Rabu, 16 Desember 2015

Rahasia Cara Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

Cara Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah S1 - Banyak orang beranggapan bahwa setelah tamat kuliah ia bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah, namun apa yang mereka harapkan itu ternyata tidak sesuai dengan kenyataan. Angka pengangguran di Indonesia setiap tahuannya semakin mengingkat, mayoritas angka pengangguran ini dari kalangan yang baru menyelesaikan kuliah. Tidak sedikit diantara mereka yang baru selesai kuliah cemas, malu bahkan takut keluar rumah karena menghindari pertanyaan yang sering diajukan oleh masyarakat. Ironisnya beberapa diantara mereka gengsi untuk bekerja di level lebih rendah, padahal kalau kita memandang secara positif, anggap saja pekerjaan itu adalah awal dari langkah kita bukan malah malu dan gengsi.

Ada banyak sekali pekerjaan yang bisa kita lakukan sekarang ini, namun pertanyaanya apakah kita mau dan tidak malu? Meskipun, Anda memiliki level pendidikan lebih tinggi, namun apa salahnya mengerjakan pekerjaan dibawah Anda. Jangan pernah malu dengan apa kata orang, toh semua itu bukan mereka yang melakukannya.

Sejatinya sejak awal Anda harus mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan yang ketat di luar sana. Pekerjaan terbaik adalah hobi yang dibayar, artinya Anda mengerjakan suatu pekerjaan dengan senang hati dan sesuai dengan minat Anda. Pada dasarnya kita ingin sekali bekerja sesuai dengan bidang kita, tetapi pada kenyataannya banyak diantara kita yang bekerja bukan pada bidang yang kita sukai. 

Tertarik rasanya saya untuk berbagi sedikit informasi mengenai cara mendapatkan pekerjaan ini. Ingat jangan cemas, jangan takut dan terpenting adalah jangan pernah gengsi dengan apa yang Anda lakukan. Jika Anda gengsi, maka yang akan Anda dapatkan adalah malu dan cemas. Berikut adalah tips simple dari kami mengenai cara mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah.





Rahasia Cara Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah



1. Selalu Update Dengan Akses Informasi & Relasi


Salah satu yang menyebabkan kita tidak mendapatkan pekerjaan adalah karena lemahnya akses informasi yang kita dapat. Jangan pernah melakukan segalanya sendiri, cobalah untuk menjalin relasi yang baik dengan teman-teman Anda. Sering-seringlah komunikasi apa lagi sekarang ini era gadget mungkin hanya sekedar Ping! BBM atau menyapa teman di Facebook. Jika Anda pandai berkomunikasi dan menjalin relasi saya yakin Anda bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan.

Coba banyangkan Anda tidak pernah berkomunikasi kepada teman, namun tiba-tiba minta pekerjaan tentu orang pikir-pikir dulu. Akan tetapi jika Anda sering menyapa dan berkumonikasi dengan teman saya yakin Anda tidak perlu bertanya atau minta informasi lowongan pekerjaan, tetapi teman Anda yang akan memberikannya tanpa diminta. Itulah kehebatan komunikasi. Kita bisa lebih akrab, dekat namun usahakan jangan terlalu sering dan terus menerus karena akan menganggu juga. 


2. Manfaatkan Teknologi Untuk Mengakses Informasi


Di Era Internet ini apa pun bisa kita akses tanpa harus keluar rumah dan salah satunya yang paling banyak orang akses sekarang ini adalah tentang lowongan pekerjaan. Kita hidup di Zaman Internet dan saran saya jangan sampai Anda gaptek atau gagap teknologi. karena banyak kasus mahasiswa setelah lulus kuliah masih bingung menggunakan fungsi Internet dan Sosial media, oleh karena itu Sekarang ini kita dituntut untuk bisa dan gaul dalam bersosialisasi melalui jejaring sosial. 

