Peluang Usaha Sablon Digital

Peluang Usaha Sablon Digital - Usaha sablon memiliki peluang yang sangat besar apa lagi sekarang ini orang mudah bosan dengan kaos dan baru beberapa kali pakai sudah ganti. Usaha sablon ini relatif lebih banyak untung karena dalam satu lusin orderan Anda bisa mendapatkan keuntungan antara 100- 500 ribu. Walau sekarang ini banyak pelaku UKM yang sudah menjalankan usaha ini, namun tidak menutup kemungkinan jika Anda memiliki modal dan strategi marketing yang bagus juga bisa menjalanakan usaha sablon ini. Untuk usaha sablon kaos terdapat 2 tipe, yaitu sablon manual dan sablon DTG atau Digital.

Sablon manual adalah salah satu cara menyablon kaos yang masih membutuhkan tenaga manusia artinya segalanya masih kita kerjakan dengan tangan. Sedangkan sablon DTG adalah proses penyablonan yang dilakukan dengan bantuan mesin, biasanya sablon Digital ini lebih praktis, tidak banyak kerja dan bisa menyablon dengan banyak vareasi warna. Bisnis sablon kaos di Indonesia memang sangat menggiurkan, apalagi bila datang masa kampanye atau pemilu, tentu banyak sekali partai yang memesan kaos. Dan Omset bisnis sablon ini bisa naik berkali-kali lipat.

 Berikut adalah contoh atau gambaran mengenai sablon manual dan sablon DTG



Gambar diatas adalah contoh bagaimana proses sablon manual dan sablon dengan menggunakan mesin digital. Dewasan ini usaha sablon kaos merupakan penyang usaha yang sangat menjanjikan dan dengan modal kecil. Denga hanya bermodalkan 2-5 juta saja Anda sudah bisa memulai usaha ini dan apa lagi jika Anda memang hobi dengan kaos dan sablon tentu usaha yang Anda geluti lebih menyenangkan.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Sablon Manual


Apa saja keuntungan yang bisa kita peroleh dari menggunakan sablon manual ini? Sablon manual ini adalah salah satu tehnik sablon yang masih banyak orang gunakan sekarang ini, tak heran jika masih banyak kaos yang dijual di pasaran masih menggunakan tehnik sablon manual ini. Keuntungan tehnik sablon manual ini adalah peralatannya terbilang lebih murah, baik itu screen, tinta dan peralatan pendukung lainya.

 Peralatan yang dibutuhkan dalam teknik menyablon manual tidak begitu banyak. Sejumlah peralatan itu adalah kaos sebagai media sablon, papan tripleks yang luasnya disesuaikan dengan ukuran kaos, screen atau rangka dengan tampilan gambar yang telah diafdruk, rakel yang telah terpasang pada pegangan rakel, tinta sablon khusus untuk bahan tekstil, lakban, beberapa lembar plastik dan kain perca berbahan katun. Sediakan juga air sesuai kebutuhan, guna mengeringkan sisi tinta.

kelebihan :
1. Warna sablonan tidak cepat pudar, tergantung tinta yang digunakan
2. Bisa menggunakan teknik timbul / busa
3. Untuk pemesanan massal, biaya sablon lebih murah
kekurangan :
1. Kurang bagus untuk menyablon foto / gambar yang berwarna-warni
2. Proses pengerjaan yang lebih lama karena ada proses pembuatan film afdruk, penyablonan, penjemuran, dsb.
3. Tidak bisa mengerjakan kaos dalam jumlah satuan, harus ada minimal order karena biaya sablon untuk satuan relatif besar.
4. Biasanya setelah dicuci berulang kali dan dipakai beberapa bulan, gambar akan mengalamai keretakan.


Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Sablon DTG Atau Sablon Digital



Sablon digital adalah proses penyablonan dengan menggunakan mesin sablon otomatis biasanya menyerupai Printer. Setiap tehnik tentu memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing, namun bagi Anda yang ingin ikut tren zaman, maka tehnik sablon denga menggunakan DTG adalah alternatif terbaik. Metode atau tehnik sablon dengan menggunakan Mesin ini jendrung lebih cepat, efesin, hemat waktu, tidak banyak buang tenaga dan bisa melakukan sablon dengan banyak warna.

