Selasa, 15 Desember 2015

10 Jenis jajanan anak sekolah yang unik

10 Jenis jajanan anak sekolah yang unik - Sekolah tidak hanya dijadikan tempat proses belajar mengajar, namun sekarang ini sekolah cendrung dijadikan lahan untuk berbisnis. Kita bisa melihat setiap jam istirahat ada saja mamang yang berjualan disana. Entah di kantin ataupun di sekitar sekolah pasti banyak yang berjualan jajanan. Jika rumah Anda berada dekat dengan sekolah, mungkin Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan berjualan jajanan. Seperti yang kita ketahui bahwa jajanan anak sekolah ini memang sangat menguntungkan, hal tersebut didasari mereka jajan setiap hari tanpa kecuali hari libur.

Pada umumnya anak sekolah sangat suka dengan jajanan yang unik dan enak, disini keterampilan dalam membuat kue jajanan tentu sangat dibutuhkan. Sayangnya ada beberapa oknum pedagang nakal yang rela membuat jajanan dengan mencampurkan bahan kimia seperti penambahan penyedap rasa berlebihan dan paling umum adalah borak. Dalam etos dagang sebaiknya kita harus mengutamakan kualitas, jika kualitas makanan yang kita buat sudah memenuhi standar tentu konsumen tidak akan pergi jauh dari kita.

Tertarik rasanya saya untuk berbagi sekilas tentang jajanan unik yang disukai anak. Sama halnya kita anak-anak pun mudah bosan, oleh karena itu kita harus lebih berinovasi lagi dalam menyajikan makanan yang mereka sukai. Selanjutnya tidak lupa juga sesekali Anda tanya dari mereka mengenai kue yang mereka suka? Tanya, ''Kamu suka kue seperti apa?'' Nah, dengan adanya jawaban tersebut, mungkin akan menambah pengetahuan Anda dalam mengelola jajanan yang anak sukai.




1. Jajanan unik untuk anak Sosis dibalut dengan Mie




Dewasa ini ada banyak sekali ide yang bisa kita ciptakan, namun terkadang lemahnya pengetahuan membuat kita sulit untuk berinovasi, namun dengan membaca artikel jajanan anak sekolah ini, mungkin bisa sedikit membelikan Anda ide atau inspirasi agar bisa berinovasi kedepannya. Baisanya mamang itu menjual sosis goreng atau sosis bakar, namun bagi Anda yang menitipkan jajanan di warung cobalah untuk sedikit berinovasi. Coba Anda buat sosis yang berbeda seperti dengan balotan mie. Mie disini bisa Anda dapatkan di pasar dengan harga murah, mie yang terbuat dari tepung dan masih belum dikasi bahan pengawet. Saya lupa nama mie nya, namun saya kira Anda tau itu. Selanjutnya gorengan menjadi satu dan tidak lupa dipoles dengan teluar agar enak.Memang kalau dijual dengan harga 2000-3000 memiliki sedikit sekali keuntungan, namun lagi-lagi kaitannya dengan kualitas ya, begitu. 


2.  Jajanan anak sekolah yang unik cilung (Aci digulung)




Cilung atau aci digulung adalah jajanan tradisional yang masih banyak dijual hingga sekarang ini. Selain cilung ada juga sejenisnya seperti cimol, cireng dsb. Anda bisa membuat jajanan unik dari bahan dasar tepung aci yang juga dikenal dengan tepung kanji atau tepung sagu. Jika Anda membuat jajanan dengan bahan batu tepung ini tentu sangat menguntungkan karena harganya sangat murah dan bisa dikelola dengan berbagai macam makanan.


3.Jajanan Anak Sekolah Cimol (aci digemol)





Jika tadi diatas itu aci digulung tapi sekarang ini ada alagi aci digemol. Makan tradisional ini juga masih banyak dijual di seolah-seolah karena rasanya enak dan memiliki banyak vareasi rasa seperti pedas dan manis karena untuk taburannya bisa kita dapatkan dipasar.


