Minggu, 13 Desember 2015

Cara Cermat Memasarkan Produk Di Internet

Cara Cermat Memasarkan Produk Di Internet - Pengusaha akan berupaya memaksimalkan pengiklanan, namun dengan budget minim atau ada juga yang mengeluarkan budget habis-habisan seperti di akhir tahun ini. Mempunyai produk bearti harus siap donk untuk promosi dan pemasaran. Sekarang ini promosi yang paling efektif dan tepat sasaran adalah melalui internet. Banyak para perusahaan yang berlomba-lomba untuk memasarkan produk mereka melalui media online karena hampir 80% orang aktive dalam bermain sosial media. Facebook sebagai salah sumber atau tempat pengiklanan terbaik dan tepat sasaran, dimana setiap waktu orang disibukan dengan status, obrolan dan berbagi foto eksis mereka. 

Untuk usaha kecil menengah (UKM), Facebook bisa menjadi tempat yang sangat bagus untuk bereksperimen dengan iklan berbayar dengan budget tertentu. Karena di Facebook Anda bisa menentukan anggarah harian, mingguan atau bulanan. Selain itu bagi Anda yang memiliki anggaran besar, maupun kecil yang paling kecil itu adalah Rp. 10.000. Selanjutnya, mungkin Anda juga bisa beriklan di Adwords. Jaringan iklan dunia yang dikelola dalam naungan Google ini adalah yang paling banyak dan populer orang gunakan sekarang ini.

Biasanya mereka akan memunculkan iklan produk Anda di laman pencarian, situs mitra Google dan Youtube atau terkadang di Smartphone. Hal ini juga sangat efektif bagi Anda yang memiliki perusahaan besar seperti Lazada, matahari mall, bukalapak.com dsb. Untuk kesempatan kali ini saya hanya tertarik tentang bagaimana cara memasarkan produk secara cermat dengan budget kecil melalui Internet.



Cara Cermat Memasarkan Produk Di Internet




1. Buat undian di Facebook



Facebook sebagai salah satu jejaring sosial terbesar dan terbanyak orang gunakan sekarang ini. Salah satu cara sederhanan untuk menarik pelanggak adalah denga melakukan undian. Apa lagi kalau Anda memiliki banyak Like di Fans page, tentu hal ini sangat efektif karena bagi mereka yang suka pasti status Anda akan di share ulang. Cobalah sesekali untuk mengadakan undian berhadiah dengan ini akan berdampak viral pada produk Anda. 


2. Promosikan merk dengan hastag


Hastag sekarang ini sangat populer, tak heran jika masing-masing personal memiliki hastag tersendiri seperti #makan2 #jalansoreQ dsb. Jika Anda mempromosikan produk Anda melalui jejaring sosial seperti Instagram atau Twitter, sebaiknya Anda menyertainya dengan hastag merk dan produk yang dijual. Sebab strategi ini akan membantu masyarakat, memberikan konten yang besar untuk kembali di posting, dan menghasilkan banyak followers.


3. Ciptakan Brand Ambasador


Dengan menciptakan Duta Ambasador untuk merk produk,ini juga akan meningkatkan usaha Anda. Usaha Anda akan mendapatkan banyak pelanggan dan kepercayaan dari banyak masyarakat. Namun Anda juga harus selektif menyewa brand ambasador, karena mereka adalah wajah perusahaan.


4. Gunakan Website


Website adalah salah satu stategi yang paling efektif dalam mempromosikan produk melalui online. Kenapa harus menggunakan website, kan saya sudah punya banyak followers? Website ini memiliki jangkauan yang lebih luas dan berbeda dengan sosial media mungkin hanya orang yang mengikuti atau menyukai laman Anda saja yang bisa melihat produk, namun berbeda dengan website yang mayoritas jangkauannya lebih luas karena mayoritas orang dari penjuru dunia ini menggunakan Google sebagai alat mesin pencarian. Coba bayangkan jika situs Anda nongon di laman bertama tentunya Anda akan mengunjungi nya seperti situs ini.

Artikel Terkait