Rabu, 18 November 2015

Cara Budidaya Ikan Lele Dengan Menggunakan Terpal

Cara Budidaya Ikan Lele Dengan Menggunakan Terpal - Budidaya ikan lele sekarang ini menjadi daya tari banyak para wirausaha karena masa panen ikan lele ini tidak membutuhkan banyak waktu. Banyaknya permintaan pasar, tak lantas bisa dipenuhi begitu saja karena para peminat ikan lele ini sangat jarang, nah tentu ini menjadi alasan beberapa wirausaha untuk berpindah berprofesi sebagai peternak lele. Sebagaimana kita ketahui bahwa ikan lele termasuk salah satu ikan yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.Selain itu ikan lele juga sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia, bahkan sekarang ini mulai muncul brand yang mengatasnamakan lele. 

Budidaya ikan lele sangatlah mudah, mungkin dengan hanya menggunakan drum atau terpal Anda sudah bisa memelihara ikan ini. 

Keuntungan Budidaya Ikan Lele Menggunakan Kain Terpal atau Kolam terpal.



1. Modal yang dikeluarkan tidak begitu besar
2. Tidak tergantung dengan Lahan, artinya Anda bisa membuat kolam ikan dimana saja tanpa khawatir untuk penggalian lahan.
3. Tidak mudah terkena banjir dan ketika air pasang
4. Kolam bisa dipindah-pindah
5. Mudah dalam pembersihan, artinya Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan biaya ketika membersihkan kolah poratble ini dan jika di bandingkan dengan kolam lumpur, maka kolam terpal ini jauh lebih efesien.
6. Mudal melakukan pemanenan 
7. Bisa dijual jika Anda mengalami kebangkrutan total

Sumber gambar dari blogging.id

Ini adalah salah satu contoh dimana para petani lele menggunakan metode terpal dengan menggunakan pembatas dari batako. Cara ini lebih efesien dan tidak mengeluarkan banyak biaya selain itu untuk pemindahan lokasi juga lebih mudah.

Budidaya Ikan Lele Dengan dei Perkarangan Rumah


Seperti yang saya bilang tadi bahwa ternak lele itu sangat mudah dan flexibel artinya bisa di mana saja. Jika Anda memiliki lahan atau perkarangan kosong baik di depan maupun di belakang, mungkin itu bisa menjadi alternatif terbaik untuk mencoba beternak ikan lele ini, ya setidak nya untuk konsumsi sendiri saja dan kalau pengen lebih maju bisa menyewa atau memanfaatkan lahan lainya.
Kebanyakan untuk bobot rumah tangga mereka hanya memanfaatkan lele sebagai bahan konsumsi hari-hari saja dan tidak untuk dijual. 

Cara Budidaya Ikan Lele dengan menggunakan metode terpal

Cara budidaya ikan lele dengan menggunakan metode terpal sangatlah mudah. di kolam terpal harus media kolam dan terpal yang digunakan, sesuaikan panjang dan lebar dan jumlah yang bibit lele yang akan dikembangbiakkan. Usahakan kolam terpal nantinya masih menyisakan ruang yang cukup untuk pergerakan lele.


Siapkan terpal sesuai ukuran yang diinginkan nantinya.
Kayu, batu bata, papan, atau kerangka besi lainnya.
Tali, paku dan kawat atau alat penunjang untuk membuat kerangka. Jika kerangka kayu tentu harus membutuhkan palu dan mungkin gergaji.
Alat lainnya seperti lem atau ember.

Cara Pembuatan Kolam Terpal

Bagi Anda yang memiliki lahan kosong di pekarangan atau Lahan di rumah yang sudah diratakan, maka itu sangat bagus sekali karena Anda hanya perlu membuat desain saja. Ketika mengukur atau membuat kotak lahan, Jangan sampai miring karena akan mempengaruhi air di dalam kolam nantinya.
Jika anda telah mendapatkan pipa atau ukuran besi yang sesuai untuk panjang atau lebar yang anda inginkan. Persiapkan siku atau bengkokan pipa untuk menyambung siku tiap sisinya. Bila menggunakan besi dapat dilakukan dengan cara di las.
Kerangka besi atau pipa yang telah jadi dapat anyam dengan kawat agar lebih kuat dan kemudian di pasang terpal yang telah disiapkan.

Artikel Terkait