Senin, 28 Desember 2015

Cara Membuat Aquascape Air Tawar Sederhana

Cara Membuat Aquascape Air Tawar Sederhana - Memelihara ikan hias adalah salah satu hobi yang sangat menyenangkan, apa lagi ikan yang kita pelihara itu lucu dan memilik warna yang indah. Bagi mereka penghobi ikan hias biasanya memiliki aquarium, baik ukuran besar maupun kecil dan tidak sedikit juga yang memutuskan untuk membuat kolam kecil di halaman rumah. Kali ini sayangnya kita tidak bicara mengenai aquarium, melainkan kita akan membahas secara mendalam mengenai aquascape.

Aquascape tentu berbeda dengan aquarium. Jika tadi aquarium fokus kita adalah memelihara ikan, namun aquascape hanya memelihara tanaman hias yang dilengkapi dengan beberapa ekor ikan dan udang yang berfungsi sebagai hiasan. Sebelum kita menyelam lebih dalam mengenai aquascape, mungkin ada kalanya kita memahami defenisi atau pun fungsi aquascape itu sendiri.

Apa itu Aquascape? Aquascape adalah merupakan tempat untuk hiasan tanaman di dalam aquarium dan tujuan orang membuat aquascape ini adalah sebagai hiasan rumah dan hobi. Selain indah, ternyata aquascape ini juga memiliki harga yang cukup mahal harga yang paling murah mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Selanjutnya yang harus dipahami juga bahwa ekosistem air dalam aquascape biasanya lebih fokus pada pencahayaan, baik cahaya lampu LED,  maupun mengandalkan cahaya matahari. Jenis tanaman yang dipelihara tentu saja tanaman yang bisa tubuh di dalam air. Agar aquascape terlihat lebih hidup, maka diperlukan batuan atau kayu yang digunakan biasanya memiliki bentuk/warna yang menarik dengan ciri khas tersendiri dan terlihat alami di dalam air. Perpaduan antara tanaman, batu, pasir, kayu dan unsur lainnya didesain menyerupai ekosistem alam bebas. Berbeda dengan akuarium yang biasanya hanya menggunakan gambar latar belakang dan karang mirip ekosistem biota laut.

Cara Membuat Aquascape Air Tawar Sederhana





Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa kita terapkan dalam membuat aquascape ini. Untuk membuat aquascape ini sejatinya tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, bahkan puluhan juta. Yang Anda butuhkan hanyalah mencari kombinasi antara bebatuan, tumbuhan serta ikan dan udang agar terlihat serasi. Selain itu yang perlu kita perhatikan adalah jangan terlalu banyak dalam menambahkan ikan atau udang, karena fokus kita adalah hanya menanam tumbuhan di dalam air.


Langkah-langkah Membuat Aquascape Lengkap Dengan Gambar dan proses Nya



1. Siapkah Aquarium Kosong Dan bersih




Ini adalah langkah awal untuk membuat aquascape, tips aquascape untuk pemula ini sangat penting untuk diperhatikan karena sebelum kita menyelam lebih dalam kita harus menentukan ukuran dan ketebalan kaca dari aquascape itu sendiri. Buat atau pesanlah aquarium sesuai dengan yang Anda inginkan.


2. Isi Aquarium Dengan Pasir Bersih




Tambahkan aquarium pasir dan batu kerikil. Untuk pasir dan batu bisa Anda dapatkan di toko ikan. Disana Anda bisa membeli dengan harga yang cukup murah. Tidak lupa pastikan pasir yang Anda tambahkan itu bersih dan bebas dari kotoran. Jika banyak kotoran biasanya ketika dimasukan air akan ada kotoran yang mengapung.


3. Beri aquarium Hiasan Kayu 



Selanjutnya agar aquascape terlihat lebih indah dan nyata, maka Anda bisa menambahkan pohon atau kayu mati. Carilah pohon yang kuat terhadap tekanan air. Biasanya di toko ikan ada yang menjual perlengkapan atau hiasan kayu ini, coba tanya saja. Atau Anda juga bisa mencari di sekitar rumah Anda.


4. Tambahkan Aquascape Dengan Hiasan Batu Agar terlihat Indah



Agar terlihat nuansa alam, maka Anda juga harus menambahkan batu. Batu ini selain berfungsi sebagai tempat berlindungnya ikan dan udang. Ia juga berfungsi sebagai tempat tumbuhnya lumut. Jadi kalau bisa tambahkan bibit lumut agar ketika berada di air lumu akan tumbuh.


5. Tambahkan Tumbuhan Air Agar terlihat benar-benar seperti Ekosistem Alam


Nah, jangan lupa untuk mencari tumbuhan yang cocok dengan air. Untuk mendapatkan tanaman ini sangatlah mudah, cari saja yang biasa tumbuh di kali atau kolam langsung saja terapkan di dalam aquascape Anda. Anda juga bisa membeli yang tersedia di toko terdekat. source practicalfishkeeping


6. Tambahkan Ikan, Lumut dan Udang Hias



Udang, ikan adalah hal yang paling menarik dalam aquascape, Anda bisa membeli beberapa jenis udang atau ikan yang khusus untuk aquascape ini. Baca Juga: Berapa harga udang hias air tawar?. Jangan Lupa untuk selau membaca tips merawat aquascape, karena itu sangat penting dalam ekosistem Aquascape And. Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Aquascape Air Tawar. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam membuat aquascape yang Anda inginkan baik di rumah maupun kantor.

Artikel Terkait