4. Jajanan Anak sekolah Pisang Bolen





Pisang bolen ini percis dengan biasanya yang sering kita beli, yaitu pisang molen. Namun ada sedikit perbedaan dari segi bentuknya yang kotak dengan lapisan luarnya seperti croissant. Tidak diragukan lagi rasa pun tidak kalah lezat dengan pisang molen biasa. Apa lagi untuk jajanan anak sekolah tentu ini sangat pas sekali. Pada umunya pisang bolen ini hadir dalam rasa original yang kemudian dikembangkan sehingga muncul berbagai cita rasa seperti tambahan cokelat dan keju. Jajanan ini bisa kamu dapatkan di toko-toko makanan khas Bandung seperti di Kartika Sari, Amanda, Mayasari, Prima Rasa, dan di sepanjang jalan pusat-pusat wisata di Cihampelas, Pasteur, Dago, dan Riau.


5. Keripik Pedas Singkong atau Ubi



Secara priabdi saya juga sering melihat kanting yang menyediakan jajanan kripik. Biasanya kripik ini dibedakan menjadi yang pedas dan yang pedas agak manis. Keripik singkong yang diberi bumbu pedas dengan tingkat kepedasan yang berbeda ini memang menjadi alternatif terbaik untuk usaha jajanan anak sekolahaan.


6. Jajanan Bola Keju dari Kentang 



Selanjutnya ada kue bola keju yang terbuat dari bahan dasar kentang dan keju. Jajanan ini juga sangat coock bagi anak SD, SMP, SMA karena jajanan ini sangat akrap untuk lidah semua kalangan.


7. Jajanan anak sekolah Klepon




Siapa yang tidak kenal dengan jajanan satu itu, ya Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional yang banyak diminati. Namun, sekarang ini kue ini cukup langka karena banyak dari kita yang beralih ke makanan kas barat. Kelepon ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dengan isi gula kelapa (gula Jawa) kemudian direbus dalam air mendidih lalu disajikan dengan parutan kelapa.
Klepon biasa dijajakan bersama getuk dan cenil (juga disebut cetil) sebagai camilan sore atau pagi hari. Warna klepon biasanya putih atau hijau tergantung selera. Untuk klepon dengan warna hijau perlu ditambahkan pewarna dari daun suji atau daun pandan. Dan menurut pengalaman pribadi ketika selokah SMA dulu kue kelepon ini juga sering dijual di sekolahaan dan dalam bentuk kecil, biasanya dalam satu kantong terdapat 5 biji kelepon saja.


8. Jajanan anak sekolah kue Pukis




Kue pukis adalah salah satu kue khas Indonesia. Kue ini dibuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, ragi dan santan. Mungkin biasanya ada mamang yang berjualan kue pukis ini di sekolahaan, jika Anda tertarik mungkin Anda bisa mencoba menjualnya.


9. Jajanan anak sekolah Kue Talam EBI


Kue talam dapat di hias dengan banyak toping, seperti abon ayam, ebi dan lain lainnya. Selain itu kue talam juga bisa di buat dengan rasa manis dan gurih. Kue ini mungkin bisa menjadi salah satu alternatif jajanan anak sekaolah.


10. Jajanan anak sekolah risoles




Yang terakhir adalah jajanan yang bagus untuk anak sekolah adalah risoles. Jenis jajanan yang termasuk kategori gorengan ini cukup banyak diminati oleh akan sekolahaan, apa lagi jika isi nya enak seperti kentang, racikan ayam, abon atau telur tentu akan membuat anak tergiur.

Mungkin itu saja sedikit informasi mengenai 10 Jenis jajanan anak sekolah yang unik yang bisa kami sajikan, semoga dengan membaca artikel ini bisa memberikan Anda ide, inspirasi agar usaha yang Anda jalankan kedepannya lancar dan laris. Terima kasih.

Artikel Terkait