita lihat akan semakin menarik dan segar karena fungsi bahan kimia tersebut adalah sebagai pengawet, namun sangatlah tidak baik jika digunakan untuk makanan.

Pada artikel kali ini saya buka menakuti para pembaca, namun saya lebih cendrung untuk mengingatkan agar kita berhati-hati dalam membeli makanan di luar. Namun, alangkah baiknya jika kita membuat makanan atau jajan sendiri selain dapat menghemat anggaran rumah tangga, tentunya makanan yang kita buat lebih higinis dan sehat. Bagi ibu rumah tangga yang sadar akan kesehtan biasanya mereka lebih cendrung untuk mengatur menu makanan sendiri di rumah ketimbang untuk membeli, walaupun cepak dan menguras waktu dan tenaga namun kesehtan jauh lebih penting. Anak-anak membutuhkan gizi yang cukup, nah dengan membuat aneka makanan dan kue yang sehat tentu gizi anak-anak lebih baik lagi. Berikut ada beberapa contoh makanan atau kue yang enak serta sehat untuk Anda buat dan konsumsi....


1. Klepon ubi ungu manis


Selain harganya yang cukup murah ubi ungu sangat kaya akan gizi dan nutrisi Ubi ungu sangat bagus untuk kesehatan dan mencegah berbagai penyakit, mulai mencegah penyakit ringan hingga penyakit yang berbahaya karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Ubi ungu yang rasanya manis mampu melancarkan aliran darah karena ubi ini memiliki zat antosianin merupakan zat anti-oksidan yang mampu menyerap polusi udara, dan menghambat pembekuan darah yang menjadikan lancarnya aliran darah. Nah, setelah kita mengetahui secara ringkas mengenai manfaat ubi ungu untuk kesehtan, maka sekarang waktunya untuk membuat kue atau pun makanan yang berbahan ubi ungu. Siapa yang tidak tau klepon? Kelepon adalah salah satu jajanan asal Indonesia yang sangat terkenal, jajanan ini disukai oleh semua kalangan termasuk orang dewasa, kake, nenek hingga anak-anak. Nah, sekarang kita mencoba membuat klepon dengan bahan dasar ubi ungu, mau tau apa saja resep nya? Silakan simak berikut ini!
Bahan-bahan
200 gramubi ungu kukus
200 gramtepung ketan putih
50 gramgula merah disisir halus
100 gramkelapa muda parut
secukupnyaGaram
100 mlair hangat

Cara Pembuatannya
Untuk membuat klepon ubi ungu dengan kelepon pada dasarnya sama saja, namun yang membedakannya hanyalah bahan bakunya saja. Pertama kukus campuran parutan kelapa muda dengan sejumput/ 1 sedok makan garam, sisihkan dahulu. Haluskan ubi ungu yang telah dikukus matang. Sisihkan dahulu. Ambil sejumput garam dan larutkan ke dalam air hangat 25 ml, lalu masukan ke dalam tepung ketan dan aduk-aduk hingga kelihatan merata.

Selanjutnya masukanlah  ubi ungu tadi ke dalam wadah yang berisikan tepung ketan kemudian aduk  hingga merata,  sambil dituang air hangat sedikit demi sedikit sampai adonan terlihat sempurna dan kemudian bulatkan. Ambil adonan setengah sendok, lalu isi adonan dengan gula merah, bentuk menjadi bulat, lakukan hingga adonan habis.

Setelah itu jangan lupa untuk menyiapkan wajan/panci yang berisikan air. Panaskan air sampai mendidih, dan masukkan adonan kue klepon yang sudah dibulatkan tadi ke dalamnya, tunggu sampai kue klepon matang dan mangambang. 
Angkat kue klepon dan tiriskan. Sumber


2.Bolu Kukus Enak dan Simple



Bagi bunda yang bingung mau buat kue apa di akhir pekan, mungkin bunda bisa mencoba untuk membuat bolu kukus simple ini. Kue yang memiliki banyak sebutan ini seperti kue bolu kukus, kue mangkuk, kue apem kukus dsb sebenarnya sangat mudah untuk dibuat, berikut adalah resep dan cara membuat bolu kukus simple.