Pada dasarnya peralatan yang digunakan pun cendrung lebih mudah seperti tinta dan perlengkapan printer yang sudah kita beli. Kerugiannya hanya terdapat pada proses penyablonan yang tidak bisa dilakukan secara masal dan langsung karena mesih harus diistirahatkan karena mudah panas.


kelebihan :
1. Kombinasi Warna yang dihasilkan lebih banyak sesuai keinginan Anda
2. Anda Bisa menyablon foto atau gambar yang berwarna-warni.
3. Proses pengerjaan bisa lebih cepat, karena menggunakan media kertas transfer (transfer paper).
4. Lebih cepat kering setelah proses "pengepressan" dengan mesin press digital.
5. Bisa membuat kaos satuan tanpa batas pemesanan.
kekurangan :
1. Gambar/foto tidak tahan lama (cepat pudar), karena bergantung pada kualitas kertas transfer dan tinta untuk mencetak foto di kertas transfer.
2. Harga bisa lebih mahal, karena mahalnya kertas transfer dan investasi pada mesin press serta printernya.
3. Kaos yang digunakan tidak bisa variatif, hanya beberapa jenis kaos yang cocok digunakan untuk sablon digital ini seperti katun combed.
Alasannya karena kaos bahan katun combed menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi daripada jenis bahan lainnya seperti
kaos bahan TC ataupun PE, untuk menutupi biaya sablon digital ini.
4. Luas / areal sablon digital tidak bisa lebih besar dari luas kertas transfer yang umumnya berukuran A4.

Cara Memulai Usaha Sablon Kaos Digital


Di era modern ini kebanyakan orang ingin tampil eksis dan trendi. Salah satu caranya adalah dengan mengenakan kaos atau pakaian yang keren. Sekarang ini kebanyakan orang lebih suka nyablon kaos satuan ketimbang beli kaos di distro atau mall, karena ada satu kasus ketika ia beli di mall dan kemudian besok nya jalan ke mall lagi ada orang yang mengenakan kaos yang sama. Tentu hal tersebut membuat ia malu.

Orang lebih suka dengan kaos limited edition artinya kaos tersebut hanya dibuat satu saja dan kalaupun ada hanya beberapa saja. Peluang usaha sablon digital ini memang sangat menjanjikan apa lagi jika Anda tinggal di daerah dimana usaha sablon ini masih minim. 

1. Modal Untuk Usaha

Sebelum kita memulai usaha tentu hal yang paling penting adalah modal. Modal adalah masalah klasik yang sering orang pertanyakan sekarang ini. Sebenarnya modal itu tidak hanya uang saja, namun modal yang terpenting adalah modal keterampilan, modal jaringan dan modal komunikasi. Jika Anda tidak punya modal, namun memiliki teman yang memiliki banyak uang kenapa Anda tidak meminta kerja sama saja.

Saran saya jangan pernah memulai usaha atau bisnis dengan modal pinjaman dari bank karena usaha ini adalah suatu hal yang goib, artinya kita tidak tau nasib kita kedepannya. Carilah modal sewajarnya saja da jangan terlalu nekat dalam membangun usaha. 

2. Passion 

Sebelum Anda memulai suatu usaha pastikan Anda menyukai usaha tersebut. Anggap saja usaha yang Anda jalanakan adalah hobi karena jika Anda terlalu serius dalam menjalankan usaha dan nantinya gagal, maka Anda akan kecewa, stres bahkan gila. Usaha yang paling mantap itu adalah hobi yang dibayar. 

3. Mengasah Keterampilan 

Sebelum Anda memulai usaha ini, sebaiknya Anda mengetahui seluk beluknya terlebih dahulu dan jangan asal hajar saja, khawatirnya jika Anda bingung Anda akan melepas begitu saja usaha ini. Kan, sayang jika sudah begitu. Oleh karenanya sebainya Anda belajar terlebih dahulu metode atau cara desain, menyablon dan terlebih relasi. Cari teman yang satu visi dan misi dengan Anda ajak dia untuk berbisnis bersama Anda.

4. Survey

Sebelum memulai usaha sangat penting rasanya untuk melakukan survey. Lakukan survey kecil-keclilan terlebih dahulu. Cari lokasi strategis yang mudah diakses kendaraan dan sinyal internet atau hp. 

5.Cari Penjual Sablon DTG yang Murah dan Memiliki pelayanan baik

Sangat penting rasanya untuk memiliki mitra yang baik, sopan dan bisa tanya jawab. Pastikan Anda membeli mesin sablon dtg dengan cermat, karena khawatirnya sekarang ini banyak kasus penipuan.

6. Promosi dan Marketing

Marketing adalah hal yang paling penting dalam bisnis, tak heran jika sekarang ini para perusahaan berlomba-lomba mempromosikan produk mereka baik melalui online, maupun secara langsung. Sekarang ini zaman semakin canggih dimana semaua orang bisa dengan leluasa melihat dunia. Dengan memanfaatkan promosi melalui Online tentu nilai jual dan beli produk kita semakin mantap. Anda mungkin bisa mempomosikan melalaui online seperti iklan facebook, iklan Google, review blog, mengadakan kontes SEO untuk produk Anda dsb. Untuk secara langsung, mungkin bisa dengan menyebar brosur, pasang iklan di koran, di manalah dan membagikan stiker.

Itulah tadi sedikit informasi singkat mengenai Peluang Usaha Sablon Digital, semoga setelah membaca artikel ini bisa memberikan Anda inspirasi dan semoga usaha sablon Anda kedepannya semakin cerah.

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...