Senin, 14 Desember 2015

Penyebab Mengantuk Saat Bekerja dan Solusinya

Penyebab Mengantuk Saat Bekerja - Ada banyak alasan kenapa seseorang sering mengantuk saat bekerja, mungkin salah satunya adalah lembur terlalu larut malam. Ngantuk adalah aktifitas dimana daya tahan tubuh kita menurun biasanya disebabkan terlalu banyaknya kegiatan serta faktor lain yaitu penyakit diabetes, stress dan kurangnya asupan gizi. Saya pikir hampir dari semua kita pernah mengalami kantuk atau tertidur di tempat kerja dan di sekolah. Tidur memang sehat, namun kalau sering tidur disaat jam bekerja dan sekolah apa itu sehat?

Hal yang tidak kita inginkan adalah ketika kita mengantuk dan tiba-tiba atasan melihat tentu itu akan membuat kita malu. Susah tidur itu tidak baik dan sering tidur itu juga tidak baik. Saya pikir ngantuk saat bekerja itu adalah hal yang normal apa lagi ketika malam harinya Anda memiliki banyak pekerjaan. Tetapi kita haru memiliki prioritas artinya ketika bekerja ya, bekerja dan ketika istirahat, ya istirahat dan jangan pernah mencampur adukan keduanya dalam satu waktu.

Kita sering beranggapan dengan minum secangkir kopi akan mencegah rasa ngantuk? ya, mungkin secangkir kopi adalah salah satu cara yang sering kita lakukan, namun Anda harus mempertimbangkan efeksampingnya. Kandungan kafein bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel syaraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin.

Perlu ditekankan lagi bahwa kopi selain bermanfaat untuk kesehatan ternyata kopi juga memiliki kerugian. Salah satunya adalah efek ketergantungan.
Minum kopi ternyata dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Sebuah penelitian yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah.
Kafein juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah.




Penyebab Mengantuk Saat Bekerja dan Solusinya



1.Anemia Atau  Kurang Darah


Sebagaimana kita ketahui bahwa Anemia adalah salah satu penyakit yang umum diderita oleh masyarakat dan Anemia itu sendiri adalah berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin didalam darah. Hemoglobin atau yang disingkat dengan (Hb) adalah suatu senyawa protein pembawa oksigen didalam sel darah merah. Sel darah merah di produksi di sumsum tulang. Dan rasa kantuk ini sering kali disebabkan karena kekurangan darah. Biasanya kita kurang mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti susu, daging, telur, sayuran dan buah-buahan. Oleh karena itu cobalah untuk mengecek darah Anda ke dokter atau puskesmas terdekat untuk mengetahui berapa tekanan darah Anda. Pada umumnya, orang dewasa dengan kondisi tubuh sehat memiliki tekanan darah normal di bawah atau setara 120/80 mm Hg. Angka 120 menunjukkan tingkat tekanan ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh atau biasa disebut tekanan sistolik. Sementara angka 80 berarti tingkat tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa lagi atau kerap disebut tekanan diastolik. Tekanan darah tergolong normal selama berada di bawah 140/90. ref' alodokter.



2. Mngalami Insomnia 


Gangguan tidur seperti insomnia juga dapat menyebabkan kenapa mata Anda terus mengantuk. Jika kalian terkena insomnia atau sleep apnea maka sistem pernapasan kalian dapat terhambat. Efeknya sudah jelas yaitu kelelahan dan selalu merasa ngantuk. Solusinya adalah cepat-cepat memeriksakan diri ke dokter dan tanya tentang permasalahan tidur Anda.


3. Kurang Asupan Air dalam Tubuh



Kurangnya asupan air dalam tubuk akan menyebabkan terhambatnya peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh, oleh sebab itu pastikan Anda mengkonsumsi cukup air agar tubuh Anda terasa ringan, segar dan memiliki banyak energi saat bekerja. Mengkonsumsi air putih dengan rutin setiap harinya dapat menurunkan berat badan dan melancarkan buang air.


4. Kalau masih mangantuk Cobalah untuk berjalan atau berkeliling di sekitar kantor


Dianyatakan dalam sebuah studi bahwa, Robert Thayer PhD, seorang profesor di California State University, Long Beach, mempelajari apakah orang-orang lebih bersemangat dengan makan permen atau berjalan-jalan?

Meskipun mengunyah permen karet meningkatkan energi, satu jam kemudian tubuh akan kembali lelah. Sementara berjalan selama 10 menit meningkatkan energi hingga dua jam ke depan. Itu karena saat berjalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah Anda ke otak dan otot.

Jika Anda bekerja di meja, sering-seringlah untuk berjalan-jalan sebentar. Baik di luar gedung saat jam makan siang atau di gedung tempat Anda bekerja, akan membuat Anda merasa lebih waspada dan segar.


5.Tarik nafas dalam


Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.

Artikel Terkait