Rabu, 04 November 2015

Hal Penting Sebelum Beli Rumah di Kompleks Perumahan

Hal Penting Sebelum Beli Rumah di Kompleks Perumahan - Rumah adalah tempat hunian yang nyaman dan di dalamnya ada keluarga kita. Selain tempat hunian dan tempat berteduh ada beberapa orang memilih untuk membeli rumah di kompleks perumahan atau BTN. Karena selain murah di sana juga aman dengan penjaga pak satpam. Namum, sebelum membeli rumah ada banyak sekali pertimbangan yang harus kita pikirkan selain berkenaan dengan budget dan lingkungan. Bagi mereka yang biasanya yang ditugaskan dinas di luar kota dengan jangka waktu yang lama, maka mereka lebih memilih untuk membeli rumah dibandingkan ngontrak, kenapa? Karena selain aman tadi rumah tersebut bisa jadi aset masa depan.

Baiklah bagi Anda yang berkeinginan untuk membeli rumah di daerah perkomplekan, maka ada kalahnya Anda untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini....

     Sumber gambar via rumahdijual


Tips Sebelum Beli Rumah di Kompleks Perumahan




1. Pengembang dan Lokasi 


Banyak hal yang harus benar-benar kita cermati sebelum membeli rumah ini, khusunya di area perkomplekan. Biasanya, rumah yang dipasarkan oleh pengembang properti masih dalam kondisi belum dibangun. Ataupun sudah biasanya Anda harus berhati-hati apakah mereka benar-benar broker yang jujur dari project tersebut atau bukan?

Untuk itu, Anda harus hati-hati dengan mencari tahu latar belakang pengembang perumahan apakah pengembang tersebut bisa dipercaya, seperti apakah selalu tepat waktu saat serah-terima rumah pada proyek sebelumnya, serta apakah sertifikat atas rumah juga tepat waktu diberikan kepada 
pembelinya.

Selain pengembang tak, kalah pentingnya untuk selalu memperhatikan area tau lokasi karena lingkungan sangat mempengaruhi kehidupan kita. Carilah rumah yang lingkungannya aman, orangnya ramah walau kita tahu di kota orang sangat sibuk dan tidak perduli satu sama lain, pandai-pandai kita untuk berkomunikasi kepada mereka. Sumber air macet apa tidak dan hal terpenting lainnya adalah dekat dengan rumah ibadah.


2. Masterplan Proyek


Pengembang perumahan pasti punya yang namanya, master plan. Fungsi dari master plan tadi adalah salah satu rujukan atau  tema keseluruhan proyek perumahan tersebut. Dengan adanya master plan, arah pembangunan proyeknya menjadi jelas sehingga bisa menjadi identitas proyek dan menjadi bahan promosi pengembang. 

Untuk itu. Anda perlu mempelajari dengan baik master plan pengembang untuk mendapatkan gambaran besar atas kawasan perumahan yang akan Anda tempati.



3. Suplai Air Bersih


Pasokan air bersih adalah salah satu permasalahan yang amat penting untuk diperhatikan karena permasalah ini selalu timbul ketika datang musim kemarau, nah untuk itu Anda harus benar-benar memastikan bahwa pasokan air di perumahaan yang nantinya akan Anda tempati itu bebas dengan air bersih. Kemudian yang harus di pastikan lagi adalah bahwa rumah Anda nanti akan mendapatkan suplai air bersih yang cukup, baik itu dari perusahaan air minum daerah (PDAM) atau bisa juga dengan mengandalkan air sumur.


4. Fasilitas Umum


Pastikan kompeks perumahan yang akan Anda huni menyediakan sejumlah fasilitas umum dan sosial yang memadai. Misalnya pengelolaan air limbah, sistem keamanan, kolam renang, taman, tempat ibadah, sekolah, tempat kesehatan, dan sebagainya. Semakin banyak fasilitas umum yang tersedia, semakin besar peluang Anda untuk memperoleh keuntungan modal.


5. Kualitas Estate Management


Kualitas yang perlu Anda perhatikan tidak hanya mengenai kualitas fisik bangunan rumah, tetapi juga kualitas infrastruktur jalan dan lingkungan di kompleks perumahan tersebut. Itulah kira-kira ruang lingkup yang menggambarkan Estate Management. 

Jadi penting untuk mengetahui apakah pengembang menerapkan Estate Management sehingga pengembangan kompleks perumahan di masa mendatang tidak berubah dari master plan atau kawasan perumahan tidak beralih fungsi dari rencana awalnya. 

Dengan menerapkan Estate Management, maka rumah Anda bisa menjadi nilai tambah untuk investasi di masa depan.

6. Kondisi Lingkungan dan Masyarakat

Hal yang terpenting dalam sebuah lingkungan rumah selain aman dan nyaman adalah kondisi lingkungan. Seperti yang tadi saya bilang di awal bahwa lingkungan ini akan sangat berpengaruh dalam kehidupan keluarga kita. Lingkungan yang tidak sehat bearti akan membuat kelaurga kita juga tidak sehat donk. Oleh karena itu sebenarnya hal ini adalah prioritas utama yang harus benar-benar kita perhatikan dan pertimbangkan ketika hendak membeli rumah. Sumber: Detik editor/ Bisnisborneo

Artikel Terkait