Jumat, 13 November 2015

3 Hal Penting Sebelum Memperoleh Pendidikan di Luar Negri

3 Hal Penting Sebelum Memperoleh Pendidikan di Luar Negri - Setiap orang tentu ingin mendapatkan pendidikan yang layak. Hal yang paling sering ditanyakan jika sudah selesai UN adalah mau kuliah di mana? Nah, bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi maka ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda, terlebih bagi Anda yang ingin mendapatkan beasiswa atau pendidikan di luar negri. Untuk mersiapkan hal-hal terpenting agar rencana studi di luar negeri bisa lebih mudah dan nyaman, maka Anda harus mulai merencanakan dan mencari informasi dari sekarang dan apa bila jika nanti Anda mendapatkan suatu beasiswa, maka itu akan menjadi sebuah kebanggaan.

Untuk meneruskan suatu  pendidikan studi di luar negeri bukanlah persoalan yang cukup mudah, karena Anda dituntut harus memahami terlebih dahulu sistem pendidikan yang seperti apa di negara yang kita tuju. Setelah itu, barulah kita bergegas mempersiapkan segala sesuatunya yang perlu dan wajib kita siapkan jika sudah bulat tekad memutuskan sekolah atau kuliah di luar negeri.




3 Hal Penting Sebelum Memperoleh Pendidikan di Luar Negri



1. Negara Tujuan


Sebelum memutuskan untuk melanjutkan studi keluar sana, maka hal yang paling terpenting adalah Anda harus memilih negara tujuan selain itu Anda juga dituntut untuk mendapatkan banyak inforamsi mengenai negar tujuan tersebut. Ada pun beberapa hal yang wajib Anda ketahui seperti bahasa sehari-hari, mata uang, budaya setempat, kebiasaan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, saat sampai di negara tersebut, Anda tidak terlalu bingung karena setidaknya Anda sudah cukup mengetahui kehidupan di negara yang Anda tuju sebagai tempat menimba ilmu. Karena sebagaimana kita ketahui bahwa dari pengalaman sebelum-belumnya, banyak mahasisawa yang kebingungan ketika berada di negara tempat mereka kuliah. Selain itu hal yang paling penting lainya adalah perbanyaklah membaca dan sekarang Anda bisa dengan mudah mengakses internet sebagai sumber informasi. Pepatah mengatakan malu bertanya sesat di jalah, nah sering-seringlah bertanya kepada senior atau teman yang sudah jauh berpengalaman dari Anda.


2. Pelajari Bahasa dan Budaya



Meski Anda fasih atau lancar dalam berbahasa dimana tempat Anda kuliah. Perlu diketahui bahwa belum tentu warga di sana juga fasih setempat artinya ragam bahasa asing itu banyak seperti bahasa arab sendiri, kalau kita yang mayoritas belajar di sekolah maka kita akan diajarkan bahasa arab resmi dan ada pun masyarakat kebanyakan menggunakan bahasa pergaulan atau bahasa pasarab, oleh karena itu Anda perlu memahami lebih banyak bahasa bila perlu membeli kamus atau kosa kata yang mereka pelajari atau komunikasikan sehari-hari. Terus tidak hanya bahasa arab hampir semua bahasa seperti bahasa inggris dan termasuk bahsa indonesia pun jika Anda sudah memahami secara fasih, maka Anda juga harus mempelajari bahasa pergaulan. Kita membutuhkan bahasa setempat untuk bisa berkomunikasi dengan warga sekitar, bersosialisasi, dan kalau perlu beli kamus bahasa yang menjadi negara tujuan. Selain bahasa, kita pun perlu mempelajari dan memahami budaya di negara tujuan.

Tiap negara tentu memiliki budaya yang berbeda-beda, so fokus Anda adalah menari tahu mengenai budaya dan kebiasaan di negara tujuan akan membuat kita lebih siap menghadapi culture shock nantinya. Mempelajari bahasa dan budaya negara tujuan akan memberikan banyak manfaat tersendiri.


3. Nilai Tukar Mata Uang


Mata uang adalah persoalan yang sangat penting dalam pendidikan, oleh arena itu Anda harus mengetahui mata uang dari negara yang nantinya akan jadikan tujuan perkuliahan. Pembayaran uang kuliah, biaya pembelian buku, dan biaya hidup adalah hal penting lainnya yang harus menjadi pertimbangan dalam bersekolah ke luar negeri. Biaya-biaya ini menggunakan uang asing, sehingga kurs valuta asing yang mempengaruhi dana rupiah menjadi tidak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan.


Artikel Terkait