Bahan-bahan
125 grtepung terigu
100 grgula pasir
1/2 sdmsp
100 mlair soda. kalau ga ada soda bisa pakai susu cair putih
1 btrtelur
secukupnyameisis. aku pakai sekitar 2sdm

Pertama panaskan sipkan panci berisikan air jangan penuh-penuh ya. Kemudian sambil menunggu dan membuat adonan panaskan air tersebut yang nantinya berfungsi untuk kukusan, tutup diberi kain agar uap ga netes ke bolu. Siapkan cetakan bolu kukus (aku pakai pendek lebar), diberi paper cup.

Selanjutnya Mixer semua bahan. Dari kecepatan rendah ke paling tinggi sampai adonan kental dan berwarna putih. Bisa dites dengan ambil sedikit adonan pakai sendok/spatula, adonan tidak akan jatuh jika sendok dibalik. (Aku pakai mixer philips sekitar 10menit)

Setelah itu matikan mixer dan sampil ratakan adonan yang masih berantakan di wadah. Oke, selanjutnya tuang adonan yang sudah jadi ke cetakan, lalu kukus 10 menit dengan api cukup besar dan uap banyak, usahakan cetakan tidak terlalu berdekatan satu dengan yg lain. (Pengukukusan jadi 2x, soalnya kukusanku cuma muat 10, padahal adonan ini bisa jadi sampe 15 bolu). Selamat mencoba.... Sumber


3. Kroket kentang kornet


Saya rasa hampir semua kita tau dengan gorengan yang satu ini, ya kroket. Kroket adalah gorengan yang didalamnya terdapat isi seperti daging ayam, mie, kentang, jangung, singkong dsb tergantung pada selera masing-masing. Nah, kali ini saya akan berbagi kroket berisikan kentang. Kentang memang sangat baik untuk kesehtan apa lagi bagi anak yang susah makan kroket kentang ini, mungkin bisa menjadi akternatif terbaik yang bisa bunda coba di rumah. Mau tau bagaimana cara dan resep membuat kroket? Berikut adalah pemaparannya!

Bahan-bahan
3 buahkentang
1/2 buahkornet ayam
secukupnyatepung terigu
secukupnyatepung panir / tepung roti
1 sdtgaram
1 sdtmasako
merica
3 buahtelur

Proses pembuatnnya
Baiklah pertama ambil beberapa kentang yang Anda butuhkan, dalam hal ini 3 buah jangan lupa agar bersih dicuci dulu kentangnya dan kupas dengan pisau atau dengan alat pengupas timun/wortel. , potong kecil kecil(agar cepat matang) lalu rebus hingga matang dan lunak

Selanjutnya hancurkan dengan garpu hingga lunak dan bisa dibentuk

Campurkan kentang yg sudah dihaluskan dengan kornet , garam, merica , seledri lalu bentuk sesuai selera . Setelah dibentuk beri isian didalamnya keju parut lalu bulatkan lagi

Lalu siapkan mangkuk untuk telur , tepung terigu dan tepung panir /roti . Pertama balur kentang dengan tepung terigu dilanjutkan ke telur dan terakhir tepung panir

Goreng hingga kuning kecoklatan . Kroket siap disantap dengan saus botolan . Selamat mencoba sumber


Itulah tadi beberapa contoh Aneka Resep Kue Dan Masakan Enak Dan Sehat, sebenarnya masih banyak lagi, namun pada kesempatan kali ini mungkin hanya segitu saja dan semoga pada kesempatan lainya Admin punya waktu luang dan bisa berbagi banyak informasi mengenai resep masakan yang enak dan bergizi......

Artikel Terkait