Cobalah untuk sering-sering browsing mencari pekerjaan, seperti yang Anda lakukan sekarang ini. Para perusahaan tidak lagi repot repot seperti dulu karena untuk mengumumkan lowongan pekerjaan mereka hanya menyewa orang untuk menulis mengenai lowongan pekerjaann di website mereka atau biasanya para perusahaan juga beriklan di Google agar Informasi tentang lowongan pekerjaan perusahaan mereka bisa dengan mudah ditemukan.



3. Jangan terlalu memilih dalam mencari pekerjaan.



Biasanya setelah sarjanan kebanyakan orang gengsi dalam pekerjaan. Kalau ketemu dengan teman satu kampus, pasti mereka bertanya '' Eh, sekarang kamu kerja apa dan di mana?''. Memilih pekerjaan itu adalah suatu hal yang perlu dilakukan, namun ingat setatus Anda sekarang? Anda baru saja lulus kuliah dan masih awam dengan dunia pekerjaan, oleh karena itu ada bainya Anda untuk belajar dulu dari pengalaman kerja yang ada. 

Secara garis besar pengalaman kerja memang sangat penting dan dibutuhkan guna agar ilmu kita bertambah. Jangan pernah membandingkan diri kita dengan orang lain, mungkin teman Anda yang bekerja di Bank atau di kantor Asuransi mereka sedang beruntung, namun kita tidak pernah tau nasib kedepannya. Siapa tau nasib Anda lebih baik dan bisa menghasilkan uang yang lebih besar.


4. Jangan Pernah Membandingkan diri


Saya pernah membaca sebuah artikel tentang ciri-ciri orang sukes dan salah satunya yang selalu ada dalam benak saya adalah '' Jangan pernah membandingkan diri dengan orang lain''. Jika sekarang kita belum beruntung, maka bersabarlah. Jika sekarang ini kita masih menggunakn seragam yang ada, maka bersyukurlah. Kita hidup di dunia ini hanya sementara dan yang terpenting adalah bagaimana kita bisa bersyukur, sabar dan bekerja keras sekuat dan semampu kita.

Cobalah untuk memahami diri Anda. Cari kelebihan di dalam diri Anda. Banyak kisah sukses dari mereka yang hanya bekerja di rumah saja artinya mereka hanya beerja melalui Internet dan sebagian dari mereka mendapatkan gaji puluhan bahkan ratusan juta perbulan. Itu artinya pekerjaan tidak hanya di kantor saja, namun yang paling penting dalam bekerja itu adalah kita selalu gembira dan cinta dengan pekerjaan kita.



5. Sering-sering mencari Informasi mengenai Lowongan Pekerjaan



Untuk lebih mudah mendapatkan pekerjaan, mungkin Anda harus selau update dalam mencari informasi yang berbau loker ini. Manfaatkan koran, email, majalah, brosur dan Internet sebagai media untuk mencari pekerjaan.

6. Kuasai Berbagai Keterampilan


Seperti yang saya bilang tadi bahwa keterampilan atau skill itu sangat dibutuhkan dalam mencari pekerjaan. Banyak para perusahaan yang mempertimbangkan seorang karyawan karena keterampilan mereka misalkan Anda suka desain, maka asah terus skill Anda di bidang desain tadi. Selain itu jangan lupa tunjukan keteramilan Anda ke teman atau orang lain, karena jika keterampilan Anda tidak diketahui dan diakui oleh orang lain, maka asia-sia donk.


7. Kuasai Bahasa Asing 


Banyak para perusahaan yang mencari orang yang bisa menguasai bahasa asing. Kaitannya dengan sekarang ini, bahasa asing seperti Bahasa Inggris memang sangat penting dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Oleh karena itu asah terus kemampuan Anda dalam berbahasa.




8. Berdoa Kepada Tuhan


Terkadang kebanyakan dari kita lupa untuk berdoa, oleh karena itu setelah kita berusaha, maka hal terpenting yang harus kita catat baik-baik adalah berdoa. Minta petunjuk dan arahan kepada tuhan agar kita bisa mendpatkan pekerjaan yang layak.


Itulah tadi sedikit inforamsi mengenai Rahasia Cara Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah. Semoga apa yang disampaikan oleh tim redaksi bisnisborneo.com ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khusunya bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan.

Artikel Terkait