Minggu, 20 Desember 2015

Daftar Orang Terkaya Di Dunia Sepanjang Sejarah

Orang Terkaya Di Dunia Sepanjang Sejarah - Mungkin banyak pertanyaan yang terlontar pada diri kita atau pun orang lain mengenai siapa orang terkaya sepanjang sejarah ini. Kita sering mendengar baik melalui media ataupun secara langsung Bill Gates adalah orang terkaya di dunia, namun tahukan Anda bahwa si Bill Gates memang orang terkaya, tapi bukan satu-satunya orang terkaya sepanjang sejarah. Sebelum Bill Gates menjadi orang terkaya, tentu sebelumnya ada donk orang terkaya? Kira-kira siapa saja mereka? Berikut adalah dafatr orang terkaya sepanjang sejarah menurut laman Time.com.




1. Alan Rufus (Alan the Red)


Sebelum kita menyelam lebih dalam siapa itu Alan Rufus atau yang akrap disapan dengan sebutan Alan the Red dia adalah seorang pria yang hidup di era abad ke-10 dengan kekayaan yang sangat luar biasa. Dia dalah keponakan dari William sang penakluk ini lahir tahun 1040 dan meninggal 1093. Dia meninggalkan kekayaan 11.000 poundsterling. Time memperkirakan angka tersebut setara US$ 194 miliar jika dikonversi ke dolar tahun 2014. Itu juga setara Rp 2725,7 triliun jika dilihat dari kurs: 14.050/dolar
Menurut penulis Phillip Beresford dan Bill Rubenstein yang menulis The Richest of the Rich, , uang itu setara 7 persen dari GDP Inggris kala itu.


2. John D Rockefeller


Rockefeller adalah pendiri Standard Oil, yaitu sebuah perusahaan yang bekerja di bidang Industri minyak. kekayaan Rockerfeller sepenuhnya dihasilkan dari berinvestari di bidang ini ia memulai karir nya pada tahun 1863 dan 1880 dia mendirikan perusahaan Standard Oil tadi. Perusahaan ini menguasai 90 persen minyak di Amerika, maka tidak heran jika dia bisa menjadi salah satu dari sekian banyak orang terkaya di Dunia. Minyak memang ladang uang.

Menurut New York Times obituary Rockefeller memiliki kekayaan sekitar US$ 1,5 miliar berdasarkan pengembalian pajak ppenghasilan federal dan perkiraan seluruh kekayaannya. Itu setara dengan hampir 2 persen dari output ekonomi Amerika. Nilai kekayaan Rockefeller di 2014 bisa mencapai US$ 341 miliar.



3. Andrew Carnegie


Andrew Carnegie disebut sebagai orang terkaya di Amerika sepanjang secarah. Dia adalah imigran dari Skotlandia yang hidup pada tahun 1853 hingga 1919. Dia menjual perusahaanya US Steel ke JP Morgan senilai US$ 480 juta pada 1901.

Menurut info yang kami dapat bahwa, jumlah kekayan nya tersebut setara dengan 2,1 persen dari GDP Amerika Serikat kala itu.  Tak, heran jika dari hasil tersebut bisa mengantarkan  Carnegie menjadi orang terkaya di AS sepanjang sejarah, karena jika dikonversikan ke dolar 2014, kekayaannya mencapai US$ 372 miliar.



4. Joseph Stalin


 Joseph Stalin memang sangat terkenal di seluruh dunia apa lagi di Rusia, pria yang hidup di tahun 1878 hingga 1953 ini juga dikenal sebagai salah satu diktator paling berpengaruh di dunia dan ia juga menguasai salah satu negara di ekonomi besar di Rusia. 

Masuknya Stalin dalam daftar ini adalah karena perannya yang besar dalam mengendalikan Rusia. Disebutkan pada 1950, tiga tahun sebelum kematian Stalin, Rusia berkonribusi sekitar 9,5 persen dari output perekonomian global. Sementara di 2014, produksi tersebut bisa setara US$ 7,5 triliun. uang tersebut tak berarti milik Stalin secara langsung, tapi dia punya kemampuan untuk mengendalikan ekonomi Rusia ke arah mana saja yang ia suka.



