Kamis, 03 Desember 2015

Syarat Pembuatan Paspor Untuk Ke Luar Negeri Yang Harus Anda Lengkapi

Syarat Pembuatan Paspor Untuk Ke Luar Negeri Yang Harus Anda Lengkapi - Paspor adalah dokumen penting yang selalu digunakan dalam perjalanan, biasanya paspor dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara. Paspor berfungsi untuk menegaskan identitas dan kewarganegaraan dari pemegangnya untuk tujuan perjalanan internasional. Berkaitan dengan Paspor Republik Indonesia, maka dokumen ini dikeluarkan langsung oleh pemerintah RI yang bisa kita dapatkan melalui online atau langsung ke kantor Imigrasi. Paspor Standard / biasa berisi nama, tempat dan tanggal lahir, foto, tanda tangan, dan informasi identitas lainnya. Paspor sedang bergerak ke arah termasuk informasi biometrik dalam microchip tertanam dalam dokumen, membuat mereka dapat dibaca oleh mesin dan sulit untuk dipalsukan .

Paspor ini sangat penting karena ia berfungsi untuk menentukan kewarganegaraan. Paspor adalah dokumen yang menyatakan identitas dan kebangsaan; memiliki dokumen tidak sendiri memberikan hak, seperti perlindungan oleh konsulat negara menerbitkan, meskipun mungkin menunjukkan bahwa pemegangnya memiliki hak tersebut. Beberapa paspor membuktikan statusnya sebagai seorang diplomat atau pejabat lainnya, berhak hak dan keistimewaan seperti imunitas dari penangkapan atau penuntutan, yang timbul dari perjanjian internasional sumber wikipedia.

Selain paspor beberapa negara juga menegaskan agar para turisnya menggunakan Visa Travel yang berfungsi untuk menambah investasi negara dan keamanan identitas. Apakah Anda sedang mencari informasi mengenai cara dan persyaratan membuat paspor ke luar Negeri? Sekitar satu bulan yang lalu saya memutuskan untuk membuat paspor dan ternyata proses pembuatanya cukup mudah. Selain itu persyaratannya pun tidak begitu ribet, jika Anda masih ragu dengan biaya atau persyaratannya, maka saran saya langsung saja pergi ke kantor Imigrasi di kota Anda.

Baca Juga:   Cara Membuat Visa Ke Australia Online Untuk Indonesia RI

Syarat Pembuatan Paspor Biasa 

A. Syarat Untuk WNI (Warga Negera Indonesia)
Mungkin beberapa kasus yang sering kita alami adalah penolakan ketika pemeriksaan dikarenakan ada nya coretan pada kartu identitas. Saran kami jika ada sedikit coretan, baik itu perubahan nama atau alamat rumah, maka segera untuk mengurusnya. Kemaren saya ada masalah sedikit dengan identitas di KK (Kartu Keluarga) disana kakak saya mencoret titel Sarjanannya karena kelebihan dan akhirnya ketika pemeriksan ke dua di kantor Imigrasi saya ditegur dan disuruh untuk memperbaiki nya, ya terpaksa saya harus menguru KK tadi untungnya tidak lama cuma 2 hari saja. Baiklah bagi Anda yang ingin berlibur atau berjalan-jalan ke luar Negeri maka ada beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi sebagai berikut:

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
2. Kartu Susun Keluarga (KSK).
3. Akta Lahir / Ijazah / Buku Nikah.
4. Paspor Lama (Bagi yang sudah punya)

B. Syarat Untuk Anak WNI (Warga Negera Indonesia)
Bagi anak anda warga asli Indonesia yang ingin membuat paspor untuk pergi ke luar negeri berikut persyaratannya :
1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku (milik Orang Tua).
2. Kartu Susun Keluarga (KSK) milik Orang Tua.
3. Akta Lahir
4. Ijazah
5. Buku Nikah (milik Orang Tua).
6. Paspor Lama (Bagi yang sudah punya) milik Orang Tua.



Sedikit tambahan, mohon belajar untuk mengurus dokumen apa pun secara mandiri, jangan membayar orang atau calo karena itu tidak baik. Khawatirnya mereka bisa saja memalsukan atau mengambil identitas Anda. Untuk biaya pembuatan paspor ini sangat murah cuma 350 ribu ya, setidak nya di bawah 500 ribuan lah.

Cara Melakukan Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi 

Mungkin ada diantara Anda yang bertanya mas, kan bisa buat secara online? Ya, tentu bisa namun kalau Anda memiliki waktu luang sebaiknya datang langsung ke kantornya dan usahakan lebih awal karena sebelumnya Anda harus mengisi berkas atau dokumen.

Manual atau Datang Langsung ke Kantor Imigrasi
Anda bisa melakukan permohonan pembuatan paspor secara manual dan langsung datang ke sana tidak diwakilkan. pemohon harus mengisi dokumen atau data yang disediakan pada loket permohonan dan melampirkan dokumen kelengkapan persyaratan;
Pejabat Imigrasi yang ditunjuk memeriksa dokumen kelengkapan persyaratan sebagaimana dimaksud pada poin 1;
Dokumen kelengkapan persyaratan yang telah dinyatakan lengkap, pejabat imigrasi yang ditunjuk memberikan tanda terima permohonan dan kode pembayaran;
Dalam hal dokumen kelengkapan persyaratan dinyatakan belum lengkap, pejabat imigrasi yang ditunjuk mengembalikan dokumen permohonan dan permohonan dianggap ditarik kembali.


Secara Elektronik atau Online
Bagi Anda yang cukup sibuk tidak ada waktu Anda juga bisa mengajukan permohonan paspor secara elektronik atau online, pemohon harus mengis data yang tersedia pada laman resmi Direktorat Jenderal Imigrasi;
Dokumen kelengkapan persyaratan harus disertakan dengan cara memindai dokumen kelengkapan persyaratan dan dikirimkan melalui surat elektronik;
Pemohon yang telah mengisi aplikasi data sebagaimana dimaksud pada poin 1 memperoleh tanda terima permohonan dan harus dicetak sebagai tanda bukti permohonan;
Permohonan sebagaimana dimaksud pada poin 3 yang telah diperiksa dan memenuhi persyaratan diberikan kode pembayaran melalui pesan singkat dan surat elektronik.

Itulah tadi cara lengkap permohonan dan pembuatan paspor semoga dengan membaca Syarat Pembuatan Paspor Untuk Ke Luar Negeri ini bisa membantu Anda ketika hendak membat paspor. Oh iya, sekedar informasi kalau hanya liburan sekitar Asia masih menggunakan paspor, namun kalau malu liburan ke benua Australia, Amerika dan Eropa musti membuat visa travel. 

Artikel Terkait