Selasa, 01 Desember 2015

Daftar Harga Pembuatan Paspor di Seluruh Dunia dari Yang Murah Hingga Termahal


Daftar Harga Pembuatan Paspor di Indonesia berapa ya? Mungkin ada sebagian dari Anda yang bertanya demikian bukan? Secara pribadi kemaren saya membuat paspor reguler itu sekitar Rp.350 ribu kalau tidak salah intinya dibawah 500 ribu lah pembuatanya cukup mudah dan cepat Anda hanya perlu melengkapi persyaratan seperti photo copy KTP, Akte kelahiran, buku nikan (bagi yang sudah nikah) dan untuk info selengkapnya Anda bisa datang ke kantor Imigrasi di kota Anda. Bicara mengenai harga pembuatan paspor ni,saya memiliki beberapa info menarik. 

Seperti yang saya bilang tadi untuk biaya pembuatan paspor di Indonesia sekitar 350 ribuan dan jika Anda berpikir biaya membuat paspor tersebut cukup mahal, maka ada kalanya Anda melihat terlebih dahulu mengenai berapa uang yang harus dikeluarkan di Turki. Baru-baru ini, sebuah situs penelitian Statista menemukan, biaya pembuatan paspor di Turki sebagai yang termahal di dunia.

Jika di Indonesia khusunya daerah perbatasan Anda bisa dengan bebeas ke luar negri dengan syarat ada izin atau paling penting paspor, maka berbeda dengan negara Turki. Di Turki, warga yang hendak bepergian ke luar negeri harus menyiapkan uang senilai US$ 251 atau sekitar Rp 3,42 juta untuk membuat paspor. (Kurs: Rp 13.647/US$). Dibandingkan dengan upah minimum pekerja di Turki, seorang pegawai perlu bekerja 95 jam guna mendapatkan uang yang cukup untuk membuat paspor tersebut.

Pembuatan paspor di Meksiko. Bahkan jika dihitung setara dengan upah minimum pekerja di sana, para pegawai perlu bekerja hingga 266 jam guna mendapatkan bayaran yang setara dengan harga paspor tersebut. Seharusnya kita sebagai warna Indonesia harus banyak bersyukur dengan harga segitu tentunya sangat murah sekali.

Tak hanya menemukan Turki sebagai negara dengan paspor termahal di dunia, Statista juga berhasil menghimpun sembilan negara lain. Berikut sepuluh negara dengan biaya pembuatan paspor termahal di dunia: sumber liputan6

Baca Juga : » Cara Membuat Visa Ke Australia Online Untuk Indonesia RI


Daftar Harga Pembuatan Paspor di Seluruh Dunia dari Yang Murah Hingga Termahal 

1. Turki

Cost of passport:US$ 251 atau Rp 3,42 juta

2. Australia

Cost of passport: US$ 206 atau Rp 2,8 juta

3. Swiss

Cost of passport: US$ 159 atau Rp 2,17 juta

4. Meksiko

Cost of passport:US$ 155 atau Rp 2,12 juta

5. Amerika Serikat

Cost of passport: US$ 135 atau Rp 1,84 juta


Artikel Terkait