5. Akbar I


Mungkin Anda baru ini bukan mendengar nama Akbar I? Ya, dia adalah seorang kaisar India dari Dinasti Mughal yang hidup di era 1542-1605. Sejatinya Akbar punya kendali penuh terhadap kerajaan yang dinilai seperempat alias 25 persen dari produksi ekonomi dunia. Maka tidak heran jika dia dinobatkan sebagai orang terkaya diurutan ke 5 sepanjang sejarah.

Penulis Fortune Chris Matthews yang mengutip sejarawan ekonomi Angus Maddison, memperkirakan GDP per kapita India di bawah kendali Akbar bisa dibandingkan dengan zaman Elizabeth Inggris.



6. Kaisar Shenzong



Dinasti Song di China yang berkuasa tahun 960 hingga 1279 ini adalah salah satu kerajaan yang paling berpengaruh secara ekonomi sepanjang sejarah. salah satu kasiarnya adalah Shenzong yang lahir pada 1048-1085.

Menurut Professor Ronald A Edwards, sejarawan ekonomi Dinasti Song di Tamkang University, kerajaan berkontribusi sekitar 25 sampai 30 persn dari produksi ekonoi dunia, selama masa kejayaannya.

Kekayaan kekaisaran datang dari sektor inovasi teknologi dan kemampuan luar biasa dalam pengumpulan pajak, yang menurut Edward ratusan tahun lebih unggul dibanding pemerintah negar Eropa.



7. Augustus Caesar


Tak hanya Augustus Caesar yang punya kendali padda kerajaan yang dinilai 25 hingga 30 persen dari produksi ekonomi dunia. Tapi menurut professor sejarah Stanford, Ian Morris, Augustus Caesar pada satu titik memengang kekayaan pribadi yang diperkirakan satu per lima dari total ekonomi negara. Kekayaan itu diperkirakan setara US$ 4,6 triliun di era 2014 sekarang.


8. Mansa Musa


Raja Timbuktu, Mansa Musa, sering disebut sebagai orang terkaya dunia sepanjang sejarah. Menurut profesor sejarah Ferrum College, Richard Smith, kerajaan Afrika Barat itu dinilai sebagai produsen emas terbesar di dunia. Pada saat itu, emas permintaannya sangat banyak.

Jadi seberapa kaya Musa? Tak ada yang bisa memperkirakan secara pasti berapa kekayaan Musa yang hidup 1280 hingga 1337.



9. Genghis Khan


Kaisar Mongolia yang hidup pada 1162 hingga 1227 ini punya banyak tanah, dan itu yang menjadi sumber kakayaan Genghis Khan. Sebagai pemimpin Mongol, yang panjangnya bisa mencapai Jarak China ke Eropa, dia menguasai kekaisaran terluas di dunia sepanjang sejarah. Meski begitu, kabar mengatakan, Genghis tak punya kekayaan berbentk harta. Sebaliknya, kemurahan hati Khan adalah kunci dari kekuasaannya.

"Salah satu kunci kesuksesan Khan adalah membagi hasil barang rampasan dengan para prajurit dan komandannya,": tutur Morris Rossabi, profesor sejarah di CUNY Queens College.

10. Bill Gates


Siapa yang tidak kenal yang satu ini? Ya sang pendiri Microsoft ini memang belakangan ini menjadi pembicaraan yang hangat. Bahkan ada yang mengibaratkan kekayaan si Bill Gates ini jika disusun bisa sampi ke bulan? Bahkan uang nya mengalir setiap detik, meskipun ia sedang tidur dan buang air? Dalam daftar ini, Bill Gates boleh jadi adalah satu-satunya orang terkaya dunia sepanjang sejarah yang hidup di era modern. Namanya juga sangat terkenal sekarang sebagai orang terkaya dunia yang masih hidup. Kekayaan sang pendiri Microsoft ini menurut Forbes mencapai US$ 79 miliar. (Zul/Ndw)

Itulah tadi sedikit informasi menarik mengenai orang terkaya sepanjang sejarah. Semoga dengan informasi tadi bisa memberikan kita motivasi agar selalu bekerja keras dan cerdas. 

Artikel Terkait