Minggu, 13 Desember 2015

Kerajinan Dari Barang Bekas Dan Proses Pembuatannya

Kerajinan Dari Barang Bekas - Barang bekas adalah barang yang sudah digunakan. Kebanyakan barang bekas ini dianggap sebagai barang tidak layak dan haruslah dibuang ke tempat sampah, namun ada sebagian industri kreatif yang malah mengambil keuntungan dari barang bekas ini. Ada berbagai macam fungsi dan kegunaan dari barang bekas ini, jika kita pandai memanfaatkannya tentu ia juga akan bernilai ekonomis. Kebanyakan dari kita hanya memproduksi sampah saja, namun enggan menciptakan suatu kerajinan atau barang yang berguna dari sampah tersebut. Saya akui sifat manusia itu memang pemalas dan harus selalu dimotivasi agar mendapatkan inspirasi. Bagi Anda yang pernah sekolah tentu pernah mendapatkan tugas dari guru kesenian untuk membuat kerajinan tangan?

Secara pribadi saya juga sering ditugaskan untuk membuat aneka kerajinan dari barang bekas. Namun, ada juga guru yang menugaskan untuk membuat kerajinan tangan dari barang tertentu seperti dari tanah liat, sulaman, rajutan, gambar sampai dari pecahan kaca atau botol yang sering kita kenal dengan isitilah mozaik kaca.

Artikel ini mengingatkan saya pada masa sekolah dulu, yaitu tentang membuat kerajinan mozaik kaca. Kita hidup ini dituntut untuk lebih kreatif lagi dan sudah banyak kisah sukses dari mereka yang tekun, ulet mengelola sampah menjadi uang. Industri kerajinan tangan seakan tiada matinya karena ada saja ide yang orang ciptakan baik dari limbah, maupun barang sederhana. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit informasi mengenai kerajinan tangan dari barang bekas unik dan cantik. 


Kerajinan Dari Barang Bekas Dan Proses Pembuatannya



Contoh Kerajinan Tangan Dari Pecahan Kaca Bekas

Pecahan botol bekas biasanya sering kita buang, namun taukan Anda bahwa dari pecahan botol bekas tersebut bisa dibuat sebuah kerajinan tangan yang biasa umum orang kenal dengan mozaik kaca. Biasanya pecahan botol yang digunakan adalah botol yang memiliki warna yang unik seperti hijau, biru, merah, dsb. Semakin banyak vareasi warna, maka semakin indah juga hasil lukisan yang dihasilkan.





Pada umumnya mozaik ini adalah lukisan kaca, namun sekarang ini banyak dikembangkan menjadi desain Interior sebuah bangunan atau rumah seperti lantai atau tembok. Anda bisa memanfaatkan kaca bekas atau cermin dan membuat kerajinan tangan mozaik ini. Hasilnya bisa Anda lihat pada gamabr di atas sangat kereatif dan cantik.


2. Contoh Kerajinan Tangan dari Botol Plastik Bekas




kerajinan tangan dari botol plastik bekas tempat wadah dan mainan anak. Dewasa ini banyak kita yang tidak sadar bahwa ternyata dari botol bekas bisa kita olah sebagai mainan, wadah, dan vas bunga. Kebanyakan dari kita mungkin setelah minum botolnya dibuang atau ada juga dijual ke tukang loak? Bagi Anda yang memiliki kreativitas tentu hal tersebut akan sangat rugi sekali karena dengan barang bekas dari botol ini bisa kita olah berbagai macam vareasi kerajinan seperti yang bisa Anda lihat diatas tadi. Selain itu botol bekas juga bisa kita buat vas bungan yang cantik lagi unik.



3. Contoh Kerajinan Tangan Dari Koran Bekas





Kita sering mendengar isitilah kerajinan tangan dari koran bekas, namun secara umum apakah Anda pernah melihat nya? Saya yakin mungkin yang paling umum Anda lihat adalah perahu, atau pesawat dari koran bekas? Ada banyak sekali ide kreatif yang bisa kita salurkan dari koran bekas ini dan beberapa diantaranya adalah seperti gamabr diatas tadi.



4. Contoh Kerajinan Tangan Dari Kantong Plastik 





Dulu waktu saya masih kecil, saya sering melihat orang ketika hari raya lebaran menghiasi rumah mereka dengan kerajinan tangan bunga dan kerajinan tangan kantong plastik yang diisi dengan air warna warni. Saya yakin mungkin sebagian dari Anda belum pernah melihat kerajinan tangan seperti ini dan sekarang kerajinan tangan ini hampir tidak ada lagi dan kalaupun ada hanya ada sedikit sekali. Sayang sekali gamabr nya tidak ada dan sebagai ide nya akan saya beri beberapa saja dari kantong plastik es.

Baca Juga: Kerajinan tangan untuk di rumah

Baca Juga: Kerajinan Cara Membuat Gelang Dari Tali Sepatu 


Itulah tadi sedikit inforamsi mengenai Contoh Kerajinan Dari Barang Bekas , semoga dengan membaca artikel ini bisa memberikan Anda ispirasi atau ide kedepannya dalam membuat kerajinan. Sebenarnya banyak sekali cara untuk menghiasa rumah dan kita tidak perlu membeli funiture yang mewan nan mahal. Kita mungkin cukup memanfaatkan barang yang murah meriah sebagai bahan dasar untuk menghias rumah.

Artikel Terkait