Selasa, 15 Desember 2015

4 Prinsip dalam Menjalankan Usaha Kulinermu

4 Prinsip dalam Menjalankan Usaha Kulinermu
Siapa sih yang dapat tahan selera untuk mengonsumsi makanan-makanan yang lezat dan beraroma menggoda? Mungkin kenyataan inilah yang membuat semakin maraknya bisnis kuliner di Indonesia. Bisnis kuliner menjadi pilihan karena selain makanan merupakan kebutuhan pokok manusia, bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang paling berkembang dan paling bertahan lama di Indonesia. Coba kamu hitung di sepanjang jalan menuju rumahmu, ada berapa banyak restoran atau kafe yang menawarkan berbagai panganan menarik? Pasti kamu akan terheran dengan jumlahnya yang cukup besar.

Alasan kenapa semakin berjamurnya bisnis kuliner adalah bahwa pasar untuk bisnis ini terbuka luas saat ini. Kamu merupakan penggemar makanan? Dan berencana untuk membuka bisnis kuliner? Mungkin ini saatnya kamu memulai hobi kuliner menjadi bisnis yang menguntungkan. Jadi sekarang yang perlu kamu lakukan adalah menjalankan bisnis kuliner sepenuh hati, dan jangan lupa intip 4 prinsip berikut ini:





1. Lakukan dengan caramu sendiri

Seorang pembisnis harus merupakan seseorang yang gigih, karena tidak ada usaha yang lahir tanpa kerja keras. Oleh karena itu, persiapkan diri kamu sebaik mungkin, dan lakukanlah dengan caramu sendiri. Beri contoh kepada pegawai mengenai layanan dan keramahan seperti apa yang kamu harapkan mereka berikan kepada pelanggan. 

2. Terima kritik dan saran

Kritik dan saran merupakan sebuah masukan yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnismu ke arah yang lebih baik. Jadi, jangan mudah menyerah ketika mendapatkan begitu banyak kritik. Terus pelajari keinginan-keinginan seperti apa yang konsumen harapkan dari usaha kamu.

3. Berikan Surprise dan Delight!

Dalam berusaha, kita pasti akan menemukan beberapa hambatan, terlebih dalam bisnis kuliner, bisa saja masakan gosong, terlambat disajikan, atau mungkin masalah teknis lainnya. Coba berikan surprise kepada pelangganmu yang sudah sabar menunggu, mungkin segelas minuman gratis? Pasti mereka akan merasa senang (delight).

4. Retail is detail

Dalam sebuah bisnis, memperhatikan semua detail sekaligus mungkin akan membingungkan kamu, namun hal ini penting dilakukan karena akan membentuk citra baik perusahaan. Sebagai pembisnis kuliner, kebersihan merupakan hal yang harus paling kamu perhatikan, periksa kebersihan alat makan, meja tamu, dan toilet.


Kamu masih perlu modal untuk bisnis kuliner kamu? Manfaatkan produk KTA! bandingkan beberapa produk KTA bersama HaloMoney, klik:


Ada informasi favorit kamu yang belum termasuk di sini? Let us know! Comment di facebook page kami, who knows info dari kamu akan kami angkat di blog post selanjutnya!

HaloMoney adalah situs perbandingan layanan produk kartu kredit dan personal loan No.1 di Indonesia!

Artikel Terkait