Kamis, 26 November 2015

Cara Memulai Sebuah Usaha Atau Bisnis Dengan Modal Kecil



Cara Memulai Sebuah Usaha Atau Bisnis Dengan Modal Kecil adalah pertanyaan yang mungkin cukup sulit untuk kita jawab. Apa lagi bagi Anda yang baru mengenal dunia bisnis. Pada dasarnya setiap pekerjaan musti ada kegagalan dan kegagalan tersebut adalah awal dari kesuksesan. Untuk memulai usaha atau bisnis bisa dikatakan gampang-gampang sulit karena ada banyak sekali faktor yang harus kita perhatikan terutama masalah modal dan kesungguhan. Hal klasik yang sering menjadi permasalahan umum sekarang ini adalah modal, sebenarnya modal itu bukan hanya berupa uang, barang saja. Modal yang paling penting adalah keterampilan, jaringan dan pengetahuan. Jika kita hanya mengandalkan modal uang saja, namun tidak mengerti tentang bisnis yang akan kita jalani itu sama saja dengan bunuh diri, oleh karena itu sebelum kita memulai bisnis sebaiknya diri kita dimodali dengan sedikit keterampilan.

Untuk memulai usaha jika kita pandai, mungkin kita tidak memerlukan modal dan sudah banyak sekali kisah nyata tentang mereka yang bekerja tanpa modal, kok bisa? Ya, salah satunya adalah dengan memperbanyak jaringan atau relasi. Jika kita banyak kenalan, tentu semua urusan bisa kita selesaikan dengan mudah. Ada beberapa pengalaman saya mengenai teman yang sukses tanpa modal. Awalnya ia hanya seorang designer yang sangat terampil dan menurut saya dia benar-benar mencintai pekerjaanya. Beberapa tahun kemudian ternyata dia sudah mendirikan perusahaan sendiri, yaitu dengan dana dari Investor dengan kata lain dia diminta untuk bergabung untuk sama-sama membangun perusahaan tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya sangat tertarik sekali untuk berbagi sedikit informasi mengenai cara memulai usaha atau bisnis tanpa modal atau dengan modal kecil.


1. Cari rekanan kerja yang satu tujuan dengan Anda


Hal ini penting, ketika Anda ingin membangun sebuah bisnis adalah mencari rekan yang memiliki satu visi dan misi, karena dengan memiliki rekan kerja atau bisnis yang mempunyai pemikiran sama tentang masa depan sebuah bisnis akan membuat perkembangan usaha Anda pesat. Semangat dari rekan kerja akan menciptakan dampak positif bagi Anda. Orang yang memiliki tujuan sama biasanya cendrung lebih mudah untuk dipahami dan memahami kita artinya kita bisa dengan slow menyampaikan unek-unek kita mengenai usaha kedepannnya. Berbeda dengan mereka yang tidak satu visi atau satu tujuan dengan kita. Mereka cendrung lebih egois dan menganggap diri mereka benar dan kita ini salah. Dan saya pikir apa yang Anda mimpikan tidak akan pernah terwujud, walaupun Anda dan dia bekerja di satu perusahaan atau satu bisnis, maka itu carilah orang yang benar-beanr jujur, baik dan terpenting memiliki tujuan yang sama dengan Anda.



2. Cari Jaringan dan Relasi Seluas-luasnya 


Selanjutnya hal amat penting untuk Anda perhatikan adalah jaringan.Berkenalanlah dan bukalah relasi dengan banyak orang. Apa lagi sekarang ini untuk mendapatkan koneski itu sangat mudah Anda bisa memanfaatkan group online dan mencari orang-orang hebat disana. Selain itu untuk mendapatkan jaringan yang kuat Anda harus sering-sering mengikuti workshop atau seminar karena tentu yang hadir disana adalah orang-orang hebat. Sejatinya jika ada niat pasti ada jalan dan kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan tuhan yang menentukan.

Jika Anda memiliki banyak skill atau kemampuan namun tidak ada jaringan sama saja hasilnya tidak maksimal. Ibaratkan jika kita punya keahlian, namun tidak ada yang melihat, maka keahlian tersebut hanya kita yang tau. Berbeda dengan orang yang memiliki keahlian dan kemudian dilihat dan diakui oleh banyak orang, tentu ada nilai plus nya, bahkan menjadi kesempatan emas bagi dia untuk mengembangkannya.


3. Menentukan Ide Usaha atau Bisnis Kedepannya


Jika Anda sudah menemukan jati diri Anda dan sudah memiliki tujuan, maka selanjutnya adalah menentukan bisnis yang akan Anda bangun. Berkenaan dengan memulai bisnis dengan modal kecil adalah sebuah gambaran yang akan Anda realisasikan. Artinya sebelum memulai usaha besar Anda harus memulai usaha tersebut dengan modal kecil terlebih dahulu dan jika Anda sudah mengetahui seluk beluknya, barulah mulai bisnis tersebut dengan modal yang besar.

Sejatinya untuk memulai usaha atau bisnis memang memerlukan niat yang kuat dan kerja keras agar usaha tersebut bisa berdiri dan berjalan. Selain itu jaringan amat sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis, oleh karena itu carilah jaringan sebanyak-banyaknya siapa pun entah muda, tua atau kecil intinya jika mereka memiliki ilmu yang tidak Anda miliki anggap saja mereka guru. Sekian dari saya terima kasih sudah membaca artikel tentang bisnis dengan modal kecil dan jangan lupa mampir kembali ke bisnis borneo.

Artikel Terkait